Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Karya Seni dari Rudjito Glass

    Beragam hasil karya seni Rujdito glass and craft
    Galery Rudjito glass and craft
    Ragam model Venetian mirror
    Aneka hiasan hasil karya Rudjito glass and craft
    H. Bambang Rudjito

    Sisi interior pada sebuah bangunan menjadi salah satu aspek penting yang dapat digunakan sebagai parameter penilaian terhadap value dari bangunan tersebut. Berbagai aspek dalam interior sendiri seperti denah dan desain ruang, lantai, dinding, plafon rumah, dan tidak terkecuali pemilihan furnitur dan hiasan ruang. Dahulu, bahan kayu menjadi pemilihan utama untuk membuat berbagai furnitur pada interior sebuah bangunan. Hal tersebut yang menjadi inspirasi H. Bambang Rudjito untuk menekuni bidang glass work sebagai pilihan alternatif bagi pecinta glass art dalam memilih furnitur dan hiasan bangunannya.

    Banyak desain-desain yang sebenarnya adalah desain dari media lain seperti kayu yang berhasil diterapkan pada media kaca. Workshop yang terletak di Jalan Songgobumi 10-12, Dusun Manang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah ini menawarkan bermacam-macam glass work mulai dari meja cermin rias, kursi serta meja makan, lampu gantung, lukisan, hingga berbagai pernak-pernik dan souvenir yang semua berbahan dasar dari kaca. Untuk produk berdasarkan motif ornamennya sendiri terdapat berbagai macam seperti Venetian Mirror, Classic Mirror, Batique Mirror, Antique Mirror, Ethnic Mirror, Mozaic Glass Mirror, Stand Mirror,Stained glass, dll.

    Workshop yang mulai berdiri sejak tahun 1988 dan telah memasuki generasi keempat ini menawarkan bahan baku kaca unggulan dari produsen Asehimas Glass. “Semua produk kita menggunakan bahan baku terbaik dari Asehimas Glass, jadi untuk kualitas dan ketahanan produk saya berani diadu dengan produksi Tiongkok yang sekarang mulai menginvasi pasar dalam negeri”, ungkap Bambang.

    Untuk standar produk sendiri, Rudjito Glass memakai bahan baku dengan ketebalan kaca 5 mm untuk perabotan seperti kursi, meja, dan cermin rias. “Untuk cermin rias kita punya ukuran standar yaitu 140 cm x 160 cm dengan rangka kayu, namun tidak menutup kemungkinan apabila konsumen menginginkan desain, ukuran, dan spesifikasi sesuai dengan keinginannya sendiri akan tetap kita layani karena proses pengerjaan di workshop ini masih handmade”, ujar pria yang sempat bekerja di kapal pesiar tersebut.

    Ditambahkan Bambang, untuk pemesanan produk sendiri dengan sistem made by order. Jadi konsumen datang ke workshop untuk memilih dan berkonsultasi mengenai desain dan produk yang akan dipesan, setelah itu baru akan dimulai proses pengerjaannya. Untuk proses pengerjaan sendiri memakan waktu kurang lebih 1 minggu per item tergantung tingkat kerumitan dan ukurannya.

    Untuk satu buah produk harus melalui 17 tahap pengerjaan yang semuanya dikerjakan handmade, mulai dari desain hingga barang terbungkus packing. Lalu setelah produk pesanan jadi dan melalui quality control, barang akan langsung dikirim ke alamat pemesan. Workshop ini juga memberikan free ongkos kirim meliputi pengiriman ke seluruh daerah di Jawa dan Bali. “Harga di sini sudah termasuk biaya pengiriman ke seluruh daerah di Jawa dan Bali, untuk daerah lain ada tambahan biaya pengiriman”, tambah Bambang. Harga produk glass work Rudjito Glass bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah tergantung dari tingkat kerumitan pengerjaan dan ukuran barang itu sendiri. Untuk kapasitas produksi dari workshop ini dapat mencapai 500 unit per bulan.

    Rudjito Glass and Craff mempekerjakan kurang lebih 80 karyawan, mulai dari desainer hingga pekerja pada proses packing, pengiriman, serta pemasangan. Hal tersebut tidak lepas oleh pengerjaan yang masih handmade sehingga membutuhkan tenaga kerja dengan jumlah yang cukup banyak. Satu hal yang cukup menyita perhatian dari prinsip kerja “Maju Bersama” yang diterapkan oleh Bambang, bahwa karyawan yang sudah mahir dalam hal glass work akan ia persilahkan untuk membuka usaha sendiri, sehingga dengan begitu akan menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak lagi bagi masyarakat. “Pokoknya setiap karyawan di sini yang sudah mahir akan saya persilahkan kalo mau buka workshop sendiri. Nanti untuk awal akan saya berikan modal dan saya carikan orderan”, cerita Bambang.Sampai saat ini sudah ada kurang lebih 6 orang mantan karyawannya yang telah berhasil membuka usahanya sendiri di bidang glass work seperti Rudjito Glass and Craff.

    Pemasaran produk dari Rudjito Glass ini mulai dari pasar dalam negeri pada saat awal berdirinya workshop ini. Strategi door-to-door marketing berjalan selama lebih dari 2 tahun sejak 1988. Setelah mulai memperoleh respon positif pada pasar lokal, kemudian Bambang mulai mengikuti berbagai event pameran berskala nasional maupun internasional untuk memamerkan produk-produk dari Rudjito Glass. Dari situ produk-produknya mulai dilirik pasar internasional. Hingga pada akhirnya sekitar tahun 2004 produknya mulai di ekspor ke beberapa negara.

    “Tahun 2004 kami mulai ekspor produk ke beberapa negara, bahkan bisa dibilang untuk pasarnya lebih banyak ke luar daripada pasar lokal. Namun beberapa tahun terakhir pasar ekspor mulai berkurang seiring dengan invasi produk dari Tiongkok yang merajalela”, ujar Bambang.

    Hasil karya produksi Rudjito Glass sendiri sudah menghiasi berbagai interior ruangan di sebagian besar hotel kelas atas yang ada di daerah Solo dan Yogyakarta. Hampir seluruh hotel besar di Solo menggunakan produk dari workshop ini untuk glass worknya. “Memang sebagian besar hotel-hotel berbintang yang ada di Solo ini sudah langganan sama kita untuk produk dari kacanya. Lalu juga ada beberapa hotel di Jogja juga menggunakan produk kami”, ujar owner Rudjito Glass itu. Selain hotel, banyak juga konsumen yang memesan produk kaca untuk memenuhi kebutuhan rumah pribadinya.

    Pada akhir perbincangan, Bambang menambahkan bahwa dengan bahan baku terbaik yang digunakan pada proses produksinya, ia berani memberikan garansi minimal 10 tahun untuk produknya tersebut. “Kalau garansi saya berani berikan minimal 10 tahun untuk produk kami, yang penting bukan karena human error dan rutin perawatannya”, tuturnya sembari menutup perbincangan. Farhan-red

    Rudjito Glass and Craff
    Office/Factory:
    Jl. Songgobumi No. 10 – 12, Ds. Manang,
    Kec. Grogol, Kab. Sukoharjo,
    Solo, Jawa Tengah
    Phone: (0271) 744421, 744251
    Fax: (0271) 710576
    Email: rgcsolo@yahoo.com /
    bambang@rudjito-glass.com
    Website: www.rudjitoglass.com

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain