Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Desain Sekolah Untuk Balita

    Desain Sekolah Untuk Balita
    Desain Sekolah Untuk Balita
    Desain Sekolah Untuk Balita
    Desain Sekolah Untuk Balita
    Desain Sekolah Untuk Balita

    Tentang Sekolah Balita. Anak di bawah umur lima tahun atau yang akrab dengan sebutan balita, saat membutuhkan fasilitas pendidikan yang mewadahi segala aktivitasnya. Mengingat minimnya lahan terbuka saat ini, maka sudah seharusnya lembaga pendidikan yang biasa disebut Taman Kanak-kanak atau TK ini memberikan fasilitas yang lengkap untuk aktivitas belajar dan bermain bagi para balita. Adapun fasilitas yang dimaksud adalah area belajar dan bermain baik indoor maupun outdoor.

    Dalam artikel ini, tim penulis akan mengulas tentang sekolah bagi balita yang mewadahi aktivitas bermain dan belajarnya. Untuk kasus ini tim penulis akan mengangkat TK Khalifah Depok sebagai contoh desain sekolah Balita.

    1. DESAIN EKSTERIOR
    TK Khalifah, Depok, Jawa Barat ini berdiri diatas lahan tak beraturan yang lokasinya sangat strategis tepat di pinggir jalan utama daerah Krukut. Bangunan seluas ±200m2 ini memiliki konsep ala Timur Tengah sesuai dengan icon TK Khalifah yaitu binatang unta. Pembagian ruang yang tepat pada interior bangunan ini sangat menentukan kenyamanan anak-anak dalam belajar dan bermain. Adapun ruangannya terdiri dari, 1) Resepsionis yang berada tepat didepan pintu masuk samping sebagai pintu utama. 2) Area bebas sebagai ruang untuk melakukan sholat dan dapat juga difungsikan sebagai area bermain indoor. 3) Ruang kelas berjumlah 4 ruang dengan desain masing-masing ruang berbeda. Kapasitas kelas yaitu maksimal 10 anak agar aktivitas tetap nyaman dan mudah dalam pengawasannya. 4) Area bermain semi outdoor terletak di bagian depan bangunan sebagai tanda bahwa bangunan tersebut merupakan bangunan pendidikan bagi anak-anak. Untuk memunculkan kesan Timur Tengah yang sangat identik dengan nuansa islami, maka ditambahkan beberapa ornament seperti roster dengan bentuk geometri islami.

    2. DESAIN RUANGAN SEMI OUTDOOR
    Ruangan semi outdoor pada sekolahan ini difungsikan sebagai area bermain yang aman dari hujan namun tetap mendapatkan cahaya dan udara alami. Ruangan ini memiliki desain colourfull dengan furniture yang aman bagi anak- anak. Khusus di bagian pintu masuknya didesain menyerupai pintu masuk pada piramida dengan warna biru untuk memudahkan anak mengingat warna.

    3. DESAIN INTERIOR
    Desain interior pada bangunan sekolahan ini memiliki tema bermacam-macam disesuaikan dengan fungsi ruangan tersebut. Pembagian ruangan tersebut sebagai berikut :
    A. RESEPSIONIS
    Resepsionis didesain dengan tema padang pasir dan diberi warna coklat. Furniture yang mengisi juga tidak banyak yaitu meja resepsionis dan kursi tunggu.
    B. PLAYGROUND INDOOR
    Playground indoor ini terletak tepat di belakang resepsionis dan bersebelahan langsung dengan playground semi outdoor.
    C. SELASAR
    Selasar merupakan ruang yang memisahkan antara ruang kelas yang satu dengan lainnya. Selasar pada bangunan ini juga didesain agar tetap terkesan ramah dan ceria dengan menambahkan beberapa cat warna berbeda di kiri kanan dindingnya.
    D. RUANG KELAS
    Ruang kelas memiliki desain bermacam-macam sehingga anak tidak cepat bosan dengan suasana di dalam kelas.
    Kelas tipe A dibuat berkelompok dengan kursi berwarna warni dilengkapi dengan rak-rak di sekitarnya agar anak dapat dilatih untuk mengembalikan barangnya ketempat semula.
    Kelas tipe B juga ditata dengan tipe kelompok. Agar ruangan lebih ceria,maka pada sekeliling ruangannya menggunakan tema langit dan pelangi berwarna warni.
    Kelas tipe C didesain berkelompok dengan meja berbentuk kotak dan kursi warna warni. Nuansa alam seperti tumbuhan dan bulan bintang meramaikan suasana di ruangan ini.
    Kelas tipe D juga menggunakan sistem berkelompok dengan meja kotak yang dikelilingi kursi warna warni, ditambah dengan dinding yang diberi tema transportasi, sehingga membantu anak untuk mengingatkan nama-nama kendaraan yang ada di sekitarnya.ARCHIRA – Archsketch Cipta Inspira

    ARCHIRA – Archsketch Cipta Inspira
    Jl. Garuda 185B, RT 05/RW 30, Gejayan,
    Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283
    Telp. 0274-882480
    email. archsketchstudio@gmail.com
    www.arsitekarchira.com

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain