Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Furnitur Ose Deco Natural, Minimalis dan Elegan

    Furnitur Ose Deco
    Furnitur Ose Deco
    Furnitur Ose Deco
    Furnitur Ose Deco
    Furnitur Ose Deco

    Sebuah tempat tinggal merupakan suatu representasi dari pemiliknya. Rumah dengan furnitur dan dekorasi yang serasi akan menjadikan rumah tersebut tampak lebih indah. Ose Deco furnitur factory outlet hadir untuk melengkapi sebuah pilihan furnitur dengan berbagai pilihan. Mengusung konsep natural, minimalis dan unik, Ose Deco menawarkan berbagai produk furnitur dengan kualitas yang unggul dengan material alami.

    Berawal pada tahun 2005, Ose Deco pertama kali membangun showroom di Bali. Namun seiring dengan perkembangan, pada tahun 2008 Ose Deco membuka outlet di Yogyakarta. Ada alasan yang melandasi Ose Deco membuka factory outlet di Yogyakarta. “Pekerja dan proses produk berada di Yogyakarta, jadi kami berpikir kenapa tidak juga membuka outlet di sini (Yogyakarta-red)”, tutur Fajar Suprapto Direktur sekaligus owner Ose Deco furnitur factory outlet. Ose Deco berlokasi di Jalan Kaliurang Km. 8,5 Dayu, Sleman Yogyakarta. Penamaan Ose Deco sendiri memiliki sedikit kisah unik. OSE merupakan singkatan dari Obral Sisa Ekspor. Menurut Fajar, dahulu Ose Deco hanya berkonsentrasi untuk melayani pembeli dari luar negeri saja. Namun karena stok produk yang masih menumpuk di workshop kemudian owner memutuskan untuk menjualnya ke pasar dalam negeri.

    Bahan baku pembuatan furnitur Ose Deco didatangkan dari berbagai daerah di Indonesia. Ose Deco menggunakan bahan-bahan yang natural sehingga menimbulkan kesan unik. Bahan tersebut seperti enceng gondok, pandan, dan debog. Untuk enceng gondok diperoleh dari Demak Jawa Tengah, sedangkan untuk bahan baku pandan dan debog (pelepah pisang) berasal dari Kulonprogo Yogyakarta. Pandan dibeli sudah dalam bentuk gulungan (tali). Pandan yang dipilih adalah jenis pandan laut. Pandan laut yang masih ada durinya dibersihkan, dikeringkan lalu digulung menjadi tali. Sebagai rangka digunakan kayu Bengkirai yang memiliki serat serta karakteristik kuat. Untuk aksen kayu luar menggunakan kayu Jati dan Mahoni yang didatangkan dari Klaten. Sebagai penguat di dalam konstruksi setiap produk furnitur, Ose Deco menggunakan rotan yang diperoleh dari supplier asal Solo.

    Untuk desain produk, Ose Deco tidak terpatok pada beberapa desain saja. Ose Deco menawarkan desain-desain standar yang sudah banyak dipesan. Namun, konsumen juga diperbolehkan untuk membuat desain sendiri sesuai dengan kebutuhannya. Konsep desain furnitur yang diusung Ose Deco adalah minimalis tanpa meninggalkan unsur modern. “Konsumen kami bebaskan untuk membuat desain sendiri, agar lebih pas dengan selera. Biasanya mereka konsumen lokal, hanya mengembangan dari desain yang sudah kami buat”, ungkap Fajar Suprapto. Untuk menawarkan desain-desain yang baru dan menarik Ose Deco mengadopsi kemudian mengadaptasi desain dari berbagai sumber. Ose Deco juga menyediakan pelayanan konsultasi desain dengan para konsumennya.

    Mengenai pemasaran produk Ose Deco terbagi menjadi dua. Untuk pasar ekspor beberapa negara di penjuru dunia sudah menjadi tujuan penjualan produk. “Kita biasanya ekspor ke Spanyol, Jepang, Amerika Serikat, Malaysia, dan ke Dominika” tutur Fajar. Untuk pasar lokal berasal dari Bali, Jakarta, Samarinda, Palu dan daerah-daerah di sekitar Jogja. Untuk respon pasar lokal terhadap produk Ose Deco, Fajar menilai cukup memuaskan. Segmen pembeli Ose Deco tidak hanya didominasi oleh pembeli dari perseorangan saja. “Ada beberapa developer perumahan yang sudah memesan produk Ose Deco sebagai pengisi interior produk perumahan” terang Fajar yang memiliki background pendidikan teknik sipil pada salah satu Universitas Swasta di Yogyakarta. Outlet Ose Deco melayani pembeli setiap hari pada pukul 9 pagi sampai jam 5 sore.

    Proses produksi dikerjakan di workshop yang beralamat di Jalan Griya Taman Asri, Tlacap, Pendowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Dengan jumlah pekerja tetap sebanyak tujuh orang. Lama pengerjaan untuk sebuah produk berkisar antara 3 hari sampai 1 minggu. Proses produksi dimulai dari pembuatan pola desain. Pola desain yang telah jadi lalu dijadikan mold (proses produksi dengan membentuk pola untuk sebuah model). Setelah molding terbentuk langkah yang dikerjakan selanjutnya adalah framing (pembuatan rangka) produk. Rangka yang digunakan adalah rangka kayu Bengkirai yang memiliki sifat kuat dan tahan lama. Rangka yang sudah dipotong-potong sesuai akuran kemudian disatukan dengan kayu Mahoni atau Jati sebagai rangka luar dengan skrup (baut) tidak menggunakan paku. Setelah rangka jadi kemudian dipindahkan ke bagian produksi pengayaman. Penganyaman produk Ose Deco dikerjakan oleh tenaga-tenaga terampil yang berjumlah tiga sampai empat orang. Untuk memperkuat anyaman pada rangka kayu Bengkirai, bahan baku (enceng gondok, pandan dan pelepah pisang) ditempelkan dengan menggunakan staples elektronik. Setelah selesai dianyam, produk lalu memasuki proses finishing.

    Dalam proses finishing yang dilakukan adalah penghalusan dan pengecatan. Proses penghalusan adalah dengan mengamplas bagian luar rangka produk. Proses pengecatan pertama kali adalah sanding. Sanding dilakukan sebagai cat dasaran untuk menambah kuat bahan. Setelah sanding lalu produk dikeringkan selama sehari. Sesudah kering, produk lalu dihaluskan dengan amplas dan diberi sanding kembali sebanyak dua lapis. Terakhir dalam proses finishing adalah pemberian warna. Bahan pewarnaan yang digunakan adalah pewarna bubuk dan wood stain. Proses finishing yang terakhir adalah penyemprotan dengan menggunakan melamin sebagai lapisan penutup agar produk terlihat mengkilap dan tidak mudah tergores.

    Keunggulan produk furnitur dari Ose Deco adalah penggunaan bahan yang natural, daya tahan yang lama serta finishing yang melalui quality control yang ketat. “Saya sendiri yang melakukan quality control pada setiap produk, jadi kami menjamin produk yang kami hasilkan berkualitas prima”, kata Fajar. Ragam produk Ose Deco sangat bervariasi mulai dari living set berupa kursi dan meja tamu, bedroom set, dinning set serta home decoration furniture. Selain itu Ose Deco juga menawarkan produk-produk lain seperti partisi, cabinet set, standing mirror, tas pandan, console, sketsel, terracotta, lounge, dan kursi malas. Mengenai harga Fajar menuturkan tergantung dari desain dan ukuran. Harga yang dipatok mulai dari ratusan ribu hingga 5 juta. Untuk cara pemesanan Ose Deco menawarkan dua cara. Pertama, pembeli datang langsung ke showroom di Jalan Kaliurang maupun cabang showroom di daerah Kasongan Bantul. Kedua pembeli bisa menulis email ke osedeco@gmail.com. Untuk pemesanan via email pembeli harus membayar DP sebesar 30% terlebih dahulu. Dika-Red

    Ose Deco
    Jl. Kaliurang Km. 8,5 Dayu, Sleman, Yogyakarta
    081 931 717 418
    www.osedeco.com

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain