Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Merencanakan Hobi Sehat di Rumah Pensiunan

    Contoh lingkungan rumah yang cocok diterapkan untuk pensiunan
    Contoh kamar tidur untuk desain rumah
    Contoh ruang makan & dapur untuk desain rumah
    Contoh pemanfaatan ruang luar untuk area yoga
    Contoh Konsep Cafe Terbuka

    Suatu keberuntungan dan impian di saat memiliki tanah area hunian yang besar bagi penghuni yang bertujuan untuk menghabiskan masa tua (pensiun) atau tidak produktif. Tetapi melewati keseharian tanpa kegiatan positif pada jangka waktu tertentu akan menimbulkan dampak bosan dan pikun, sehingga disarankan untuk mencari kegiatan yang positif. Tipikal pensiunan akan menekankan pada kesehatan dan kegembiraan.

    Merancang sebuah hunian untuk para pensiunan di lingkungan urban harusnya mempertimbangkan aspek yang mempengaruhi psikologi mereka yang menyangkut pikiran positif, aktifitas fisik, spiritual dan sosial, dan bersosialisasi. Secara psikologis menerapkan aspek rekreatif seperti hobi dalam desain bangunan akan menghilangkan rasa kesepian dan akan menstimulus agar berinteraksi dengan baik terhadap lingkungannya.

    Berpikir positif
    Berpikir positif dibutuhkan setiap individu khususnya orang yang telah lanjut usia untuk menunjukan kondisi psikologis yang positif terhadap dirinya, dengan demikian berpikir positif dapat meningkatkan harga diri yang tinggi, dapat menerima keadaan dirinya, memandang dirinya secara positif dan dapat menyesuaikan diri terhadap keadaan yang dihadapi setiap hari.

    Aktivitas fisik dan psikis
    Perlu diberikan cara untuk dapat mengatasi kondisi stress, seperti rekreasi, yoga, ataupun meditasi. Sehingga dibutuhkan ruang-ruang yang dapat mewadahi aktivitas-aktivitas jasmani dan rohani dalam hunian.

    Kegiatan Spiritual dan Sosial
    Kegiatan ini sangat diperlukan untuk orang yang telah mengalami lanjut usia dalam sebuah hunian yang membuat mereka merasa rileks dan enjoy. Perpaduan antara kedua bidang ini akan membuat mereka tetap bahagia, karena apabila pada masa tua setiap individu dapat tetap aktif dalam kegiatan sosial dapat dikatakan bahwa mereka akan lebih bahagia.

    Bersosialisasi
    Individu yang telah memasuki masa tua cenderung memiliki mental dan kemandirian yang menurun, sehingga diharapkan mereka dapat tetap menjaga status mental dan kondisi yang baik dengan banyak bersosialisasi.

    STUDI KASUS - (Design Proposal di area Jl Bener, Yogyakarta)
    Berawal dari keinginan seorang klien untuk memiliki hunian yang dapat dinikmati selama masa pensiunnya, dengan menerapkan hobi yang sekaligus juga dapat difungsikan menjadi sumber penghasilan. Pada era abad 21, hidup ditengah urban yang serba cepat dan tekanan mental yang tinggi membuat tingkat kestress-an menjadi meningkat. Kehadiran akan tempat-tempat untuk merileksasikan jasmani dan rohani sangat dibutuhkan. Yoga merupakan salah satu hobi yang ditekuni oleh klien, karena hidup dalam lingkungan yang sehat selama masa tua merupakan hal yang diinginkan oleh klien. Hunian di desain secara mix use dengan menambahkan fungsi lain dalam bangunan seperti area yoga dan healthy cafe yang menjual menu buah-buah segar.

    Desain Ruang Yoga
    Dalam mendesain sebuah ruangan Yoga ada beberapa poin yang harus diperhatikan
    1. Pemilihan zona perletakan ruang yang jauh dari sumber kebisingan.
    2. Pemilihan warna yang lembut serta material yang natural untuk dekorasi yang dapat membawa kedamaian dan mampu menenangkan pikiran seperti warna biru muda, cokelat susu, hijau paduan, dan warna-warna pastel akan memberi efek menenangkan pada ruang yoga.
    3. Untuk menunjang akitivitas di dalam ruang yoga, menghadirkan wewangian dengan elemen aroma terapi sangat dibutuhkan, seperti wewangian dalam bentuk lilin atau dupa. Dengan menghadirkan lilin aroma terapi dalam ruangan akan menciptakan nuansa kalem, damai, dan juga dapat memberi kesan hangat.
    4. Menghadirkan tanaman hidup atau sentuhan alam pada area yoga akan membawa unsur alami pada area yoga.
    5. Menggunakan karpet, alas, atau bantal duduk yang nyaman akan membuat orang merasa lebih rileks untuk duduk selama beberapa jam tanpa terlalu banyak bergerak.
    6. Memasang pencahayaan yang dapat membuat rileks pada ruang interior yang dapat menciptakan atmosfer yang menenangkan dan tidak mengganggu konsentrasi.

    Merancang sebuah hunian untuk para pensiunan harus memperhatikan aspek psikologi Menurut penelitian kehidupan seorang yang telah pensiun akan mengalami beberapa fase dalam hidup mereka yang membuat mereka cenderung menarik diri dari lingkungan sosial. Kehidupan yang jauh dari aktivitas sosial yang mereka alami mengakibatkan mereka merasa tersingkirkan sehingga kebanyakan dari mereka akan memilih untuk melakukan lebih banyak aktivitas di dalam lingkungan hunian mereka sendiri. Tantangan dalam desain adalah bagaimana menghadirkan sebuah hunian yang dapat menampung setiap aktivitas yang dibutuhkan seorang yang sudah mengalami masa tua bukan merupakan hal yang mudah. Ada banyak aspek yang dipertimbangankan, baik secara psikologis maupun tingkat kenyamanan hunian.

    Kebutuhan hidup seorang yang telah mengalami masa pensiun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kebutuhan manusia pada umumnya seperti kebutuhan fisik, kebutuhan ketentraman, kebutuhan sosial, harga diri dan aktualisasi diri. Seorang pensiunan juga berpotensi mengalami gangguang stress dikarenakan terjadinya perubahan aktivitas yang dialami setelah fase produktif dalam kehidupan mereka. Ditambah lagi kehidupan yang dialami di lingkungan urban yang berjalan serba cepat akan mempengaruhi psikologi mereka. Untuk menghindari masalah-masalah tersebut perancangan sebuah hunian yang layak bagi para pensiunan merupakan hunian yang dapat merespon akivitas di masa pensiun mereka. Menghadirkan sebuah hunian yang ditujukan kepada orang yang telah lanjut usia bukanlah hal yang mudah.

    Desain Healthy Cafe (Khusus Buah-buah segar)
    Sebuah lahan yang memiliki beberapa jenis fungsi kegiatan harus di desain secara komprehensif sehingga alur aktifitas dan setting tempat kegiatan dapat saling mendukung satu sama lain. Healthy cafe di desain dengan konsep terbuka dan memaksimalkan vegetasi sebagai dekorasi sehingga menyeimbangkan konsep area yoga yang terbuka dengan halaman. Di bawah ini beberapa pertimbangan saat mendesain cafe dengan konsep terbuka :

    1. Area Hijau
    Menyegarkan suasana cafe dapat dilakukan dengan cara menempatkan vegetasi taman yang lucu dan unik ke dalam ruang. Vegetasi taman yang dapat diletakkan adalah beberapa tanaman herbal dan hijau pada sudut cafe dan juga vas besar dengan bunga yang beragam di dalamnya. Hal ini dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan segar dalam jangka waktu lama.

    2. Tempat duduk nyaman
    Sebagai pemilik cafe kita dapat membuat suasana nyaman dengan menempatkan beberapa tempat duduk yang berkesan romantis untuk mendukung suasana interior.

    3. Efek ruangan luas
    Perencanaan cafe harus dapat menjaga ketersediaan luasan ruang sehingga nyaman untuk dapat bersirkulasi, memberikan pelayanan dan menikmati ruang.

    4. Material Penutup Semi Permanen
    Walaupun konsep cafe terbuka tetapi kenyamanan pengunjung tetap menjadi yang utama, disaat berhadapan dengan perubahan cuaca, hal yang dapat di antisipasi adalah dengan penggunaan material penutup semi-permanen. Material penutup semi permanen dapat berupa kanopi, kisi-kisi yang terbuat dari bahan kayu dan sumbrella.

    5. Perabotan
    Perabotan yang dipilih harus terlihat ringan, mudah dipindahkan dan dibersihkan karena layout di dalam cafe sebaiknya bersifat fleksibel.

    6. Material Lantai
    Pemilihan kombinasi material pelapis lantai dapat meningkatkan kenyamanan pengunjung saat berada didalam cafe, sebagai contoh adalah kombinasi penggunaan kayu, keramik outdoor dan bebatuan.

    7. Bar
    Bar diperlukan meningkatkan suasana dekorasi dan pelayanan kepada pelanggan menjadi lebih cepat.-Amata Desain

    Amata Desain
    Jl. Jlagran Lor No. 5, Yogyakarta 55272
    Info : 081220950015
    Email : amatadesain@gmail.com
    website : www.amatadesain.com

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain