Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Jaga Rumah Anda Simas dengan Rumah Hemat ++

    Asuransi Sinarmas
    Asuransi Sinarmas

    Tidak ada seorangpun yang pernah tahu kapan bencana atau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Letak geografis Indonesia yang terletak di antara patahan Lempeng Eurasia dan patahan Lempeng Pasifik membuat sebagian besar wilayah Indonesia rawan bencana gempa bumi dan tsunami. Letusan gunung berapi, banjir serta kebakaran pun dapat mengakibatkan kerugian materi yang cukup besar. Bukan hanya itu, kriminalitas seperti pencurian dengan kekerasan/perampokan yang belakangan ini kerap terjadi juga menjadi ancaman yang perlu diwaspadai di lingkungan tempat tinggal kita. Meskipun bencana tidak pernah kita harapkan, ada baiknya jika kita meminimalisirnya dengan menggunakan jasa perusahaan asuransi.

    Salah satu perusahaan asuransi yang menyediakan berbagai jenis perlindungan adalah Asuransi Sinarmas. Salah satu perlindungan yang ditawarkan adalah perlindungan terhadap rumah tinggal, untuk itu pihak Asuransi Sinarmas meluncurkan produk terlengkap untuk rumah tinggal, yakni Simas Rumah Hemat ++. Simas Rumah Hemat ++ merupakan produk asuransi kebakaran yang memberikan perlindungan luas kepada tertanggung jika rumah tinggal yang diasuransikan mengalami kerugian/kerusakan akibat resiko yang dijamin oleh polis. “Polis Simas Rumah Hemat ++ dasarnya adalah kebakaran untuk tempat tinggal”, terang Eliana Kurniawati, AAAIK, Branch Manager Yogyakarta Agency.

    Simas Rumah Hemat ++ memberikan jaminan yang lengkap, yakni terdapat 14 jaminan yang diberikan kepada nasabah. Simas Rumah Hemat ++ melindungi rumah Anda terhadap resiko-resiko kebakaran, sambaran petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, asap, kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat, huru-hara, terorisme dan sabotase, banjir, kebongkaran dan pencurian, kecelakaan diri, biaya pengobatan, kerusakan yang tidak terduga, tanggung jawab pihak ketiga, biaya tempat tinggal sementara, biaya pembersihan puing, penambahan obyek pertanggungan, pengabaian penilaian pertanggungan, serta tertabrak kendaraan.

    Tidak hanya itu, jaminan dapat diperluas dengan premi tambahan terhadap resiko angin topan, badai, banjir, dan kerusakan terhadap air. Perluasan jaminan juga dapat dilakukan terhadap resiko gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, termasuk kebakaran dan ledakan akibat gempa bumi. “Dari ke 14 jaminan di atas resiko banjir dan gempa merupakan poin pilihan untuk jaminan yang lainnya sudah termasuk paket,” tambah Eliana. Untuk pemilihan jenis asuransi dianjurkan sesuai kebutuhan konsumen, misalnya untuk daerah yang tidak rawan banjir dan tidak rawan gempa dianjurkan memilih paket yang tidak menjamin banjir dan gempa.

    Selain bangunan, perabot dan perlengkapan rumah pun juga dapat diasuransikan. “Dalam asuransi memang yang diutamakan adalah building atau bangunan terlebih dahulu, akan tetapi jika nasabah ingin menambahkan perabotan untuk diasuransikan juga bisa kami layani nanti masuknya di polis Asuransi Kebakaran. Namun, tidak semua perabotan dapat diasuransikan. Hanya perabotan yang bersifat tetap saja yang dapat diasuransikan, misalnya meja, kursi, lemari, AC, TV, dan kulkas. Untuk perabot portable atau perabot yang mudah dibawa-bawa seperti laptop, perhiasan emas, dan kamera tidak dapat,” papar Eliana saat ditemui di kantornya.

    Besar kecilnya premi yang harus dibayarkan jika mengikuti Simas Rumah Hemat ++ tergantung dengan pemilihan paket pertanggungan. Jika Anda mengambil paket Simas Rumah Hemat ++ yang tidak menjamin banjir dan gempa suku premi adalah sebesar 1.10%, paket Simas Rumah Hemat ++ dengan perluasan banjir sebesar 1.6%. Rate untuk penambahan paket gempa bumi disesuaikan dengan zona EQ yang terdiri dari lima zona, yakni zona I (daerah sama sekali tidak rawan gempa) sebesar 0.85%, zona II (agak rawan gempa) 0.95%, zona III (mendekati rawan gempa) 1.15%, zona IV (pernah terjadi gempa) 1.35% dan zona V (sering terjadi gempa) sebesar 1.6%.

    Contoh Perhitungan Premi (per tahun)
    Paket Simas Rumah Hemat ++ dan banjir (1.6%)
    Nilai Pertanggungan
    Bangunan Rp. 75.000.000
    Perabot Rp. 25.000.000
    Total Rp. 100.000.000
    Nilai Premi: Rp. 100.000.000 x 0,16% + Rp. 31.000 (biaya administrasi dan materai) = Rp. 191.000/tahun.

    Untuk perhitungan besarnya nilai jaminan bangunan tergantung oleh konsumen, Eliana menjelaskan lebih lanjut, “Kami hanya menentukan logis atau tidaknya untuk penentuan nilai tergantung konsumen. Konsumen harus up to date sesuai dengan harga pasarnya. Dalam asuransi dikenal prinsip under insurance (dibawah harga pertanggungan), misalnya nilai bangunan sebenarnya 1 milyar akan tetapi konsumen mengansuransikan di bawah itu misalnya 300 juta. Pada prinsipnya asuransi tersebut kami terima, namun efeknya apabila terjadi klaim maka ganti rugi akan diperhitungkan secara proporsi, sehingga penggantian akan lebih rendah sesuai nilai yang diajukan. Kita akan sarankan sesuai dengan harga pasarannya”, ucapnya.

    “Untuk rumah yang dijaminakan dapat dalam komplek perumahan atau rumah-rumah dalam perkampungan. Untuk komplek kampung harus rumah-rumah yang memiliki jalan sehingga mobil pemadam kebakaran masuk minimal selang pemadam masuk. Kalau untuk komplek rumah sempit agak susah untuk mengajukan asuransi, karena kalau kompleks yang sempit terkait dengan klaim pemohon. Untuk itu ada syarat yang memang kami keluarkan terkait klaim”, tambah Eliana.

    Siapa saja boleh menjadi pemohon Simas Rumah Hemat ++, tidak hanya pemilik rumah tetapi penyewa rumah pun (rumah kontrakan) dapat mengajukan asuransi. “Dalam asuransi kita mengenal prinsip insurance interest, yakni siapa yang mempunyai kepentingan, contoh misalnya jika terjadi kebakaran tentunya si pemilik rumah yang rugi, resiko tersebut tentunya ditanggung sendiri oleh yang punya rumah. Untuk itu tidak ada salahnya jika pemilik rumah sendiri mengajukan asuransi. Kemudian antara penyewa dengan yang menyewakan untuk insurance interest dituangkan dalam perjanjian sewa. Untuk nilai asuransinya pun sesuai dengan nilai kontrak rumah tersebut”, terang Eliana panggilan sehari-harinya.

    Banyak keuntungan yang diperoleh ketika mengikuti program Simas Rumah Hemat ++ ini, diantaranya adalah premi yang murah mulai dari harga di kisaran 100 ribu per tahun, jaminan yang luas dalam satu paket asuransi, pembayaran klaim yang sangat cepat serta kemudahan pembayaran premi asuransi. Prosedur pengajuan klaim asuransi pun sangat mudah dan tidak terlau ribet. “Jika terjadi musibah customer diharapkan segera menghubungi kantor cabang PT. Asuransi Sinarmas terdekat, atau bisa lewat SMS, telepon, BBM atau e-mail. Setelah konsumen melapor, pihak kami akan melakukan survey lokasi untuk melihat kondisi apa saja yang mengalami kerusakan. Untuk tugas klien diminta menyiapkan berita acara misalnya jam sekian, tanggal sekian terjadi kebakaran dimana, dsb, selanjutnya klien juga harus merinci RAB yakni apa saja yang rugi berapa nilainya, contohnya terkadang tidak semua bangunan terbakar misalnya hanya bagian dapur saja. Karena pada prinsipnya Asuransi adalah mengembalikan ke posisi sesaat sebelum terjadi kerugian”, ungkap Eliana diakhir perbincangan. Yanti – red

    PT. ASURANSI SINAR MAS
    Yogyakarta Agency

    Jl. Wates Km 2, Wirobrajan
    (dekat Soto Kadipiro), Lantai 3
    Yogyakarta

    Contact Person:
    Eliana (08812728899 / 08121564032)
    Sisca (08812343836 / 085786653115)
    Unang (085740530318)

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain