Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


BTN Tawarkan KPR Uang Muka 1%

    BTN Tawarkan KPR Uang Muka 1%
    BTN Tawarkan KPR Uang Muka 1%
    BTN Tawarkan KPR Uang Muka 1%

    Kabar gembira bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah pertama dengan sistem pembayaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui Bank BTN. PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk sebagai salah satu penyalur program pemerintah dalam hal pembiayaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah secara resmi menawarkan uang muka 1% dengan program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Tercatat secara nasional Bank BTN sebagai penyalur terbesar dana FLPP. Hampir 97% penyaluran FLPP dikuasi oleh BTN.

    Branch Manager, PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, kantor cabang Yogyakarta, Ahmad Fatoni menerangkan pihaknya sebagai perbankan yang fokus dalam hal pembiayaan perumahan merasa punya tanggung jawab lebih untuk menyalurkan pembiayaan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. “Sejak Maret ini (2015-red) kami meluncurkan beberapa produk unggulan kami, yang tujuannya lebih memudahkan masyarakat berpenghasilan rendah untuk dapat memiliki hunian. Hunian ini kan tidak hanya landed tetapi vertikal seperti rusunami juga bisa. Nah bagi masyarakat yang menggunakan fasilitas FLPP untuk pembelian rusunami kami berikan uang muka (DP) yang rendah. Hanya satu persen saja.

    Sedangkan bagi mereka yang ingin landed kami punya program DP lima persen saja. Catatannya jelas harus rumah FLPP”, terangnya. Di tengah keterbatasan lahan yang strategis properti Jogja kini sudah waktunya untuk hunian berbentuk vertical house. Vertical house tidak begitu sensitif dengan harga tanah, umumnya semakin tinggi hunian yang dibeli dalam vertical house maka akan semakin miring harganya sehingga bisa masuk ke persyaratan FLPP. Hal ini dikatakannya,”Semakin terbatasnya lahan yang dapat digunakan sebagai perumahan landed, salah satu solusinya ya dengan rusun. Selain itu program yang diluncurkan BTN ini sebagai bentuk dukungan Bank BTN atas kebijakan pemerintah dalam mendorong perumahan vertikal atau rusun”, katanya singkat.

    Fatoni menambahkan, selain program uang muka yang rendah pihaknya tengah mengupayakan pemberian suku bunga yang rendah juga. “Kami juga masih menunggu situasi ekonomi agar stabil terlebih dahulu, kami akan mengeluarkan suku bunga untuk FLPP jadi lima persen, namun, itu masih sebatas wacana, semoga saja bisa”, imbuhnya. Selain itu, Fatoni mengungkapkan jika saat ini Bank BTN telah ditunjuk secara resmi sebagai penyalur dana pembangunan program 1 juta rumah yang dicanangkan Presiden Jokowi. “Kami ditunjuk secara resmi sebagai penyalur program 1 juta rumah oleh pemerintah. Meskipun sedikit sulit tapi kami tetap optimis dan yakin dapat menyalurkan program tersebut, secara nasional. Ini program bagus, intinya untuk mengurangi backlog yang masih terjadi. Ini PR besar, dan sudah saatnya masyarakat Jogja melirik bangunan vertikal seperti rusun”, ungkap Fatoni, saat di kantornya yang beralamat di Jalan Jendral Sudirman No. 71 Yogyakarta. Program tersebut akan dimudahkan dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Relaksasi perihal persyaratan dan jangka waktu yang cukup panjang adalah beberapa hal yang akan ditawarkan untuk mencapai program 1 juta rumah.

    Guna mencapai program tersebut pihaknya berencana akan mensinergikan BUMN. Dengan adanya sinergi antar BUMN dan para pemangku kepentingan diharapkan MBR dapat memiliki hunian yang layak. “Kami berharap ada kerjasama yang baik antar pemangku kepentingan untuk menyukseskan program tersebut. Sebagai contoh, misalnya, tanah-tanah milik PT. POS Indonesia, BULOG, atau PT. KAI, yangtidak terpakai kan bisa dikerjasamakan untuk pembangunan rusun. Jadi kami berharap harga jual bisa sesuai ketentuan FLPP, dan dapat mendapatkan kemudahan”, terangnya.

    Tak hanya program-program tersebut Fatoni menuturkan pihaknya juga tengah meluncurkan Tabungan BTN Perumahan. Tabungan tersebut merupakan rencana dari Bank BTN untuk membantu mewujudkan impian masyarakat untuk memiliki rumah idaman. “Kami juga menawarkan program Tabungan BTN Perumahan, tabungan ini khusus untuk pembelian rumah atau uang muka rumah. Program ini memiliki keunggulan bebas biaya tabungan, bunga menarik dan bersaing, fasilitas auto debet dari rekening tabungan nasabah di Bank BTN untuk setoran lanjutan, selain itu jika mengambil KPR di BTN tentu akan semakin dimudahkan, karena rekam jejak sudah terdeteksi dari awal”, tutur Fatoni semangat.
    Tabungan BTN Perumahan memiliki persyaratan dan ketentuan seperti nasabah Warga Negara Indonesia perorangan, melampirkan fotokopi KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku, mengisi dan menandatangani formulir pembukaan rekening, dan setoran awal minimal Rp. 2.000.000,-.

    Tak hanya program bagi masyarakat berpenghasilan rendah saja, dikatakan Fatoni, pihaknya juga tetap melayani pengajuan aplikasi KPR bagi semua segmentasi pasar. Permintaan pasar kelas menengah saat ini menjadi ceruk pasar yang cukup besar. “Kami mengamati pasar Jogja ini cukup mengembang di tengah, titik temu antara harga jual dan kemampuan pasar dikisaran harga 250 – 400 jutaan”, katanya. Dikatakannya lebih lanjut saat di kantornya, “Pasar properti kelas menengah saat ini sangat baik, bonus demografi, dimana penduduk dengan usia produktif semakin besar membuat permintaan rumah akan terus ada, ditambah tingkat konsumsi masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan sekitar 4 %, ini menjadi beberapa keyakinan kami untuk terus menjadi penyedia jasa pembiayaan di bidang perumahan”, kata Fatoni, yakin.

    Keyakinan tersebut juga disesuaikan dengan visi Bank BTN, 'Menjadi bank yang terkemuka dalam pembiayaan perumahan'. Berbagai produk pembiayaan perumahan diluncurkan untuk meraih pasar dan mempermudah nasabahnya dalam memiliki rumah. “ Semua segmentasi pasar kami siap membantu dan sudah ada fasilitasnya”, ucap Fatoni. Lebih dalam dijelaskannya, beberapa program pembiayan rumah yang dapat dipakai nasbah Bank BTN adalah, KPR BTN Platinum dengan jangka waktu kredit hingga 25 tahun dan harga menengah atas. Fasilitas ini dapat digunakan untuk membeli rumah baru atau lama, dalam proses pembangunan maupun memindahkan pembiayaan dari lembaga pembiayaan lain (take over). Greg-red

    BANK BTN
    Kantor Cabang Yogyakarta
    Jl Jend. Sudirman No. 71, Yogyakarta 55223
    Telp : (0274) 589898
    Fax. : (0274) 561289
    HP. : 081388925904
    Email : kc.yogyakarta@btn.co.id
    Website : www.btn.co.id

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain