Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Inspirasi Penataan Ruang Keluarga

    model ruang keluarga
    desain ruang keluarga
    inspirasi ruang keluarga

    Setelah pada edisi lalu (Edisi 05 – red) kita telah membahas ruang tamu sebagai salah satu bagian dari rumah yang bersifat sedikit umum, kini kita akan mencoba mengurai ruang keluarga sebagai bagian yang lebih privat. Ruang keluarga biasanya terletak di tengah rumah berada di bagian rumah yang mudah untuk dijangkau oleh anggota keluarga. Peran ruang keluarga dalam sebuah rumah sebenarnya sangatlah penting. Ruang ini sebagai tempat berkumpul anggota keluarga untuk sekedar berkomunikasi, bercerita, dan saling mendekatkan diri. Tak heran jika banyak orang yang menata ruang tamu dibuat senyaman mungkin, agar betah berlama-lama duduk sambil berkomunikasi dengan anggota keluarga lainnya.

    Namun, dalam perkembangannya ketika kita membeli rumah dalah sebuah perumahan kadang ruang keluarga dibuat tidak menyendiri, biasanya akan digabung dengan ruang tamu atau ruang makan,hal ini dikarenakan keterbatasan lahan yang ada. Desain ruang pada rumah-rumah tipe kecil biasanya akan menerapkan pola hubungan antar ruang tanpa pembatas yang masif, hal ini untuk memperoleh kesan luas dari sebuah ruangan. Ruang makan merupakan salah satu contoh ruang yang sering dijadikan ruang keluarga, dalam rumah yang tidak menghadirkan ruang keluarga secara mandiri, karena di ruang makan anggota keluarga paling sering bertemu.

    Jika Anda sebagai salah satu orang penganut pentingnya kehadiran ruang keluarga secara mandiri,maka ada beberapa hal yang perlu Anda cermati saat akan membangun ruang keluarga yang nyaman.

    Tentukan Tema
    Membangun ruang keluarga seharusnya disesuaikan dengan karakter Anda dan keluarga. Pertama tentukan tema dan suasana yang akan dibangun. Tema dan suasana ini bersifat lebih personal, di mana mengacu pada kenyamanan anggota keluarga. Bisa bergaya minimalis, modern, klasik, atau mengkombinasikan dari beberapa gaya. Bagi Anda yang memiliki pergerakan dinamis, ruang keluarga bertemakan minimalis modern mungkin akan lebih cocok.

    Memilih dan Menata Furnitur
    Langkah ini penting untuk mewujudkan ruang keluarga yang sesuai harapan. Mengingat di pasaran ada banyak desain, maka ketika memilih furnitur sebaiknya sesuaikan dengan tema yang direncanakan. Pilihlah furnitur yang sesuai dengan luas ruang keluarga, jika ukuran furnitur terlalu besar akan mengakibatkan ruangan terlihat sempit dan sumpek. Maksimalkan pemilihan furnitur dengan sofa memanjang yang empuk untuk mendapatkan kenyamanan. Sofa memanjang ini selain dapat difungsikan sebagai tempat duduk juga dapat difungsikan sebagai tempat rebahan atau tiduran ketika menonton TV. Jika ingin lebih santai lagi, Anda dapat memberi sentuhan pada lantai berupa lantai kayu (parquet) atau karpet yang agak tebal sehingga menjaga bagian bawah tubuh Anda tetap hangat.

    Selain itu penggunaan karpet juga dapat memfasilitasi ruang bermain bagi buah hati Anda. Penambahan bantal lucu atau boneka pada sofa atau karpet dapat menjadi pemanis ruangan. Pilihlah furnitur yang menggunakan bahan-bahan yang nyaman saat digunakan sehingga akan membuat nyaman keluarga. Penempatan furnitur yang tepat akan berpengaruh pada kesan luas dan kelancaran sirkulasi penggunanya.

    Mendekorasi Ruang Keluarga
    Untuk menambah kesan hangat, intim dan nyaman sebuah ruang keluarga perlu ditambahkan beberapa aksesori di beberapa sudut ruangan. Kehadiran eksesori ini berguna untuk mendekorasi ruangan agar tidak terlihat hambar dan sepi. Pada bagian dinding misalnya, saat pembangunan bisa diberikan ukiran atau kombinasi dengan batu-batu alam untuk menghadirkan suasana alami, atau menghadirkan beberapa lukisan untuk menambah art dan keindahan ruangan. Pemasangan foto-foto keluarga yang ditata begitu apik juga dapat menjadi alternatif hiasan dinding. Sedangkan untuk menghadirkan kesan yang lebih luas gunakan aksesoris kaca pada salah satu sudut ruangan. Jangan takut menghadirkan aksesori dalam sebuah ruangan. Kehadirannya akan semakin memeriahkan, yang penting atur proporsinya. Jika Anda memiliki ruang keluarga yang cukup luas, dapat menghadirkan taman atau kolam kecil di salah satu sudut ruang tamu.

    Hijaunya taman atau gemercik air kolam akan menambah kenyamanan saat berkumpul keluarga. Selain mendekor ruang keluarga dengan dengan berbagai aksesori di atas, salah satu aksesori penunjang suasana dalam ruang keluarga yang nyaman adalah hadirnya audio-visual. Peralatan audio-video merupakan salah satu aksesoris pelengkap yang dapat menunjang suasana nyaman di ruang keluarga. Untuk menempatkannya, pikirkan dari awal penataan ruang. Ini menyangkut keberadaan jaringan kabel listrik dan audionya. Sebaiknya peralatan video-audio player ditempatkan di salah satu area dinding yang melebar. Ini agar film yang diputar bisa dinikmati bersama tanpa halangan.

    Cahaya Ruang
    Penataan cahaya yang tepat dalam sebuah ruang keluarga akan menambah keindahan ruang tersebut. Berbagai suasana dapat diciptakan dengan penataan cahaya yang tepat. Penggunaan bukaan-bukaan besar pada jendela atau pintu merupakan salah satu cara pencahayaan yang lebih alami. Cara ini akan memaksimalkan cahaya dari matahari. Konsep pemaksimalan cahaya alami, saat ini merupakan salah satu cara pencahayaan yang sedang banyak diminati. Banyak perumahan saat ini tengah mempopulerkan gaya pencahayaan seperti ini. Namun, untuk semakin memperindah ruangan, terutama saat malam hari, dapat menambahkan berbagai macam lampu sesuai keinginan dan tema yang dipilih. Jika ingin cahaya yang terang merata, pasang lampu downlight yang memiliki dimmer agar dapat diatur tingkat terang-gelapnya. Tambahkan titik-titik lampu yang menyorot objek yang ingin di-blow up agar keindahannya makin menonjol.

    Hubungan Antar Ruang
    Letak ruang keluarga biasanya akan terkoneksi dengan beberapa ruangan lainnya. Di ruangan ini biasanya anggota keluarga berkumpul. Satu cara agar membuat ruang keluarga lebih terlihat luas adalah dengan menghilangkan batas-batas visual yang menghubungkannya dengan ruang lain. Dinding adalah pembatas yang paling umum untuk membatasi ruang. Jendela pun bisa jadi pembatas ruang, jika memang difungsikan juga sebagai area sirkulasi. Dalam perkembangannya pembatas ruang lebih banyak menggunakan kisi-kisi dari kayu, dimana pola hubungan antar ruang masih terlihat, sehingga terkesan lebih luas. Misalnya saja penggunaan rak kayu yang berongga. Selain dapat memajang buah tangan atau koleksi Anda, dapat difungsikan sebagai sekat antara ruang tamu dengan ruang keluarga. Rak berongga memberi efek luas karena dari ruang tamu kita bisa melihat ke dalam ruang keluarga, begitu pula sebaliknya. Jika Anda ingin suasana yang lebih privasi, Anda dapat menggunakan sketsel yang dapat ditekuk dengan tujuan ketika hunian Anda mendapat jatah acara sosial lingkungan seperti arisan, pengajian atau sembahyangan, Anda tidak perlu repot memindah perabot dan membuat ruangan menjadi luas.

    Pemilihan Warna
    Langkah ini penting, karena akan berpengaruh pada kenyamanan saat dipandang. Sesuaikan pilihan warna dengan kesukaan keluarga Anda, atau pilihlah warna-warna terang, seperti hijau, kuning, putih, abu-abu, atau orange. Jangan menggunakan warna-warna gelap karena akan membuat efek ruangan terlihat sempit. Selaraskan furnitur, aksesoris pengisinya, dan pewarnaan dinding untuk mendapatkan satu tema yang senada. Setelah memperhatikan beberapa unsur di atas, langkah selanjutnya adalah tergantung dari kreatifitas Anda. Permainan kombinasi antar unsur di atas akan mempengaruhi hasil akhir ruang keluarga yang akan Anda hasilkan. Pastikan ruang keluarga sesuai dengan karakter dan nyaman. Greg-Red

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior   Yuliana Pertamanan   Lawangarep Studio   Puri Desain   Holcim Solusi Rumah