Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Gaya Eropa-Jawa Hunian Ekspresi Gabriel Lele

    Gabriel Lele dan Elok Pakaryaningsih bersama putri kesayangannya
    Fasad Rumah
    Sudut fotogenic dengan hiasan foto keluarga
    Area dapur bergaya modern dengan unsur kayu
    Kamar tidur utama dengan nuansa hangat

    Nyaman dan dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, mungkin harga mati bagi setiap orang dalam membangun rumah. Membangun rumah sesuai dengan karakter sang penghuni rumah merupakan dambaan setiap orang. Rumah dapat mencerminkan si penghuni, mulai dari kebiasaan, aktifitas, sampai dengan pola pikir si pemilik rumah dapat dicerminkan dalam lingkungan rumah. Perlu kecermatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bagaimana pola hubungan antar ruang, pernik-pernik, dan furnitur sebagai penghias ruangan dapat terkoneksi menjadi satu kesatuan karakter yang kuat. Kenyamanan di dalam rumah sangat mutlak dibutuhkan demi memperoleh ketenangan batin bagi Sang penghuni rumah. Untuk mewujudkan sebuah rumah yang nyaman tidak selalu harus dengan menerapkan desain yang mewah, akan tetapi lebih menuju pada kepuasan batin akan rumah yang sejuk dan sehat. Salah satu rumah yang mencerminkan karakter penghuninya adalah hunian milik pasangan suami istri Dr. Gabriel Lele, SIP, M.Si. dan Elok Pakaryaningsih. Pola hubungan antar ruang dibiarkan terbuka, entrance room, ruang keluarga, dan ruang makan terlihat pada satu ruangan tanpa pembatas dinding yang mati.

    Hunian yang berlokasi di kawasan perumahan Pesona Merapi No. E16, Jalan Kapten Hariyadi, Dayakan, Sardonoharjo, Sleman, Yogyakarta tersebut merupakan hasil renovasi dari rumah standar perumahan Pesona Merapi yang dibeli sejak tahun 2011. Dengan menggandeng Dhanata Construction and Interior sebagai perancang sekaligus pelaksana, akhirnya proses renovasi rumah dilaksanakan dengan ide-ide desain yang dikombinasikan dari pemilik rumah dengan pihak kontraktor. Dikatakan Gabriel bahwa kesibukan yang mengharuskannya sering bertugas ke luar negeri memberikan inspirasi bagi dirinya dalam memilih desain bangunan huniannya. “Jadi memang awalnya karena saya sering mendapat tugas ke luar negeri, saya jadi sering melihat desain bangunan rumah di Eropa. Dari situ kemudian timbul keinginan nantinya desain rumah pribadi saya juga bernuansa Eropa namun dipadukan dengan nuansa Jawa karena lokasinya di Jogja juga,” ungkap Gabi, sapaan akrabnya.

    Rumah yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 280 meter persegi tersebut nampak cukup berbeda jika dibanding deretan hunian lain di sekitarnya. Fasad depan bangunan dengan dominasi unsur batu bata ekspos cukup mencuri perhatian dan menampilkan kesan hangat dari pemilik rumah. Sebuah taman berukuran kecil pada sisi depan ditumbuhi rumput hijau serta beberapa tanaman hias yang memberikan nuansa natural nan sejuk. Sebuah kanopi pada bagian teras depan dengan desain motif klasik berwarna putih dan sepasang lampu taman pada sisi balkon depan semakin memperkuat konsep bangunan yang diusung. Carport dengan lantai motif berwarna senada dengan dinding bata ekspos yang dapat menampung dua buah mobil sekaligus tersebut menjadi fasilitas pendukung bangunan rumah. Teras depan difungsikan sebagai entrance room tempat menerima tamu dengan table set minimalis.

    Memasuki bangunan utama rumah yang mulai ditempati sejak pertengahan tahun 2012 tersebut, nampak sebuah ruang tamu yang menjadi satu dengan ruang keluarga dengan kesan yang luas. Hal tersebut dihasilkan dari aplikasi ruangan tanpa sekat serta konsep lantai mezzanine yang membuat plafon menjadi lebih tinggi dan suhu ruangan lebih sejuk. Dinding ruangan didominasi dengan warna putih berpadu dengan wallpaper bermotif batu alam yang membuat kesan ruangan menjadi hangat. Sebuah cabinets kayu berukuran cukup besar diletakkan pada sisi ujung ruang keluarga yang berbatasan dengan area kamar tidur, Hal tersebut dimaksudkan selain sebagai dekorasi ruangan, namun juga sebagai pembatas agar aktifitas di area kamar tidak langsung terlihat dari sisi ruang tamu. Pemanfaatan space yang optimal nampak pada sisi bawah tangga yang digunakan sebagai ruang penyimpanan dengan dekorasi pintu dan jendela bergaya Eropa klasik. “Dalam merenovasi rumah ini memang hal pertama yang saya perhatikan mengenai sirkulasi udara dan cahaya alami yang optimal. Oleh karena itu, aplikasi lantai mezzanine saya pilih karena memang dulunya rumah ini hanya satu lantai. Kalau dengan aplikasi mezzanine kan bagian plafon jadi lebih tinggi dan suhu ruangan menjadi lebih dingin,” ungkap ayah dari Janita tersebut.

    Bergeser lebih ke dalam area rumah yang memakan waktu hingga sekitar 7 bulan dalam masa renovasinya tersebut, terdapat area dapur yang menjadi satu dengan meja makan keluarga. Kitchen set kayu bergaya vintage minimalis dengan kombinasi kaca memberikan kesan simpel pada dapur dan bersih. Tepat di sebelah area dapur nampak ruang makan dengan table set kayu minimalis. Sebuah lampu gantung melengkapi sisi lighting pada area meja makan. Hal yang cukup menarik terdapat pada sisi area dapur yang memiliki akses langsung menuju area taman belakang. Hal tersebut membuat view pada saat memasak atau bersantap bersama keluarga menjadi lebih alami dan sejuk. Suara gemericik air yang dihasilkan dari mini fountain pada area taman belakang semakin menambah nuansa natural di dalamnya.

    Kamar tidur utama terletak pada sudut area lantai bawah dengan konsep dekorasi interior bergaya minimalis modern bernuansa elegan nan nyaman. Ranjang tidur modern berbahan kayu berukuran king size nampak begitu nyaman dengan bed cover bernuansa putih bermotif bunga. Dinding kamar dengan motif abstrak berwarna kecoklatan, berpadu dengan lantai kamar bermotif kayu semakin menambah nuansa hangat di dalam kamar tidur. Pada salah satu sisi kamar terdapat sebuah almari pakaian berukuran besar bergaya senada dengan warna coklat tua yang semakin mempercantik sisi interiornya. Kamar tidur utama tersebut juga mempunyai akses pintu langsung menuju taman bagian depan. Dekorasi menarik juga dapat ditemui pada sisi bathroom kamar tidur utama yang dilengkapi dengan fasilitas modern seperti bathub serta shower. Dinding kamar mandi didominasi oleh aksen batuan alam serta sisi wastafel dengan sentuhan unsur kayu yang menampilkan nuansa natural di dalamnya.

    Kamar tidur anak juga memiliki desain interior cukup menarik dan tematik. Tema kamar princess yang didominasi dengan warna pink menjadi unsur yang begitu nampak pada kamar tidur anak. Almari pakaian, meja belajar, hingga bed cover bernuansa pink yang menegaskan warna favorit dari anak perempuan dari pasangan Gabi dan Elok. Dinding kamar mengaplikasikan custom wallpaper bergambar karakter Barbie yang merupakan tokoh kartun favorit dari Sang anak. Kamar tidur anak tersebut juga mempunyai koneksi langsung yang menghubungkan dengan kamar tidur utama.

    Beralih menuju area lantai atas dari rumah dengan total 5 kamar tidur tersebut, terdapat sebuah ruang keluarga dengan desain yang mempunyai karakter lebih kuat dan tampilannya yang begitu cantik. Ruang keluarga pada lantai atas tersebut mempunyai kesan lebih private. Sofa set bergaya modern terletak di depan sebuah rak televisi yang didesain menyerupai sebuah tungku perapian ala rumah Eropa. Konsep dekorasi bergaya Eropa juga begitu kuat ditampilkan dari sisi ruang penghubung antara ruang tamu atas dengan balkon. Desain jendela khas Eropa yang menjorok keluar difungsikan sebagai tempat duduk dan bersantai sembari menikmati view menuju balkon luar. Pada area balkon sendiri lebih difungsikan sebagai area bersantai dan berolahraga Sang istri. Dilengkapi dengan sofa rotan gantung dan alas rumput sintetis, semakin membuat area outdoor tersebut begitu cantik dan nyaman. “Kalau untuk area balkon atas ini memang menjadi salah satu area favorit di rumah ini. Untuk sekarang ini lebih banyak saya gunakan untuk berolahraga. Kebetulan saya hobi olahraga yoga. Kadang juga mengajak teman-teman juga untuk yoga bareng di sini. Kebetulan di sini kan lokasinya juga nyaman, tenang dan udaranya masih sejuk membuat teman-teman juga betah kalau olahraga di sini,” pungkas Elok mengakhiri perbincangan. Farhan-red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain