Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Apapun Rumahnya, BTN KPRnya

    KPR,BTN
    Iriska Dewayani E
    Program KPR BTN

    Kontribusi PT. Bank Tabungan Negara Tbk dalam program sejuta rumah semakin nyata. Dikenal sebagai perbankan yang identik dengan program KPRnya, perbankan plat merah ini semakin gencar melakukan berbagai terobosan bagi nasabahnya.

    BTN sendiri memiliki sejumlah produk untuk kredit pemilikan rumah, apartemen, dan sejenisnya. Setidaknya ada 4 pilihan produk yang disediakan oleh BTN guna memenuhi kebutuhan kepemilikan rumah, yakni KPR Subsidi, KPR Platinum, KPA, Kredit Bangun Rumah, Kredit Agunan Rumah, Swadana, KPR Mikro, dan KPR BPJS -TK. “Siapapun dapat mengajukan KPR di BTN dengan syarat yang sangat mudah, dimana nasabah bisa mengajukan KPR dengan uang muka atau DP yang ringan,” terang Iriska Dewayani E, Branch Manager Bank BTN Kantor Cabang Yogyakarta.

    Secara umum, semua nasabah yang tertarik dengan pembiayaan secara KPR, bisa melengkapi beberapa persyaratan untuk mengajukan KPR. “Untuk KPR yang konvensional, adapun syaratnya nasabah harus menyerahkan KTP atau Identitas lain yang menyatakan bahwa nasabah merupakan Warga Negara Indonesia, nasabah harus sudah memasuki usia minimal 21 tahun atau telah menikah, memiliki NPWP pribadi, memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap minimal kerja 1 Tahun. Sedangkan untuk KPR subsidi atau FLPP, nasabah merupakan WNI yang telah berusia 21 tahun atau sudah menikah, telah memiliki NPWP dan SPT Tahunan , belum memiliki rumah, memiliki gaji pokok 4 juta (untuk rumah tapak) dan tidak lebih dari 7 Juta (untuk rumah rusun), dan telah bekerja selama minimal 1 tahun, “ terang Riska, panggilan akrabnya.

    Untuk KPR konvensional, kami branding dengan nama KPR Platinum. “Fasilitas kredit pemilikan rumah dari kami untuk keperluan pembelian rumah dari developer ataupun non developer, baik untuk pembelian rumah baru atau second, pembelian rumah belum jadi (indent) maupun take over kredit dari Bank lain”, imbuh Pradipta Nugrahani Putri selaku Mortgage & Consumer Loan. Keunggulan dari produk ini suku bunganya kompetitif, jangka waktu sangat fleksibel sampai dengan 25 tahun, dan perlindungan asuransi jiwa dan asuransi kebakaran.

    “Saat ini kami berikan bunga kredit sebesar 8,5% fix 1 tahun, 9% fix 2 tahun, 9,5% fix 3 tahun, dan 10,25% fix 5 tahun”, imbuh Dita panggilan akrabnya. “Kami juga melayani KPA, untuk pasar vertical house atau apartemen yang mulai marak hadir di kota Jogja ini. Perbedaannya dengan KPR Platinum landed house ialah di jangka waktu kreditnya, di KPA kami layani kreditnya hanya sampai 15 tahun. Untuk 2017 ini, kami berikan program KPR bundling, yakni KPR Kreasi. Jadi kami berikan pula tambahan penawaran kredit untuk mengisi interiornya”, lanjut Bu Riska lagi.

    Selanjutnya produk Kredit Bangun Rumah BTN adalah fasilitas kredit bagi nasabah yang ingin membangun rumah di atas tanah milik sendiri. Adapun keunggulan yang ditawarkan produk KBR BTN, antara lain, suku bunga kompetitif, proses cepat, mudah, dan jangka waktu sangat fleksibel sampai dengan 10 tahun. Kemudian bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS), kami juga terus memberikan fasilitas berupa bantuan tabungan dan uang muka perumahan bagi PNS. BTN bersama Bapertarum-PNS memberikan fasilitas kemudahan kepada PNS Golongan I, II, III, dan IV yang mengajukan KPR BTN Sejahtera, dengan pilihan Bantuan Tabungan Perumahan (BTP) atau Tambahan Uang Muka Perumahan (TBUM).

    “Sebagai salah satu bank yang ditunjuk pemerintah, dalam mewujudkan program nasional sejuta rumah, kami bekerjasama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menghadirkan KPR dengan cicilan ringan dan tetap, yakni KPR Subsidi Rumah Murah, atau lebih dikenal KPR FLPP. Program sejuta rumah yang diadakan sejak 2015 untuk memenuhi kebutuhan hunian pribadi bagi MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) di Indonesia.

    Untuk wilayah area pelayanan kami, KPR Subsidi sangat terserap cukup optimal. Karena KPR Subsidi ini mendapatkan subsidi uang muka sampai 4 juta dari ketentuan DP 5% dari harga rumah subsidi 2017 ini yang sesuai ketentuan untuk wilayah DIY berharga 123,5 juta. KPR Subsidi ini secara khusus memang diperuntukkan bagi warga negara Indonesia yang belum memiliki rumah dan belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah. Selain itu, gaji/penghasilan pokok tidak melebihi Rp. 4 juta untuk Rumah Sejahtera Tapak Bahkan untuk PNS, bisa diberikan tambahan subsidi dari bapertarum, suku bunga KPR subsidi tersebut hanya sebesar 5% fix sampai kredit selesai,” lanjut Riska menerangkan.

    BTN juga sedang meluncurkan KPR Mikro bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) pada akhir Februari 2017 yang lalu di Jakarta. Kami berikan program KPR ini dikhususkan kepada MBR yang punya penghasilan tidak tetap," papar Riska. Beliau mengatakan, MBR terdiri dari dua yaitu yang berpenghasilan tetap dan tidak tetap. Jika yang berpenghasilan tetap pembiayaan untuk perumahan sudah disiapkan oleh pemerintah baik itu Program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) maupun subsidi bunga. Adapun untuk MBR yang berpenghasilan tidak tetap inilah yang menjadi sasaran utama program KPR Mikro kami. Misalnya bagi pekerja informal yang berpekerjaan tukang ojek, pedagang kaki lima, petani, nelayan, pedagang, ataupun wiraswasta yang menginginkan mengambil kredit untuk memiliki rumah. KPR Mikro ini bisa kami berikan maksimal 75 juta dengan tenor 20 tahun dan bisa dicicil angsurannya dengan metode harian, mingguan, ataupun bulanan.

    KPR Mikro ini memang menawarkan skema pembiayaan dengan besaran uang muka dan angsuran yang disesuaikan dengan kemampuan pekerja. Oleh karena itu, BTN akan bekerjasama dan menggandeng beberapa komunitas lokal atau asosiasi pekerja tersebut, jelasnya.“Dan yang terbaru di 2017 ini, sebagai bentuk sinergi, BTN sudah melakukan Perjanjian Kerja Sama, dengan komitmen bahwa kami akan memberikan fasilitas pinjaman uang muka, kredit pemilikan rumah, dan kredit renovasi rumah kepada peserta BPJS ketenagakerjaan. “Bahkan untuk kalangan pengembang kami berikan yang mengambil kredit konstruksi, ada suku bunga khusus, pengembang prima namanya,kami berikan suku bunga 8% fix 3 tahun dan 9% fix 5 tahun, lanjut Dita.

    “Untuk memilih produk KPR yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi finansial masyarakat memang gampang-gampang susah. Namun, ketika masyarakat telah memutuskan untuk memilih produk layanan KPR suatu bank atau lembaga keuangan lainnya, maka masyarakat harus benar-benar cermat dan teliti mempelajari serta memahami kontrak perjanjian KPR tersebut. Kami hadir dengan berbagai layanan tersebut untuk semua lapisan masyarakat yang menginginkan sebuah rumah tinggal sekaligus berinvestasi properti. Dengan berbagai produk KPR yang telah kami luncurkan target pertumbuhan total kredit tahun ini sebesar 21% skala nasional mampu tercapai”, pungkas Riska menutup pembicaraan. Pras-red

    Bank BTN
    Kantor Cabang Yogyakarta
    Jl Jend. Sudirman No. 71, Yogyakarta 55223
    Telp: (0274) 589898
    Fax: (0274) 561289
    HP :081388925904
    Email :kc.yogyakarta@btn.co.id
    www.btn.co.id

    HOTLINE KPR
    Pradipta Nugrahani : 0852 9211 4429
    Iman Santoso : 0856 4391 0044
    Yogo Tri : 0813 9224 2686
    Andi Sulistyo : 0812 2989 5758
    R. Maradhona : 0818 0428 2657

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain    Holcim Solusi Rumah