Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Bertemunya Tradisi dan Kemewahan di VILLA AQUIN

    Villa Aquin
    Furnitur kayu di area lobby utama
    Fasilitas Open Kitchen ditengah Villa
    Living room dan Family room Villa Aquin
    Suite Room Villa Aquin

    Perkembangan kota Solo sebagai kota tujuan wisata tak pelak menjadi peluang bagi para pelaku wisata untuk mempersiapkan berbagai fasilitas penunjangnya. Salah satu yang terus mengalami perkembangan adalah sektor hospitality, yaitu penginapan. Untuk menarik semakin banyak wisatawan baik nusantara maupun mancanegara, diperlukan berbagai terobosan dari pelaku usaha pariwisata untuk menghadirkan penginapan dengan konsep tradisional yang memberikan kenyamanan tanpa meninggalkan identitas Solo sebagai salah satu kota budaya dengan tradisi yang sangat kental di Indonesia.

    Perpaduan antara tradisi dan kemewahan itulah yang ditawarkan oleh Villa Aquin kepada tamu yang ingin menikmati suasana alami di sekitar kota Solo. Kombinasi bahan baku berupa batu alam dan kayu menjadi unsur yang sangat menonjol serta mendominasi dari villa yang beralamat di Gatak RT 01/RW 04, Gajahan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah tersebut.

    Konsep bangunan bernuansa Jawa dan Bali menjanjikan suasana alami yang sangat kental sebagai identitasnya. Ketika memasuki pintu gerbang, konsep bangunan bagian depan memberikan kesan unik dimana pintu utama tidak langsung menghadap pintu gerbang. Menurut Ikawati Prafitria, supervisor dari Villa Aquin, konsep bangunan tersebut merupakan konsep yang dibawa oleh pemilik pertama bangunan yaitu seseorang yang berkewarganegaraan Perancis.

    Ciri lain yang dibawa dari negara asal pemilik pertama tersebut adalah konsep letak kamar mandi yang berada di depan sebelum memasuki lobi dan bagian villa lainnya. Ketika memasuki lobi, kesan artistik dimunculkan dengan pemilihan berbagi perabot dan ornamen hiasan baik di lobi maupun pada beberapa sudut villa. Pemilihan beberapa lukisan sebagai pajangan dan berbagai jenis patung baik berbahan dasar kayu maupun gerabah semakin mempercantik villa yang memiliki logo gambar padi tersebut.

    Konsep bangunan Bali terlihat pada pembagian bangunan dengan kamar-kamar terpisah. Sebagian besar kamar memiliki view taman. Pintu dan jendela berukuran besar sangat mudah ditemui di setiap bagian ruangan sehingga udara alami yang berhembus dari persawahan yang mengelilingi villa dapat leluasa memasuki setiap sudut ruangan. Tanaman Kamboja yang sering digunakan sebagai ciri khas Pulau Dewata juga tersebar apik di beberapa sudut villa yang beroperasi sejak Agustus 2012 tersebut.

    Pemilihan jenis tanaman yang memiliki nilai estetika semakin mempercantik bagian taman, menimbulkan kesan rimbun tapi tertata dengan baik. Jenis tanaman seperti kayu putih, anona, daun kupu-kupu, palem-paleman, jambu air, dan kamboja tersebar mengisi setiap sudut taman. Pada taman belakang terdapat satu kamar tipe Deluxe dengan model bangunan tradisional kuno yang berdekatan dengan gasebo dan rumah panggung.

    Ketiga bangunan tersebut memanfaatkan material kayu-kayu bekas bangunan yang memiliki nilai artistik ketika digunakan kembali. Penataan taman dengan jalan yang disusun dengan perpaduan batu kerikil hitam dan putih yang ditata dengan pola tertentu semakin menambah nilai estetika pada bagian taman belakang villa tersebut. Taman bagian belakang maupun kolam renang sering digunakan sebagai lokasi untuk menghelat acara dengan konsep garden party. Berbagai even yang pernah diadakan antara lain wedding party, DJ party, gathering, dan reuni dengan kapasitas maksimal 200 pax.

    Salah satu kemewahan yang disediakan adalah suasana privat bagi tamu yang menginap. Villa Aquin dapat ditempuh dari bandara Adi Sumarmo ± 7 menit. Jumlah kamar yang disewakan hanya berjumlah 6 (enam-red) kamar dengan 3 (tiga) tipe yang berbeda. Kamar tersebut adalah 2 kamar tipe Suites Room, 1 kamar tipe Family Room, dan 3 kamar tipe Deluxe.

    Setiap kamar memiliki spesifikasi dan keunikannya masing-masing. Harga sewa yang di patok adalah Rp. 1.000.000,- untuk tipe Suites dan Family Room, serta Rp. 600.000,- untuk tipe Deluxe. Harga tersebut masih dapat berubah sesuai dengan sejumlah promo yang gencar dihadirkan oleh Villa Aquin.

    Suites Room merupakan kamar dengan nuansa Jawa yang kental. Ranjang kayu berukuran besar dipercantik dengan kelambu dengan hiasan batik bermotif Jawa membawa tamu kepada suasana tempo dulu. Berbagai furnitur dan ornamen berbahan dasar material kayu menghiasi setiap sudut ruangan. Ketika memasuki kamar mandi, konsep natural semakin kental dengan permainan kombinasi batu alam sebagai lantai dan dinding serta batu marmer yang menghiasi pada beberapa bagiannya. Kamar mandi berkonsep terbuka ini juga dilengkapi dengan bathup dan shower. Nilai lebih tipe Suites Room ini adalah pintu yang berhadapan langsung dengan kolam renang dan kolam ikan. Nuansa alam dengan suara gemricik air yang mengalir sepanjang waktu dapat memberi manfaat untuk relaksasi bagi para tamu.

    Kamar dengan tipe Family room memiliki spesifikasi 3 ruang utama, yaitu ruang keluarga untuk beraktifitas dan berkumpul yang cukup luas, ruang tidur utama dan kamar mandi. Nuansa alam masih menjadi ciri khas pada kamar tipe ini. Hiasan dinding berupa gambar pohon serta ornamen kayu dan bambu menambah kesan tradisional yang kuat pada kamar dengan tipe family room ini. Pada bagian kamar mandi, batu alam masih menjadi material utama untuk lantai dan dindingnya.

    Tipe ketiga adalah Deluxe, yaitu kamar dengan ukuran standar dengan fasilitas kamar mandi dalam. Keunggulan tipe ini adalah salah satu kamarnya terletak di taman belakang dengan konsep bangunan seperti rumah kuno yang dipindahkan kedalam villa. Dengan lokasi yang agak berjarak dengan kamar lainnya memberikan suasana privat bagi para tamu yang menginap. Menurut penuturan Ika, tipe kamar Deluxe dengan konsep inilah yang sering dipesan oleh banyak tamu. Konsep alam masih ditonjolkan pada kamar dengan tipe Deluxe ini, dimana pada dinding-dindingnya dilukis dengan tema pepohonan.

    Pada bagian tengah villa terdapat bangunan yang berfungsi sebagai dapur dengan konsep open kitchen. Dapur ini diapit dengan kolam renang dan kolam ikan sehingga membuat nyaman para tamu ketika sedang bersantap. Selain itu konsep yang ingin dihadirkan dengan open kitchen ini adalah memberikan ruang dan kebebasan kepada para tamu yang ingin memasak menu sesuai selera masing –masing. Berbagai peralatan dapur untuk memasak disiapkan oleh pengelola agar para tamu merasa nyaman seperti berada di rumah sendiri.

    Kesan damai akan terasa ketika senja hingga malam tiba, dimana setiap sudut dihiasi dengan lampu taman berwarna kuning keemasan. Selain menambah kesan cantik, penggunaan cahaya berwarna kuning dengan berbagai motif dan ornamen hiasan lampu memberikan kesan tenang dan romantis. Suara hembusan angin dari persawahan serta suara kodok semakin menambah kuat suasana dan nuansa pedesaan yang hadir di dalam villa.

    Griya alam, itulah pesan yang tertulis pada papan bertuliskan dengan huruf aksara Jawa yang menggantung di atas pintu lobi, seakan ingin menggambarkan bahwa villa ini akan menghadirkan suasana alam dengan tradisi yang kental tanpa melewatkan kemewahan-kemewahan yang diberikan kepada tamu-tamunya, dan begitulah adanya Viila Aquin, Where tradition and luxury meet. Dwi-red

    VILLA AQUIN
    Gatak RT 01 / RW 04, Gajahan,
    Colomadu, Karanganyar,
    Jawa Tengah 57176, Indonesia
    Telepon: +62 271 7685782
    email : villaaquin@gmail.com
    www.villaaquin.com

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain