Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Inspirasi Desain Taman Dalam Rumah

    taman dalam ruang
    taman dalam rumah
    taman interior
    rumahjogja indonesia

    Setiap orang selalu mendambakan huniannya nyaman, sehat, sehingga memberikan manfaat yang lebih untuk penghuninya. Hunian yang nyaman tak lepas dari beberapa unsur, misal penghawaan, kelembaban, pencahayaan, tata ruang, tata letak ruang, interior, dan elemen-elemen lainnya. Untuk edisi kali ini kami menulis tentang taman dalam rumah. Sebagai elemen ruang yang terintegrasi dengan ruang lain, sehingga tercipta hunian yang nyaman.

    Menghadirkan unsur alam di dalam rumah adalah pilihan yang tepat, rumah akan terkesan bersinergi dengan ruang luar, atau batasan antara ruang dalam dan luar tidaklah mutlak. Taman dalam rumah bisa sebagai unsur interior yang saling bersinergi dengan unsur interior yang sifatnya solid. Yang demikian ini akan terasa tidak kaku, si penghuni rumah bisa menikmati landscape tanpa harus berlama-lama di luar rumah.

    Hadirnya taman dalam rumah juga akan memberikan kesegaran udara, ruang yang terbuka di dalam rumah akan lebih mudah menyalurkan udara melewati ruang-ruang rumah. Udara tidak terjebak dalam rumah, dan udara yang mengalir akan mereduksi hawa panas yang kerapkali terjebak di sudut-sudut ruang. Unsur tanaman juga akan mengikat karbon monoksida (C02) menjadikan Oksigen (O2) yang sangat kita butuhkan untuk bernafas.

    Tentu meletakkan taman dalam rumah perlu dipertimbangkan dengan luasan tanah yang kita miliki. Akan lebih mudah apabila kita mempunyai tanah yang luas, taman dalam rumah juga harus mempertimbangkan pemilihan materi pembentuknya, misal pemilihan tanaman, penggunaan unsur air, batu dan lain-lain . Dalam istilah arsitektur sering disebut softscape dan hardscape. Untuk informasi tentang taman dalam rumah akan kami berikan tips sebagai berikut:

    PELETAKAN TAMAN
    Letakkan taman dekat dengan ruang utama yang terintegrasi dengan dapur dan ruang kamar apabila memungkinkan dengan mempertimbangkan luas lahan dan kebutuhan ruang lainnya. Biasanya ruang utama memiliki dimensi yang paling besar dari ruang lainnya. Letakkanlah saling berdekatan, sehingga udara yang keluar dan masuk memiliki volume yang besar demikian juga dengan pencahayaan. Rumah akan terkesan memiliki hubungan yang erat terhadap alam luar dan saling bersinergi dan hemat energi serta dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga dikala ada kegiatan bersama.

    Taman dalam rumah yang terintegrasi dengan dapur sangat membantu dalam sirkulasi udara. Biasanya dapur terkesan sumpek dan panas karena memang kegiatannya untuk memasak, dengan adanya taman dalam rumah dapur akan terkesan luas dan bersih. Karena sirkulasi udara memungkinkan untuk membawa uap minyak,dan asap dikala beraktifitas dalam memasak.

    Pengaturan layout ruang dalam rumah yang baik juga memungkinkan taman dalam rumah dapat sekaligus diakses secara langsung melalui ruang-ruang kamar. Taman dalam rumah sebagai core yang menghubungkan dengan ruang-ruang lainnya. Memungkinkan juga taman dalam rumah diaplikasikan di setiap ruang, misal setiap ruang kamar memiliki taman dalam ruang, tak terkecuali kamar mandi. Tentu harus mempertimbangkan ketersediaan lahan.

    PEMILIHAN SOFTSCAPE & HARDSCAPE
    Selain pertimbangan estetika tanaman, pilihlah tanaman berakar tidak merusak, tanaman perdu yang hijau dan memproduksi oksigen banyak misal, Anggrek Tanah (neomarica gracillis), Dendron Jari (philodendron seulleoum), Palm Kuning (chrisalidocarpus luttescent),dan banyak lagi pilihannya. Akan lebih baik memilih tanaman yang daun maupun bunga tidak mudah rontok. Untuk ground aplikasikan dengan rumput supaya air hujan yang jatuh di area taman tidak membawa percikan tanah ke ruang maupun dinding sebelahnya. Untuk hardscape pilih material yang tidak banyak berongga, air akan terjebak kemudian lembab sehingga akan berlumut, apabila ingin membuat ornamen perkerasan usahakan tidak menyisakan tempat untuk air hujan tergenang, karena memungkinkan untuk berkembangnya jentik nyamuk. Apabila ingin mengaplikasikan kolam, buatlah kolam yang tidak dalam, air selalu mengalir dan gunakan filter plus pompa sirkulasi supaya air tetap bersih, dan menambah suasana alami bagi penghuni rumah.

    PERAWATAN TAMAN
    Tentu setiap ruang di dalam rumah perlu perawatan tak terkecuali taman dalam rumah. Sebelum menanam tanaman siapkan tanah gembur dengan pupuk, untuk menjaga agar tanaman tumbuh subur. Potong ranting yang tidak produktif secara berkala, jangan biarkan tanaman tumbuh liar agar taman terkesan bersih terawat bukannya menjadi seram, bersihkan pedestal, pot, dan hardscape lainnya secara berkala, untuk menghindari tumbuhnya jamur dan lumut. Ada baiknya semprotkan vitamin tanaman hias atau tanaman lainnya, selain menambah asyiknya beraktifitas didalam rumah, juga akan membuat tanaman tumbuh segar. Jangan lupa untuk mengaplikasikan lubang biopori agar air hujan yang jatuh dapat diserap oleh tanah dengan cepat dan tersimpan sebagai cadangan air permukaan. Untuk membuat taman dalam rumah perlu direncanakn secara matang, sesuaikan dengan kebutuhan ruang, prioritas ketersediaan ruang yang disesuaikan dengan luasan tanah, hingga regulasi dalam ketersedian lahan tidak diperkeras, dan tentu biaya.

    Demikian tips yang dapat kami bagi tentang taman dalam rumah, tentunya tidak bisa kami ulas secara lebih detail, dalam ruang yang terbatas ini, kami memberikan garis besarnya semoga bisa menjadi maanfaat untuk pembaca. lawangarep.com

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain