Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Estetika Ragam Batu Alam dari Yuka Stone Art

    Stone Art
    batu fosil
    Wood Stone
    Art Stone
    Galery

    Tren “Back to Nature” dalam arsitektur, interior, dan pendukung-pendukungnya masih digemari oleh sebagian besar masyarakat hingga saat ini. Hal tersebut terwujud dari pengaplikasian material alam berupa batu alam pada sebuah hunian. Dengan berbagai jenis dan karakter, batu alam mampu beradaptasi sehingga selaras dengan berbagai gaya desain arsitektur suatu bangunan. Karena batu alam dapat memberi kesan hangat dan tidak kaku terhadap hunian tersebut. Pemilihan material ini disebabkan sifatnya yang tidak menyerap panas dan menyejukan sekaligus mendinginkan udara di dalam ruangan. Selain untuk memperindah ruangan, batu alam banyak digunakan karena kesan alami, nyaman, tenang, kokoh yang terpancar dari penampilannya. Penggunaan batu alam berfungsi juga sebagai penyeimbang komposisi bangunan agar tidak monoton dan membuat suasana sejuk, sehingga kesan alami dan sejuk yang dipancarkan batu alam dapat mengurangi tingkat stres penghuni rumah. Material ini biasanya digunakan sebagai dinding aksen, eksterior maupun interior. Namun seiring waktu, batu alam mulai digunakan sebagai aksesoris di dalam rumah, mulai dari kamar mandi hingga kitchenware.

    Salah satu destinasi penyedia bahan furnitur interior dan eksterior berbahan dasar batu alam yang mampu mewujudkan impian anda adalah CV. Yuka Stone Art. Merupakan salah satu perusahaan penyedia furnitur rumah berbahan dasar batu alam yang memiliki banyak keunggulan dan berkarakter. “Dulu awal mula saya memulai usaha di bidang ini sejak tahun 2003, awalnya saya hanya mengerjakan produk mozaic tiles karena memang orang tua berasal dari kota Tulungagung yang notabene adalah kota yang terkenal dengan produk kerajinan dari batu alam. Namun karena permintaan pasar, akhirnya mulai memproduksi berbagai macam furnitur interior dan eksterior rumah berbahan batu alam. Pokoknya asal memungkinkan dan tidak terlalu rumit, kami bisa kerjakan,” kata Yuniana Octoviati selaku owner CV. Yuka Stone Art.

    Beberapa produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang mempunyai workshop di Jalan Gedong Kuning Selatan No. 128B, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta tersebut diantaranya, stone tiles, peebles & parquet, toiletrees,kitchenware, patung, table set,fire place/perapian, hingga pernak-pernik berukuran kecil seperti frame foto dan tempat lilin. Untuk bahan baku batu alam sebagian besar diperoleh dari daerah Jogja dan juga seputar pulau Jawa, namun untuk memenuhi kebutuhan pesanan dengan batu tertentu yang tidak terdapat di pulau Jawa biasanya bahan baku didatangkan langsung dari daerah Sulawesi dan Lombok. Jenis batuan alam yang digunakan oleh Yuka Stone Art diantaranya, batu paras, batu serut, marmer, onyx, hingga batu fosil. “Intinya kita menggunakan jenis batu yang sumbernya cukup banyak dan mudah ditemukan. Selain untuk menjaga kelestarian alam tetapi juga agar ketersediaannya terjamin apabila sewaktu-waktu pesanan datang. Karena percuma apabila kita menggunakan jenis batu yang cantik tetapi langka dan butuh waktu yang lama untuk mendapatkannya, nantinya hanya akan menghambat proses produksinya saja,” papar wanita yang akrab dipanggil Tovie tersebut.

    Menurutnya, batu alam yang berwarna-warni mulai dari merah, putih, kuning, hingga hijau, dapat membedakan karakteristik sebuah gaya rumah. “Kalau yang limestone yellow bisa digunakan untuk rumah bergaya mediterania. Untuk rumah minimalis dapat memakai white grey atau white atau green, jadi tetap minimalis tapi kesan dinginnya dapat,” papar Tovie. Lalu agar batu alam tampil cantik dibutuhkan cara khusus seperti pola pemasangan, finishing batu alam, proses pemasangan yang baik, serta perawatan secara rutin. Selain itu, juga diperlukan berbagai macam solusi untuk mengatasi masalah yang biasa terjadi pada batu alam, baik yang dipasang di eksterior maupun interior. Pola pemasangan batu alam pun amat beragam, namun tidak semua batu alam dapat dipasang dengan pola yang sama, hal ini disebabkan oleh sifat fisik dan tekstur batu alam yang berbeda-beda. Mulai dari berbagai macam bentuk finishing hingga mozaik batu alam yang eksotis.

    “Semua batu alam ini ada yang berasal dari batu kali, batu marmer, batu serut, limestone, hingga sandstone. Untuk tampilan batu alam pun memiliki bentuk-bentuk yang unik mengikuti perkembangan tren terkini. Bahkan, batu alam mozaik yang dapat digunakan untuk dinding dan lantai menjadi primadona. Di mana untuk memasangnya mudah karena sudah dilengkapi net di belakangnya, jadi seperti keramik,” kata Tovie. Menurutnya, finishing batu alam sangat beragam. Mulai dibuat dengan mesin bubut, ada yang ditatah, carving, ada yang diiris dengan mesin cutting. Hanya, karena Indonesia beriklim tropis memiliki curah hujan dan matahari yang banyak, hal utama yang harus diperhatikan dalam mengaplikasikan batu alam adalah perawatannya. Sebab seringkali rentan lumut dan airnya pun membawa lumut, maka harus ada pelapis (coating) yang disesuaikan dengan jenis batu alamnya. Untuk batu limestone minimal enam bulan sekali dicoating ulang, sementara jenis marbel dapat bertahan hingga setahun sekali.

    Yuka Stone Art didukung oleh tenaga terampil sehingga produk yang dihasilkan mempunyai kualitas yang bernilai tinggi. Tak hanya itu, selain menawarkan produk-produk yang ada di showroom tersebut, Yuka Stone Art juga melayani pemesanan made by order sesuai dengan kebutuhan dan eksklusifitas pelanggan. Untuk harga produk yang ditawarkan Yuka Stone Art terbilang cukup terjangkau mulai dari harga Rp 12.000 hingga Rp 15 jutaan, tergantung dari ukuran, tingkat kerumitan, serta jenis bahan baku dari produk tersebut. “Untuk pemasaran produk kami sudah sampai mancanegara seperti kawasan Asia, Eropa, hingga Amerika. Namun belakangan pasar lokal juga sudah mulai bagus juga, dan semoga akan terus meningkat untuk ke depannya,” tutup Tovie. Farhan-red

    Yuka Stone Art
    Jl. Gedong Kuning Selatan No. 126B
    Banguntapan Bantul Jogjakarta
    Phone : (0274) 371 264
    Hotline : 0816 4264 624
    Email : yukastoneart@yahoo.com
    www.yukastoneart.com

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain    Holcim Solusi Rumah