Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Interior Rumah Ala British

    desain ruang tamu
    desain ruang keluarga
    desain dapur dan ruang makan
    rdesain kamar tidur

    Setahun belakangan tak jarang pernak-pernik, fashion, bahkan dekorasi rumah mengangkat tema vintage dan klasik. Model vintage dan klasik cukup dominan memadati pasar produk-produk yang ada di Indonesia. Salah satu style klasik yang banyak diminati yaitu style klasik milik British atau United Kingdom (UK). Elemen klasik yang dihadirkan dari bendera UK yang bernama Union Jack memiliki karakter bentuk dan warna yang cukup kuat dalam menghadirkan konsep klasik ala British. Tema rumah kali ini mengangkat tentang interior rumah ala British, di mana karaker UK dengan kuat dihadirkan dalam setiap elemen interior. Elemen tersebut diterapkan melalui icon UK dan warna bendera. Berikut beberapa contoh desain interior ala British yang diaplikasikan pada ruang tamu, ruang keluarga, dapur & ruang makan, dan kamar tidur.

    RUANG TAMU
    Ukuran ruang tamu yang kecil tidak menjadi masalah untuk mengolah ruang tamu yang nyaman dan sesuai konsep yang diinginkan pemilik rumah. Kuncinya ada pada perpaduan furnitur dengan material pendukung sebagai background ruang. Pada kasus ruang tamu bergaya British ini, menggabungkan suasana outdoor dan indoor secara bersamaan, bahkan nyaris tidak berbatas. Saat masuk ruangan, tamu akan disuguhkan view poster Big Ben dan 'pengikutnya' ditambah asesoris transportasi jadul ala Britania Raya dengan background dinding bata ekspos finishing cat putih. Menoleh ke kiri, tamu mendapat kejutan sofa merah yang cantik disandingkan lampu taman klasik, sudut ini memang dibuat membingungkan dengan perasaan antara berada di luar rumah atau di dalam rumah. Kesan ruangan bertambah hidup dengan keberadaan sepasang jendela besar yang memperkuat ciri khas bangunan di U.K. (United Kingdom).

    Selanjutnya jika menoleh ke kanan, terdapat kejutan yang berbeda lagi dari sebelumnya. Sudut ini merupakan ruang sisa sirkulasi yang dimanfaatkan sebagai ruang duduk tambahan. Latar belakang kayu Jati Belanda dengan finishing cat biru rustic dipadukan single sofa merah yang berdampingan dengan tumpukan koper lawas sebagai meja, membuat sudut ini menjadi point of interest di ruang tamu. Sentuhan dekorasi piring tembaga dan jam dinding klasik ala London menjadikan konsep ruangan semakin kuat. Rasa nyaman tetap menjadi prioritas disamping konsep yang menarik.

    RUANG KELUARGA
    Pada ruangan yang berfungsi sebagai tempat berkumpulnya anggota keluarga, mengusung Union Jack sebagai ornamen utama ruang, hal ini tampak dari penggunaan karpet dan single sofa ruang keluarga. Material credenza menggunakan box bekas peti kemas dari Jati Belanda yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi sebagai meja dan rak penyimpanan. Backdrop televisi juga menggunakan material yang sama dengan credenza.

    Sofa klasik warna merah dan dekorasi dinding poster-poster tulisan bertujuan untuk memberikan ruangan menjadi lebih santai dan hommy. Ada sedikit tambahan dekorasi lampu yang menjadi sentuhan klasik, yaitu lampu lilin yang berbentuk sangkar burung serta beberapa miniatur icon London, yaitu Big Ben dan miniatur bus. Pada salah satu sudut ruang keluarga diletakkan telephone box merah yang berfungsi sebagai ruang telepon di sebelahnya terdapat tumpukan koper lama yang sengaja dijadikan dekorasi ruang.

    DAPUR DAN RUANG MAKAN
    Area dapur menggunakan kombinasi tiga warna dasar Union Jack, yaitu merah, biru, dan putih. Material yang digunakan mayoritas kayu Jati Belanda yang difinishing cat. Dinding dapur dan ruang makan difinishing batu alam yang dibiarkan terekspos. Sedikit tambahan ornamen bendera U.K. pada pintu kabinet bawah kitchen set. Pemilihan warna kulkas menggunakan merah, senada dengan konsep ruangan dapur. Meja makan menggunakan kayu Jati Belanda yang difinishing cat dengan efek tembaga kebiru-biruan, dikombinasikan dengan puff bermotif Union Jack. Dekorasi lampu dinding taman yang menjadi penerangan meja makan memperkuat suasana santai pada ruang makan, sisi lain dinding dapur terdapat dekorasi jam dinding jadul yang cukup besar untuk mengontrol aktivitas di dapur dan ruang makan. Konsep ini dapat digunakan untuk menciptakan nuansa berbeda dari kebanyakan rumah tinggal.

    KAMAR TIDUR
    Ruang tidur yang dikelilingi dinding batu bata ekspos dengan finishing cat putih sebagai latar belakang ruangan. Tempat tidur berukuran queen dengan headboard yang terbuat dari kayu Jati Belanda yang disusun menyerupai peti kemas. Motif Union Jack tetap menjadi unsur utama dekorasi ruang tidur bergaya British ini, terlihat pada lukisan dan jam dinding bergambar Union Jack menghiasi ruangan. Area meja rias menggunakan meja klasik bermotif Union Jack dan dikombinasikan kursi berbentuk koper jadul, di sampingnya terdapat sofa baca untuk mewadahi aktivitas hobi pemilik rumah. Dekorasi cermin meja rias bernuansa klasik serasi dengan wardrobe putih biru. Konsep ini dapat menjadi alternatif pilihan membuat ruang tidur yang sesuai impian Anda. Selamat mendatangkan nuansa barat ala British di setiap sudut-sudut rumah Anda ! -ARCHIRA – Archsketch Cipta Inspira

    ARCHIRA – Archsketch Cipta Inspira
    Jl. Garuda 185B, RT 05/RW 30, Gejayan, Condongcatur, Depok,
    Sleman, Yogyakarta 55283
    Telp. 0274-882480
    email. archsketchstudio@gmail.com
    www.arsitekarchira.com

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain    Holcim Solusi Rumah