Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Model Rumah 2 Lantai Sleman & Kota Jogja – bagian 1

    Rumah tipe 100 Kuantan Square Mlati
    Rumah ready stock tipe 75 Kuantan TownHouse Giwangan
    Rumah contoh tipe Andrea 215 CitraGrand Mutiara Yogyakarta
    Model rumah tipe Antoinette di mainroad CitraGrand Mutiara Yogyakarta
    Konsep kawasan The Residence Blok i yang mengadaptasi gaya Indische

    Semakin langkanya tanah yang dapat dijadikan hunian menuntut developer untuk mengemas suatu kawasan supaya memenuhi permintaan akan fungsi hunian tercapai. Kebutuhan ruang dalam hunian membuat beberapa developer menawarkan konsep hunian bertingkat. Pengembang yang biasa main di rumah-rumah landed house akan menawarkan konsep bangunan dua lantai untuk memenuhi kebutuhan ruang sebuah keluarga. Konsep bangunan bertingkat ini akan menawarkan konsep ruangan yang cukup luas untuk memenuhi ruang gerak bagi penghuni rumah tersebut. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan hunian di lokasi yang relatif lebih dekat dengan pusat kota, kini di Jogja bergeser ke arah rumah 2 lantai. Konsep ini dihadirkan untuk menyiasati semakin terbatasnya lahan di tengah kota yang dapat dijadikan hunian, di tengah permintaan pasar yang masih banyak.

    Beberapa arsitek dan drafter sebuah pengembang semakin dituntut kreatif untuk bisa mendesain layout tata ruang maupun mendesain rupa fasad rumah yang berada di lahan yang tidak lebar tampak mukanya. Ada beberapa model hunian ala townhouse yang dihadirkan, yakni pengoptimalisasi sebuah lahan yang tidak besar, namun bisa menghadirkan sebuah hunian yang estetik dan optimal secara fungsional. Berikut kami hadirkan beberapa kawasan yang mengusung konsep rumah 2 lantai, khususnya yang berada di wilayah Sleman dan Kotamadya Jogjakarta.

    KUANTAN TOWNHOUSE GIWANGAN & KUANTAN SQUARE MLATI
    Kuantan TownHouse Giwangan menjadi salah satu hunian di kotamadya Jogjakarta yang mengusung konsep kawasan bergaya townhouse. Sesuai perkembangan jaman masyarakat urban yang dinamis dan praktis layaknya hunian berkonsep apartemen. “Kami hadirkan Kuantan TownHouse Giwangan ini, berharap bisa memenuhi kebutuhan kelas konsumen yang modern. Dengan opsi landed house, kami hadirkan bangunan rumah yang fleksibel sesuai kebutuhan tata ruang layaknya sebuah apartemen modern saat ini, papar Adoram Arthanto, Marketing Manager PT. Merapi Arsita Graha.

    Kuantan Townhouse Giwangan menawarkan rumah 2 lantai dengan pilihan standar tipe 62 dengan lebar muka 6 meter dan tipe 75 dengan lebar muka 7,5 meter serta luasan lahan yang beragam yang ditawarkan dikisaran harga 800 jutaan. “Secara konsep arsitektur bangunan, kami mengusung gaya minimalis tropis. Setiap bangunan dua lantai akan menampilkan garis-garis tegas sebagai simbol minimalis, sedangkan konsep tropis akan kami hadirkan dalam bentuk taman- taman penghijauan di area perumahan dan disetiap unit kavling rumah.

    "Secara konsep tata ruang, kami menyajikan sesuatu hal yang berbeda. Konsep residensial akan kami kombinasikan dengan penataan ruang layaknya sebuah apartemen. Penghuni akan mendapatkan fungsi ruang yang simpel namun tetap meng-cover kebutuhannya. Sistem ruang terbuka menjadi hal utama untuk sirkulasi udara dan cahaya," ungkapnya. Lantai 1-nya dikonsep sebagai area publik, dimana kegiatan bersama tamu akan lebih banyak terjadi di lantai dasar ini. Sedangkan untuk area yang lebih private, pihaknya menyajikannya di lantai 2, dengan penataan ruang berupa 2 kamar tidur masing-masing mempunyai view taman depan dengan salah satu kamarnya berakses balkon depan. “Secara desain ruang tidak berbeda jauh, hanya saja untuk tipe 75 dapat dikembangkan dengan mempunyai master bedroom yang include kamar mandi. Untuk area carport, pada tipe 75 dapat menampung dua mobil, sedangkan tipe 65 hanya 1 mobil. Dengan spesifikasi standarnya yakni berupa lantai granite tile, kusen pintu dan jendela paduan allumunium dengan kayu jati, tinggi plafon rumah 3,2 meter dan elevasi bangunan setinggi 80 cm terhadap jalan lingkungannya, “terang Ado.

    “Saat ini kami juga memberikan alternatif desain penggabungan 2 kavling menjadi sebuah rumah yang lebih megah dan luas. Tipe custom tersebut memiliki luas sebesar 82 m² dengan luasan tanah kira-kira 120 m². Jadi tipe rumah custom ini mempunyai lebar depan 12 meter. “Kami juga sudah siapkan rumah contoh tipe 75, sehingga konsumen akan diberikan bukti kualitas bangunan yang menjadi standar kami sekaligus memberi opsi sebuah rumah ready stock bagi konsumen yang sedang membutuhkan rumah siap huni.
    Kuantan Townhouse Giwangan juga menyajikan beragam fasilitas yang memadai di dalam kawasannya. Dikatakan Ado, fasilitas tersebut dihadirkan untuk mengakomodasi kebutuhan dan menambah kenyamanan penghuni. "Fasilitas clubhouse, jalan lingkungan yang cukup lebar, one gate system, sistem keamanan 24 jam dengan CCTV lingkungan dan setiap unit rumahnya diberikan 2 unit CCTV per rumahnya,” ungkapnya.

    Secara aksesibilitas, lokasi Kuantan TownHouse Giwangan sangatlah strategis dan berada di wilayah kotamadya Yogyakarta. Hanya 15 menit dari pusat kota dan Malioboro, 20 menit dari Bandara Adisucipto, 25 menit menuju kampus UGM, 5 menit menuju kampus terpadu UAD, dekat dengan terminal Giwangan dan terkoneksi dengan akses ringroad selatan. Tak hanya itu, lokasi ini juga sudah di support oleh berbagai fasilitas penunjang kepentingan publik, baik dari fasilitas kebutuhan hidup, seperti dekat pasar tradisional giwangan dan kawasan wisata kerajinan perak kotagede, dekat dengan berbagai minimarket, dan dekat dengan fasilitas kesehatan yakni RSUD Wirosaban, RS Hidayatullah dan pusat bisnis baru XT Square.

    Sebagai alternatif, pihak pengembang juga masih memberikan pilihan hunian di sisi Utara kota Jogja, yakni Kuantan Square Mlati. Berada di wilayah tumbuhnya bisnis baru perkotaan di Sleman. Tepatnya berada di tepi Jalan Dr. Wahidin, Mlati Sleman, yang terkoneksi langsung dengan Jalan Magelang KM 6,5 dan ringroad Utara. Aksesibiltas terhadap fasilitas pendidikan, kesehatan, maupun hiburan telah tumbuh sangat pesat di area ini.Hanya 10 menit ke UGM, 5 menit ke kampus UTY, Jogja City Mall, pusat perbelanjaan IndoGrosir, RS Akademik UGM, RSUD Sleman, dan RSUP Sardjito.
    Berdiri di lahan ± 6000 m² Kuantan Square Mlati sekarang tinggal menawarkan rumah dua lantai yang berada di belakang area pertokoan Kuantan Square. “Untuk area kavling pertokoan berupa 19 ruko saat ini sudah sold out, “terang Ado. Untuk huniannya, dihadirkan 11 unit rumah terbatas dengan luas bangunan 100 m² dengan luasan tanah sekitar 135 m². “Untuk tata layout ruang huniannya, kami konsep untuk lantai satu berfungsi sebagai area publik dengan diberikan 1 kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dan dapur dengan carport yang mampu menampung 2 mobil. Untuk lantai 2 nya dikonsep area yang lebih private, dengan diberikan 2 kamar tidur dan ruang keluarga yang dilengkapi dengan kamar mandi,” tambahnya semangat.

    Kuantan Square Mlati juga menyajikan beragam fasilitas yang cukup menarik. Dikatakan Ado, dengan telah terbangunnya semua area rukonya dengan penataan kawasan yang rapi, asri yang dilengkapi fasilitas parkir yang luas, akan mempercepat nilai kenaikan investasi di Kuantan Square Mlati ini. Untuk fasilitas perumahannya, pengembang menyediakan pos satpam dengan keamanan 24 jam with CCTV.

    Untuk semakin menarik minat calon konsumen, pihak pengembang menawarkan beberapa program promo menyambut libur Lebaran dan masa Ujian Masuk Perguruan Tinggi, baik pembelian rumah di Giwangan maupun Mlati. “ Kami berikan kemudahan pembayaran cash bertahap selama 12 x tanpa bunga serta pembayaran uang muka yang bisa diangsur 4 kali. Untuk pembayaran via KPR, diberikan beberapa pilihan suku bunga yang menarik dan kompetitif oleh beberapa perbankan yang sudah PKS dengan kami saat ini,” lanjut Ado berpromosi.

    CITRAGRAND MUTIARA YOGYAKARTA
    CitraGrand Mutiara Yogyakarta kembali menghadirkan tipe terbaru di area terbaiknya, yakni kawasan terdepan Horizon Hill. Dengan menyajikan rumah siap contoh dan siap huni terbarunya, fully furnished yakni tipe Andrea. Dengan luas bangunan 215 m² dan luasan tanah 170 m², tipe ini dihadirkan terbatas beberapa unit saja dengan keunggulan berada di cluster terdepan kawasan perumahan seluas 10 hektar ini. “Konsumen dipastikan mendapatkan rumah di cluster terbaik kami. Cluster terdepan ini akan dilengkapi dengan sistem keamanan 24 jam dan diberikan pos security yang berada di gate cluster,” terang Y. Christiono, General Manager CitraGrand Mutiara Yogyakarta.Area Horizon Hill sendiri merupakan bagian dari cluster terdepan yang berada di mainroad kawasan CitraGrand Mutiara Yogyakarta. Berada persis sebelum commercial area shophouse dan wahana wisata Waterpark.

    Rumah siap huni ini mengusung langgam arsitektur modern klasik. Tipe Andrea ini memiliki ruang-ruang fungsional yang sangat cocok bagi keluarga modern saat ini. Terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, dapur, kamar tidur asisten rumah tangga serta garasi untuk 1 mobil beserta area carport yang mampu menampung 2 mobil pada lantai satunya. Menginjak lantai duanya, akan ditemui kamar tidur utama sebagai master bedroom nya yang dilengkapi dengan ruang kerja, wardrobe, dan kamar mandi dalam beserta 2 kamar tidur anak dan dilengkapi dengan ruang keluarga. “Desain layout antar ruangnya memang dikonsep sedemikian rupa sehingga lantai 1 bersifat sebagai public area dan lantai 2 bersifat ke private area, “ lanjut Christiono menjelaskan. Dikemas dalam gaya interior yang glamour dengan dominasi warna soft coklat, cream, dan putih serta dukungan warmwhite lighting semakin menonjolkan nuansa hangat di tiap ruangnya.

    Secara fasad, tipe Andrea memberikan aksen klasik berupa penggunaan kisi-kisi jendela kayu dan penggunaan pilar yang cukup besar di area entrance nya. Untuk nuansa modern di berikan aksen berupa kaca sudutnya yang simetris dan estetik. Pemberian material marmer serta batu alam di dindingnya di lengkapi dengan atap rumah berbentuk limasan mewakili nuansa tropis yang menjadikan tipe Andrea sebagai sebuah hunian ideal.

    Untuk tipe-tipe rumah yang masih available saat ini selain tipe Andrea, adalah tipe 1 lantai, tipe Chester (59/128), dan tipe 2 lantainya yakni tipe Danette (156/150) serta tipe Charlotte (102/135) yang ditawarkan dikisaran harga mulai 2 Miliaran rupiah. CitraGrand Mutiara Yogyakarta juga masih mempunyai beberapa unit shophouse yang tersedia di commercial area yang berdampingan dengan area waterpark yang ditawarkan dikisaran harga mulai 800 Jutaan rupiah. “Kami memberikan kesempatan bagi para konsumen, investor, maupun pemilik bisnis komersial untuk bergabung di sini. Dengan skema pembayaran 24 X tanpa bunga, KPR dengan DP yang bisa diangsur 12 X (untuk KPR ketiga), serta didukung dengan suku bunga bank mulai 5,99% kami yakini akan mempermudah konsumen untuk bergabung bersama kami. Selain mengandalkan potensi pasar tetap dari para penghuni perumahan yang mencapai 300 unit rumah, tentunya pasar bisnis di komplek pertokoan tersebut akan berkembang pesat dengan dukungan fasilitas waterpark yang mampu menarik ratusan wisatawan tiap harinya,“ terang Yhonas Oktavian, selaku Koordinator Marketing CitraGrand Mutiara Yogyakarta menerangkan.

    “Saat ini kami memberikan penawaran spesial bagi konsumen yang tertarik mengambil unit rumah di CitraGrand Mutiara Yogyakarta. Untuk pembelian semua tipe akan mendapatkan hadiah langsung berupa AC Panasonic 1 PK tiap kamar dan free 1 tahun berlangganan IndiHome dari Telkom (UC TV 51 channel), free telpon ke telpon rumah (PSTN dan Flexi). Khusus untuk pembelian tipe Andrea dan tipe Danette, konsumen akan mendapatkan tambahan berupa teknologi smarthome yang diusung oleh Broadlink sehingga rumahnya akan menjadi rumah digital pertama di CitraGrand Mutiara Yogyakarta ini, imbuh Yhonas panggilan akrabnya.

    Secara umum, CitraGrand Mutiara Yogyakarta terletak di jalur menuju arah perkembangan kota Jogjakarta dengan telah dibangunnya New Yogyakarta International Airport di Kulon Progo yang akan beroperasional di tahun 2019. Kawasan hunian ini merupakan pilihan yang tepat untuk difungsikan sebagai rumah tinggal sekaligus berinvestasi. Dengan pengelolaan kawasan yang profesional dan berkesinambungan, nilai properti di kawasan CitraGrand Mutiara Yogyakarta ini akan selalu meningkat. “Kalau dirata-rata, tiap tahunnya pertumbuhan harganya sudah mencapai minimal 20 % - 25%, sangat menarik dan lebih menguntungkan dibandingkan bentuk investasi lainnya,” tutup Christiono.

    THE RESIDENCE
    The Residence terus menghadirkan tahap pengembangan, salah satunya dengan membuka area Blok i. The Residence Blok i terletak di lokasi yang sangat strategis, di mana penghuninya mempunyai akses yang sangat dekat dan mudah untuk menjangkau berbagai fasilitas, seperti 1 menit dari SPBU, 2 menit dari RS PKU Muhammadiyah Gamping, 3 menit dari kampus UMY (tanpa harus melewati ring road), 4 menit dari pasar tradisional, bahkan hanya 15 menit dari pusat kota Jogja. Selain itu, suasana pedesaan sekitar perumahan terasa masih asri dan tenang. “Tapi bukan berarti The Residence Blok i lokasinya terpencil. Malah lokasi The Residence Blok i hanya sekitar 150 meter saja dari jalan raya utama jl.Wates dengan akses jalan aspal yang lebar dan halus sehingga memberikan kenyamanan akses bagi para penghuninya,” papar Nandes Citraningrum,S.E., Office Manager PT. Bhumi Setra Rizqi.

    Progress penjualan The Residence Blok i mulai ada pergerakan sejak akhir tahun 2016 yang lalu meskipun belum signifikan seperti tahun-tahun sebelumnya. “Untuk progres pembangunan sendiri sejalan dengan progres penjualan karena untuk saat ini The Residence Blok i dipasarkan sebagai kavling siap bangun, bukan rumah siap huni (ready stock). Artinya, pembangunan rumah baru dilakukan setelah kavling terjual,” lanjut Citra panggilan akrabnya.

    Seperti diungkapkan Citra, di The Residence Blok i, menawarkan total unit yakni 1 unit ruko dan 7 unit rumah. “Semuanya siap bangun, untuk ruko, tipe yang kami tawarkan cukup besar yaitu tipe 150 dengan luas tanah 159 m². Sementara untuk rumah, tipe yang tersedia adalah tipe 75 dan 85 (posisi hook) dengan luas tanah masing-masing 124 m².” Secara konsep bangunan di kawasan The Residence Blok i mengadaptasi gaya Indische. Bisa terlihat dari bentuk-bentuk detail pada pintu dan jendelanya. Selain itu, konsep bangunan The Residence Blok i juga mengusung nuansa warna hitam dan putih yang mendominasi seluruh bagian rumah. Keunggulan lainnya adalah layout ruangannya sangat memenuhi kebutuhan semua rumah, terdapat 3 kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan 2 kamar mandi dimasing-masing lantainya serta fasilitas carport yang cukup memuat 2 mobil dan mempunyai sisa tanah yang masih luas. “Jadi, penghuni masih punya ruang yang leluasa bila ingin membuat penambahan atau pengembangan bangunan di masa mendatang,” terang Citra.

    Dari data dan pengalaman, hingga saat ini, untuk kavling The Residence Blok i yang terjual pembayarannya adalah cash bertahap. Mengenai pembayaran, pada dasarnya kami mengembalikan lagi kepada pilihan dan kenyamanan konsumen. Dalam hal ini, konsumen kami kondisinya sudah pensiun dan beliau memang lebih menyukai cara pembayaran dengan cash bertahap. “Merujuk pada kisaran harganya yang mulai 900 jutaan sampai 1 Miliaran maka target segmen konsumen kami adalah kelas menengah ke atas. Untuk background tentunya beragam, mulai dari konsumen yang ingin berinvestasi, orang tua yang ingin membelikan rumah untuk anaknya yang berkuliah di Jogja (lokasi The Residence Blok i sangat dekat dengan kampus UMY), Tak sedikit pula pensiunan yang mencari hunian untuk masa tua, keluarga yang memang ingin mencari hunian untuk ditempati sendiri dengan keluarganya. Asalnya pun beragam, baik dari orang Jogja sendiri maupun orang luar kota Jogja, bahkan orang dari luar pulau Jawa.” ungkap Citra.

    Dari sisi legalitas, developer menyampaikan bahwa legalitas The Residence Blok i sudah komplit. Bisa dilihat dari kelengkapan semua legalitas yang sudah lengkap, yaitu : sertipikat sudah pecah dan IMB untuk masing-masing kavling sudah tersedia sehingga untuk pembelian secara KPR. “The Residence Blok i bisa diproses di perbankan manapun. Mengingat proses persyaratan legalitas untuk memperoleh persetujuan kredit dari bank saat ini semakin ketat, maka dengan bisa diprosesnya KPR atas The Residence Blok i dengan bank manapun menunjukkan bahwa legalitas perumahan kami terbukti legal.” pungkas Citra semangat. Wahyu Pras – red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain