Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Model & Desain Perumahan Jogja Di Penjuru Jogja Timur dan Kota

    Desain Perumahan Jogja
    model perumahan Jogja
    contoh perumahan di Jogja

    Lokasi adalah embrio dari penciptaan konsep kawasan sebuah perumahan. Faktor lokasilah yang menentukan konsep hunian maupun kawasan yang hendak dibangun. Jika seorang developer mendapatkan lahan yang berada tepat di pinggir jalan raya, maka konsep kawasannya akan berbeda dengan perumahan yang lokasinya jauh dari jalan raya. Karena jika perumahan berada di tengah kota, akan sulit untuk mendapatkan lahan yang luas. Oleh karena itu, tak sedikit developer membikin konsep cluster, dengan jumlah kavling yang cukup memadai untuk disebut sebuah kawasan perumahan. Dalam kesempatan kali ini, Redaksi memberikan beberapa gambaran gaya dan rupa beberapa kawasan hunian di lima penjuru kota Jogja, baik sisi utara, sisi timur, sisi selatan, sisi barat, serta tengah kota (dalam ringroad).

    HUNIAN MODERN TROPIS DI TIMUR KOTA
    Masuk dari sisi timur kota Jogja, PT Sumber Baru Residence sebagai developer yang jeli melihat potensi sisi timur Jogjakarta ini. Terbukti developer ini berani berkomitmen memberikan sebuah kawasan hunian yang membidik target kelas menengah atas dengan konsep yang eksklusif dengan nama Laguna Spring Jogja. Menyebut nama Laguna Spring Jogja, masyarakat akan menjumpai sebuah kawasan hunian dengan segala keunggulan melampaui hunian di kelasnya. Perumahan Laguna Spring Jogja ini terletak di tepi jalan raya poros ringroad timur dengan jalan raya Jogja – Wonosari. Keuntungan lokasi ini berada di kawasan strategis dan berkembang Jogjakarta. Hanya 12 menit dari Bandara Adisucipto, akses transportasi bebas macet karena terhubung akses ringroad dan jalan – jalan alternatif lainnya. Dekat dengan lingkungan kampus seperti Universitas Atmajaya, UPN, STIE YKPN, UII, UIN, tak jauh pula dari pusat perbelanjaan Plaza Ambarukmo, dekat kawasan perhotelan semisal Hotel Royal Ambarukmo, Grand Quality Hotel, Sahid Raya Hotel, Jayakarta Hotel, dan Sheraton Mustika Hotel.

    Laguna Spring Jogja menyediakan tipe Casablanca , tipe Lavender, dan tipe Special Design. Kavling terkecil dengan luasan bangunan standar 115 m² dan luasan tanah 128 m² dinamakan tipe Casablanca A, ditawarkan dengan kisaran 874 jutaan dan kavling dengan luasan tanah 120 m² dinamakan tipe Casablanca B ditawarkan dengan kisaran harga 848 jutaan. Untuk luasan bangunan standar 138 m² dan luasan tanah 160 m² dinamakan tipe Lavender A dan atau kavling dengan luasan tanah 150 m² dinamakan tipe Lavender B sudah sold out. Dengan rancangan Arsitek dan Desain Interior Ternama Indonesia, dipastikan hunian Anda menemui kesesuaian tata ruang yang rapi dan fungsional, sirkulasi udara yang bagus, menjadikan kenyamanan dan kesejukan di dalam rumah. Antara lain ketentuan mengenai tinggi bangunan, jumlah lantai, dan dinding pembatas samping, sampai konsep hunian tanpa pagar depan rumah.

    Untuk tipe Casablanca, konsumen akan mendapatkan kavling tipe 115, adapun denah standarnya yakni di lantai dasar berupa sebuah carport, 1 kamar tidur yang berdampingan dengan kamar mandi/wc dengan level lantainya lebih rendah, sebuah ruang makan, dan di bagian belakang terdapat dapur, kamar pembantu beserta kamar mandinya. Penempatan ruang makan sekaligus ruang keluarga di sini nampak sekali pengoptimalan fungsi ruang dan fungsi estetikanya. Ruangan tersebut didesain sedemikian rupa menghadap ke sebuah view taman belakang dan berada tepat di antara ruang tamu, kamar tidur, dan dapur. Naik ke lantai 2, konsumen akan menemui 1 kamar tidur anak dan 1 kamar tidur utama include dengan kamar mandi dalam dengan view taman halaman depan, serta sebuah kamar mandi/wc. Sekilas dari bentuk fasadnya, tampak sekali perumahan berkelas ini mengusung konsep Tropical Home with resort atmosphere, hasil rancangan seorang arsitek ternama Indonesia. Konsumen akan menemukan hunian hijau bergaya resort dengan tata ruang fungsional untuk memaksimalkan kenyamanan yang dikemas dalam kemewahan. Cukup jelas terlihat dari sisi fasad bangunan, hunian di Laguna Spring Jogja banyak digunakan bukaan-bukaan untuk kelancaran sirkulasi udara, serta penggunaan material kaca untuk memaksimalkan pencahayaan terutama di siang hari. Untuk rangka atap, digunakan baja ringan/bluescope dan ditutup dengan genteng beton. Dengan struktur bangunan beton bertulang, berpondasi batu kali dan foot plate serta dinding batu bata yang dibalut dalam cat Mowilek/setara. Untuk lantai digunakan Granite tile 60 x 60, digunakan pula material alam yakni panel Jati finishing melamine untuk pintu dan jendela utamanya. Untuk kusennya bisa digunakan kayu atau alumunium powder coatting warna kayu dengan pintu kamar tidurnya digunakan molded panel.

    Laguna Spring Jogja dengan total 71 unit rumahnya berada di atas lahan sekitar 1,5 hektar ini, mengedepankan rancangan arsitektural dengan nuansa tropis minimalis, bentuk atap limasan, yang menjadi ciri khasnya. Semua rumah yang dipasarkan dirancang dan dikembangkan dengan memperhatikan aspek-aspek ramah lingkungan, misalnya saja menggunakan material bangunan yang berkualitas dan sesuai dengan kategori green product. Untuk sanitasi berupa produk Toto/setara, untuk kebutuhan air bersih dari PDAM dan dibekali kapasitas listrik PLN sebesar 2200 VA. Dari tatanan denah standarnya, ruang keluarga dibuat luas dan terpisah dengan ruang tamu sedangkan di lantai 2 digunakan untuk ruang-ruang yang lebih private. Rumah di Laguna Spring Jogja salah satu contoh ideal aplikasi hunian dengan organisasi ruang yang menawan. Fasilitas di Laguna Spring Jogja ini sangatlah mendukung, dengan jalan lingkungan 9 meter, konsep penataan lingkungannya pun dibuat alami hijau dan rindang, bertujuan memberikan kesejukan yang alami dalam kawasan dan disempurnakan seluruh utilitas jaringannya underground.

    Untuk memberikan rasa aman sekaligus nyaman Laguna Spring Jogja memakai One Gate System dan melengkapi kawasannya dengan fasilitas CCTV yang disebar penempatannya semua titik strategis dan terpantau 24 jam. Sebagai antisipasi, Pos jaga security akan dilengkapi fasilitas yang masih jarang ditemukan di kawasan perumahan menengah atas lainnya, yakni fasilitas keamanan panic button, yang berfungsi membunyikan sirine jika terjadi hal-hal yang disebabkan gangguan manusia atau gangguan alam misalnya kebakaran, pencurian, gempa bumi, atau angin puting beliung. Fasilitas lainnya sangatlah lengkap, mulai fasilitas swimming pool, children pool, children playground, botanic garden, 24 our hotspot area, serta function hall. Tropical Club House ini dikemas dengan nuansa resort dengan lingkungan green area yang sejuk dalam luasan area 600 m². Dibantu dengan tenaga-tenaga profesional yang kreatif, penuh inovasi, berpengalaman, dan ternama di Indonesia khususnya di bidang Building Concept dan Interior Design. Laguna Spring Jogja juga memberikan bonus free design interior lengkap dan berkelas, menjadikan rumah yang fungsional berestetika serta nyaman untuk dihuni.

    MODERN TROPIS DI PUSAT KOTA
    Secara geografis, redaksi kami membagi wilayah tengah Jogja dengan batasan ruas jalan lingkar ringroad. Lokasi property dalam ringroad ini melintas mencakup 3 wilayah pemerintahan, yakni Kotamadya Jogjakarta sebagai pusat kotanya, kemudian kabupaten Sleman serta kabupaten Bantul. Dampak keberadaan ringroad ini memberi dampak positif bagi pertumbuhan sebuah kawasan. Aksesibilitas menjadi faktor kunci. Didukung pula dengan parkirnya beberapa pusat-pusat pendidikan dan pusat perniagaan yang berada di seputaran ringroad, membawa angin segar bagi developer untuk berinvestasi tak jauh dari kawasan pendidikan. DIY masih sebagai salah satu kota tujuan pendidikan dan wisata budaya. Hal tersebut masih cukup ampuh untuk mendatangkan banyak orang-orang berduit yang tertarik ingin menanamkan modalnya di kota ini sebagai lahan investasi, dan kota tujuan pensiun.

    Salah satu developer berpengalaman di Jogjakarta, PT. Merapi Arsita Graha tak mau menyia-nyiakan peluang di area dalam ringroad ini. Salah satu produk terbarunya, yakni Perumahan Kuantan Regency Sorogenen berada tepat di pusat kota Jogja, berlokasi di Jl. Sidikan, Sorosutan, Umbulharjo Jogjakarta menawarkan lokasi emas untuk tempat tinggal dan investasi. Developer optimis dengan dipasarkan perumahan Kuantan Regency Sorogenen, karena lokasinya sangat strategis, masuk wilayah Kotamadya Jogjakarta dan lengkap dengan sarana dan prasarana umum seperti area pendidikan, kesehatan, pusat kuliner, pusat perbelanjaan, dan perkantoran bahkan dekat dengan akses tempat wisata maupun hiburan. Faktor pembangkit lingkungan, khususnya kedekatan lokasi hunian yang berada di Kotamadya Jogjakarta yang otomatis sangat dekat dengan berbagai fasilitas umum menjadi pertimbangan yang cukup dominan, selain faktor percepatan nilai investasi tentunya.

    Konsep kawasan yang dikemas Kuantan Regency Sorogenen ditawarkan dengan konsep bangunan yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan maupun selera penghuni. Konsep bangunan modern tropis minimalis yang bisa membawa nuansa alam yang natural. Jelas terlihat dari penggunaan material batu alam, yakni batu candi serta batu lepek, yang memberikan ciri khas tersendiri, dan selalu muncul menghiasi semua fasad rumah produk garapan PT Merapi Arsita Graha lainnya. Perumahan Kuantan Regency Sorogenen menawarkan tipe 79 sampai dengan tipe 115 dengan luas tanah yang bervariasi dari 82 m2 sampai yang berukuran 147 m. Kuantan Regency Sorogenen memiliki fasilitas lain sebagai pendukung bagi kenyamanan penghuni perumahan yaitu : area open space, keamanan 24 jam dengan akses satu pintu masuk dengan pos satpam, dan akses jalan lingkungan dengan lebar 6 meter serta tatanan taman yang mendominasi lingkungan kawasan. Harga di tipe 79/80 masih dikisaran Rp. 528 jutaan.

    Untuk denah standar tiap kavlingnya, developer memberikan desain standar yang memberikan ruang terbuka hijau di depan serta belakang bangunan utama. Untuk tipe 79, konsumen sudah mendapatkan 3 kamar tidur (1 kamar di lantai satu dan 2 kamar di lantai dua) dengan ukuran standar 3 m x 3 m. Untuk tampak depannya, perumahan ini mempunyai beberapa pilihan dalam hal lebar muka rumah, ada yang lebar depannya 8 meter atau yang berlebar depan 11 meter, tergantung posisi kavlingnya. Untuk tipe 88 dengan lebar kavling 11 meteran, hunian memang cenderung memanjang namun tetap cantik dalam pengelolaan desain maupun penataan denahnya. Konsumen akan mendapatkan denah standar di lantai dasar berupa carport , kamar tamu, ruang keluarga, 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan ruang makan yang berdampingan dengan dapur. Sedangkan di lantai 2 terdapat 2 kamar tidur, sebuah balkon yang terkoneksi dengan salah satu kamar tidur, 1 kamar mandi, dan area untuk menjemur pakaian. Tipe-tipe besar tersebut didukung dengan spesifikasi bangunan, yaitu batu kali untuk pondasinya, batu bata diplester, aci, finishing cat untuk dindingnya. Lantai menggunakan keramik, genteng beton flat ditopang dengan rangka atap baja ringan, sedangkan untuk sanitasi berupa produk Toto/setara, untuk kebutuhan air bersih diambil dari sumur ditunjang pompa air shimizu 125 jb dan setiap rumah dibekali kapasitas listrik PLN sebesar 2200 VA. Perumahan yang terletak di tengah kota ini memberikan spesifikasi struktur bangunan yang terbuat dari beton bertulang dengan pondasi terbuat dari pasangan batu kali.

    Dari berbagai macam produk perumahan yang sudah PT. Merapi Arsita Graha pasarkan di kota Jogjakarta maupun secara umum menerapkan konsep Pengelolaan Lingkungan Terpadu, dengan taman yang asri, berkelas dan bernilai investasi tinggi. Konsep bangunan yang ditawarkan pun cukup fleksibel sesuai dengan kebutuhan selera penghuni dengan membawa konsep bangunan modern tropis yang bisa membawa nuansa alam yang natural.

    WAJAH BARU DI DALAM RINGROAD
    Memilih lokasi rumah di daerah pusat kota juga sama halnya dengan memilih rumah pada umumnya, harus mengedepankan sisi lokasi yang mempunyai aksesibilitas dan prospektif. Bahkan harus lebih strategis, berakses dengan jalan utama yang bebas kemacetan atau mudah dicapai dari jalan utama. Karena letak sebuah perumahan strategis, pastinya harga dasar tanahnya sudah mahal, otomatis akan ikut mendongkrak percepatan nilai investasi bangunannya. Tapi, kadang meski sama-sama strategis, rumah di lokasi yang satu bisa lebih bernilai dari lokasi yang lain karena faktor brand image dari sebuah kawasan dan lingkungannya. Namun, jangan juga terpaku pada kata strategis saja, ada juga pengaruh lalu lintas dari dan menuju lokasi, cukup lancar atau tidak pada jam - jam sibuk. Rumah di perumahan yang memiliki beberapa alternatif jalan akan dihargai lebih tinggi ketimbang yang hanya punya satu akses saja. Kemudahan untuk menjangkau berbagai sarana pembangkit lingkungan bisa jadi tolok ukur awal suksesnya penjualan suatu produk perumahan. Selama ini konsumen properti selalu mementingkan kemudahan akses menuju pusat-pusat pendidikan (TK,SD,SMP,SMU, UNIVERSITAS), pusat perkantoran, pusat kota, rumah sakit, pusat perbelanjaan (pasar tradisional/swalayan), pusat transportasi, dan dekat dengan tempat kerja konsumen.

    Segmentasi pasar properti Jogja terbagi cukup rata, dari kalangan menengah – bawah sampai dengan menengah – atas menunjukkan permintaan yang cukup besar. Munculnya beberapa lokasi baru dengan sendirinya telah menyaring segmentasi pasar yang akan dicapai. Lokasi yang terletak dengan pusat kota akan berbanding seimbang dengan harga yang ditawarkan, sehingga letak lokasi perumahan akan mempengaruhi harga dan segmen pasar. Harganya yang cukup tinggi dengan sendirinya menyaring konsumen kelas menengah atau keluarga baru dan keluarga kecil yang memimpikan sebuah hunian kelas menengah di tengah kota dengan harga yang ekonomis. Salah satu pilihan kawasan hunian yang memenuhi kriteria tersebut salah satunya perumahan Agatama Regency.

    Agatama Regency garapan PT. Agatama Putra menyajikan sebuah lokasi baru tengah kota yang dibidikkan kepada konsumen kelas menengah. Dengan berbagai keunggulannya dari lokasi, aksesibilitas, dan fasilitasnya. Walau ditawarkan dengan harga mulai dari 350 jutaan sampai 500 jutaan, yang ditawarkan mulai tipe 40. Developer optimis mampu menggaet segmen pasar kelas menengah.Bisa dibilang lokasinya sangatlah strategis, karena berada tak jauh dari pusat kota. Agatama Regency berada di sebelah utara terminal Giwangan, yang berhubungan dengan jalan Imogiri Timur yang sangat dekat pula dengan akses ringroad sebagai sumbu utama transportasi kota Jogjakarta. Perumahan yang masuk di area dalam ringroad ini hadir dengan berbagai kemudahan untuk mencapai berbagai sarana pembangkit lingkungan seperti, sekolahan, pusat perniagaan, 10 menit dari Malioboro, 15 menit menuju Bandara Adisucipto, dan tak jauh dari Kampus Terpadu UAD Jogjakarta. Meski menyasar segmentasi pasar keluarga muda dengan harga di bawah 500 jutaan, perumahan Agatama Regency tetap yakin mampu memberikan sebuah konsep kawasan dengan muara kenyamanan bagi konsumen. Fasilitas jalan lingkungan yang lebar antara 5 meter sampai 6 meter dihadirkan para developer untuk memberikan kenyamanan berkendara di dalam kompleks perumahan yang resmi di launching pertengahan bulan Agustus bertepatan dengan momentum Lebaran.

    Desain arsitektur pada perumahan terbaru dirancang masih bergaya minimalis dengan aksen khas garapan PT Agatama Putra. Unit rumah yang disetting dengan plafon yang cukup tinggi untuk memaksimalkan sirkulasi udara sekaligus memberikan kesan bangunan yang gagah dan kokoh. Pada rumah tipe 50 dengan luas tanah 94, konsumen akan mendapatkan denah ruang berupa carport, 2 kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, dan kamar mandi. Konsumen pun juga masih mendapatkan sisa lahan di halaman belakang untuk private area. Rumah yang akan dihadirkan di Agatama Regency mempunyai spesifikasi bangunan, yaitu berpondasi menggunakan pasangan batu kali dan foot plate, sloof dan kolom menggunakan beton bertulang, dinding terbuat dari pasangan batu bata diplester, acid dengan cat Mowilex, untuk dinding eksterior interior mengunakan Catylac. Untuk alasnya atau lantai, pada bagian carport terbut dari variasi batu sikat, interior menggunakan keramik 40 x 40. Kayu jati dipilih juga untuk kusen serta daun pintu, rangka atapnya menggunakan kayu kalimantan dengan plafon asben plat & gypsum. Untuk sanitair digunakan INA/setara dengan pipa PVC yang membungkus instalasi airnya. Hunian ini mempunyai kapasitas listrik 1300 watt serta diberikan fasilitas lampu taman dan rumput di area terbuka hijau tiap kavlingnya.

    Developer perumahan sangat optimis dengan Agatama Regency, karena lokasi perumahan yang sangat strategis, masuk wilayah Kota Jogjakarta dan dekat dengan prasarana umum seperti : area pendidikan, kesehatan, kuliner, perbelanjaan, dan perkantoran. Selain itu perumahan Agatama Regency memiliki fasilitas lain sebagai pendukung bagi kenyamanan penghuni perumahan yaitu : area open space, keamanan 24 jam dengan satu pintu masuk dengan pos satpam, dan jalan lingkungan dengan paving block. Dengan berbagai fasilitas yang didapat wajar jika Agatama Regency pantas dijadikan sebagai pesaing berat bagi perumahan lain yang berada di lokasi yang sama. Ganang-Red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain