Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Nguri-uri Warisan Budaya Karya Rumah Jawa Jogja

    Rumah Jawa Jogja
    Kolaborasi konsep jawa klasik dengan konsep modern
    Aplikasi Joglo sebagai ruang tengah sebuah rumah dan Suwantara (Pimpinan)
    Konsep bangunan kayu Rumah Gladak dan Konsep bangunan Rumah Jawa Limasan luasan
    Konsep bangunan Pendopo dengan batubata ekspos dan Aksen material batu dalam Pen

    Konsep hunian selalu berkembang mengikuti tren pada masanya. Sebuah perbedaan yang melawan arus akan menciptakan arusnya sendiri dan menjadi tren di sebagian kalangan tertentu. Salah satunya adalah mengembalikan tren konsep rumah jawa sebagai rumah tinggal yang nyaman bagi orang jawa dan yang mencintai budaya jawa. Sebuah penawaran konsep yang cukup brilian ditawarkan oleh Suwantara untuk mengembalikan kejayaan rumah jawa.

    Pada saat para pengembang berlomba-lomba membangun dan menawarkan dengan konsep modern yang cenderung minimalis, suami dari Jiyanti ini dengan keteguhan hatinya mencoba membuat diferensiasi produk dengan mengkreasikan rumah berkonsep jawa sebagai salah satu pilihan masyarakat untuk membangun rumahnya. Pria kelahiran 43 tahun silam yang pernah berkecimpung di sektor properti dengan konsep modern ini akhirnya mendirikan Rumah Jawa Jogja dengan spesialisasi jasa bangun rumah jawa dan penyedia rumah tradisional jawa yakni berupa model limasan, joglo, kampung, omah gladak, dan sejenisnya. Berbagai produk rumah konsep jawa telah dibuat dipadukan dengan konsep modern untuk merubah pandangan dan mindset sebagian masyarakat bahwa rumah jawa yang terkesan gelap menjadi lebih terang dan modern.

    Material yang digunakan untuk membangun rumah jawa merupakan kayu yang sudah terbukti kualitasnya, seperti jenis jati, nangka, akasia, kayu kalimantan dan kayu jawa/bendo. Penggunaan kayu-kayu tersebut didasarkan pada kelas kekuatan dan keawetan kayu untuk menopang rumah berkonsep jawa yang sebagian besar material utamanya berupa kayu. Sumber bahan baku 50 % didatangkan dari Gunungkidul, sisanya didatangkan dari daerah Kediri, Semarang, dan Kulon Progo. Kayu yang dipergunakan merupakan kayu bekas bongkaran rumah atau yang biasa disebut dengan kayu “lawasan” yang telah terbukti keawetannya. Salah satu contohnya adalah umpak kayu jati yang selama puluhan tahun diletakkan di tanah tetapi tidak dimakan rayap maupun hama kayu lainnya.

    Salah satu strategi penjualan dan promosi dari Rumah Jawa Jogja adalah keberanian bapak dari Himmatul Hasanah (5,5 tahun) dan Arifah (3 bulan) ini untuk berinovasi menawarkan sistem jual beli berupa rumah jadi dan hanya melayani pembelian dengan sistem pembayaran tunai atau cash. Pembeli cukup menyediakan tanah, maka dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan maka konsep rumah yang telah disepakati tersebut akan dibangun dan menjadi tanggung jawab penuh penjual dalam hal ini pihak Rumah Jawa Jogja.

    Ada 3 paket yang ditawarkan oleh Rumah Jawa Jogja dalam membangun rumah jawa, paket tersebut adalah Paket A dengan harga Rp. 2,6 juta/m², paket B Rp. 2,9 juta/m², dan paket C dengan harga Rp. 3,1 juta/m². Fasilitas yang didapatkan dengan memilih Paket A adalah:
    1) 1 Unit rumah kayu limasan jati lawas soko guru 11-12 cm;
    2) 5 unit dinding gebyok kayu jati lawas;
    3) Lantai keramik;
    4) 1 kamar mandi shower + toilet dengan kloset jongkok merk Toto;
    5) Kamar tidur;
    6) Dapur;
    7) Ruang keluarga;
    8) Ruang tamu / teras;
    9) Dinding batu bata biasa diekpos;
    10) Full coating;
    11) Tanpa plafon;
    12) Instalasi listrik;
    13) Tower penampungan air;
    14) Sumur bor lengkap dengan pompa air;
    15) Sanitasi.

    Perbedaan fasilitas dari bangunan sesuai paket A, Paket B, dan Paket C antara lain perbedaan material batu bata yang digunakan (AT dan non AT) yang digunakan, tipe kloset yang berbeda (jongkok dan duduk) , ada tidaknya plafon, serta ada tidaknya penggunaan acian pada bagian dalam bangunan. Harga tersebut merupakan harga untuk pembangunan di dalam wilayah DIY, sedangkan untuk luar wilayah DIY terdapat penyesuaian harga. Harga paket tersebut sudah termasuk biaya pengadaan seluruh material bangunan dan upah tenaga tukang. Upgrade atau peningkatan spesifikasi bangunan sangat dimungkinkan sesuai dengan keinginan dan kesepakatan harga dalam proses perencanaan pembangunan rumah. Sebagai contoh, upgrade spek bangunan dapat meliputi ukuran soko atau tiang utama bangunan maupun penggunaan jenis lantai, seperti penggunaan tegel yang memberikan kesan lebih menyatu dengan gaya rumah klasik jawa.

    Rumah Jawa Jogja yang memiliki kantor dan workshop yang beralamat di Dusun Banyu Sumurup RT 02 Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Jogjakarta ini tidak hanya melayani jual beli rumah jawa siap huni, tetapi juga melayani jual beli rumah limasan, rumah joglo, rumah kampung, rumah gladak / rumah panggung kayu, lintring, gasebo, kandang sapi / kandang kebo, gebyok serta jasa bongkar pasang segala tipe rumah jawa. Pada saat ini Rumah Jawa Jogja memiliki karyawan berjumlah 60 orang dengan lokasi proyek pembangunan tersebar di dalam dan luar DIY. Dengan jumlah karyawan yang terbatas maka pengerjaan suatu bangunan disesuaikan dengan kemampuan untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Durasi pengerjaan suatu bangunan disesuaikan dengan luas dan tingkat kesulitannya, semisal pengerjaan rumah gladak siap huni yang merupakan bangunan dengan ukuran standar 6 meter x 6,5 meter yang dikerjakan oleh 5 orang memiliki estimasi waktu pengerjaan selama 2,5 bulan.

    Komitmen yang dipegang teguh oleh santri Pondok Pesantren Roudlotul Fatihah Pleret ini adalah menciptakan produk yang mengutamakan pada kualitas serta memegang prinsip amanah dan tanggungjawab dalam menyelesaikan bangunan untuk menjamin kepuasan dan kepercayaan konsumen. Tagline yang disematkan oleh Rumah Jawa Jogja adalah bukan sekedar membangun rumah tetapi membangun hunian yang layak, aman, nyaman, artistik, keren dan sesuai dengan kebutuhan. Dwi-red

    Rumah Jawa Jogja
    Dusun Banyu Sumurup RT 02,
    Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri,
    Kabupaten Bantul, Jogjakarta
    hotline : 0817 9442 249 - 0812 2825 5491
    Email : rumahjawajogja@gmail.com
    www.limasanjati.com

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain