Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Pasar Residensial,Apartemen & Condotel Semakin Berkibar-bagian 1

    Sahid Jogja Condotel
    Majestic Grand Bale Timoho
    Green Park Jogja Apartement
    The Grand Babarsari Apartement

    Pertengahan semester pertama tahun 2015 bisnis properti mendapat angin segar dengan turunnya BI Rate menjadi 7,5 BPS dari sebelumnya 7,75 BPS. Dipaparkan Branch Manager, PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, kantor cabang Yogyakarta, Ahmad Fatoni, bisnis property di Jogja saat ini masih sangat baik. Terlihat dari arah perkembangan properti Jogja yang tak hanya di rumah tapak. “Turunnya BI Rate saya cukup yakin akan berpengaruh ke penyerapan rumah, saya rasa ini aroma positif. Meski saat ini belum banyak perbankan yang menurunkan suku bunga KPR, tetapi kami sudah memulainya. Pasar masih banyak, pilihan juga bermunculan, mungkin sekarang saatnya masyarakat Jogja untuk mulai menyasar hunian vertical, seperti rusun atau apartemen, karena lahan semakin sempit”, paparnya.

    Berdasar sedikit paparan dari sisi perbankan tersebut mengungkapkan bahwa properti Jogja masih menunjukan taringnya. Saat ini pasar properti Jogja semakin dimanjakan dengan banyaknya pilihan hunian maupun investasi. Tak hanya hunian landed, di awal tahun ini banyak hunian maupun investasi vertical house yang sudah mulai atau bahkan hampir serah terima kepada konsumen. Di edisi April ini kami hadirkan beberapa pilihan hunian landed house dan vertical house yang dapat menjadi referensi bagi konsumen yang mau mencari hunian ataupun juga menanamkan uangnya di bisnis properti Jogja.

    SAHID YOGYA CONDOTEL
    Sahid Yogya Condotel meluncurkan produk yang ditunggu-tunggu para investor yaitu Amarta Executive Condotel, suatu condotel premium. Amarta Executive Condotel berada di Sahid Yogya Lifestyle City. Kawasan ini berdiri di atas tanah seluas 2,2 Ha. Sahid Yogya Condotel mengusung konsep kawasan mixed use, di mana dalam satu kawasan ada condotel, apartemen, mall, convention hall (Ballroom dan meeting room), dan hotel. Kawasan ini akan menjadi tempat yang favorit dan nyaman untuk dikunjungi, bekerja dan bermain. “ Sahid Yogya Condotel akan menjadi sebuah kawasan lifestyle yang memenuhi semua kebutuhan para pengunjung, karena fasilitas yang ada dalam kawasan ini sangatlah komplit, Mall yang akan kita hadirkan lebih unik dibanding dengan Mall yang ada sekarang, jika Mall yang lain lebih pada shooping, kita akan lebih banyak ke lifestyle , kuliner dan nuansa culture serta green,” terang Lili Handayani Supervisor PT. Sahid Inti Dinamika.

    Berada pada lokasi yang premium, Sahid Yogya Condotel sangat mudah dijangkau karena lokasi ini relatif dekat dengan berbagai universitas terkemuka di kota Jogja seperti, Universitas Atmajaya Yogyakarta, Universitas Proklamasi STIE YKPN, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Proklamasi, STTNAS, dan berbagai sekolahan lanjutan. Selain itu untuk kebutuhan kuliner dan sarana hiburan ada dalam lokasi ini dengan standar yang terjaga dan berkelas, contohnya Blitz Megaplex dan Fun World.
    Amarta Executive Condotel berada di tower barat dan timur lantai 6 – 9, sehingga memiliki view sky garden dan city view. Dikatakan Lili, pada Amarta Executive Condotel memiliki banyak kelebihan pada view dan interior. “Interior yang kami hadirkan pada Amarta lebih mewah dan Exclusive, viewnya pun lebih menarik”, katanya saat di Marketing Gallery di Jalan Babarsari No. 2 Catur Tunggal Depok Sleman, di mana kantor ini juga terdapat Show Unit untuk tipe Amarta dan Condotel lainnya.

    Sejak soft launching Oktober 2014, Amarta Executive Condotel yang terdiri dari 117 unit dan mendapat respon pasar yang cukup baik. Menurutnya pasar investasi di Jogja khususnya condotel menyimpan potensi yang menarik dan meningkat pesat. Hal tersebut lebih dikarenakan iklim pertumbuhan properti di Jogja yang terus berkembang. “Didukung oleh developer dan operator dari Sahid Group, kami memprediksi kenaikan capital gain pertahunnya bisa mencapai 10 % - 30 %”, tutur Lili semangat. Dengan pengelola dari Sahid Hotel yang merupakan industri hotel terbesar di Indonesia yang telah berpengalaman selama 49 tahun dalam mengelola hotel dengan infrastruktur jaringan pemasaran secara global, Amarta Executive Condotel akan menjanjikan passive income yang menarik bagi para investor.

    Tak hanya itu Lili juga menuturkan, pihaknya memberikan keunggulan lain bagi investor yang menanamkan modalnya di Amarta Executive Condotel. Guaranteed Return On Investment (ROI) 20 % selama dua tahun pertama, free stay selama 21 points untuk dua tahun pertama, memiliki potensi BEP di tahun ke 8, buyback guarantee hanya 8 tahun, status kepemilikan sertifikat Hak Milik dan profit sharing 55 % Owner dan 45% pengelola, semua ini tentu akan menguntungkan bagi para investor.“
    Kami memprediksi occupancy hotel di Sahid Yogya Condotel bisa tumbuh di atas 70 % karena memiliki infrastruktur yang lengkap dan brand yang kuat, dan roomrate yang untuk satu unit Amarta Executive Condotel dikisaran 1, 3 juta per malam”, tutur Lili.
    Saat ini unit ditawarkan pada kisaran harga mulai dari 970 jutaan dengan tiga pilihan tipe, yakni tipe Superior 88 unit dengan luas area 25.72 m2, Junior Suite 17 unit dengan luas 37.22 m2, dan Executive Suite 12 unit dengan luas 40.14 m2.

    MAJESTIC GRAND BALE TIMOHO
    Setelah sukses pada produk terdahulunya, Best Western Condotel, pengembang Majestic Land di awal tahun ini kembali meluncurkan produk terbarunya dengan nama Majestic Grand Bale Timoho. Dengan luas lahan 3.770 m2, Majestic Grand Bale Timoho akan menyajikan 342 unit apartemen dengan luas bangunan 15.905 m2. Menurut MM Consultan Majestic Land, Kukuh Dimas Prayitno, banyak pelaku investasi properti di kota pariwisata ini berkeyakinan, menanamkan uangnya di kota Jogja tak ada ruginya. Ikon kota Jogja, dan keadaan sosial ekonomi masyarakatnya menjadi salah satu pertimbangnnya. Harga properti Jogja terus mengalami kenaikan yang relatif cepat.

    “ Permintaan hunian di tengah kota, dekat dengan berbagai sarana pembangkit lingkungan, atau mendekati pusat kegiatan atau kerja di kota Jogja masih tinggi permintaannya, oleh sebab itu kami hadir menawarkan hunian jenis apartemen di tengah kota”, terang Kukuh saat di kantornya. Majestic Grand Timoho menawarkan beberapa tipe pilihan seperti, tipe Studio (18 m²) sebanyak 184 unit, tipe 1 BR (21 m²) sebanyak 74 unit, 1 BR Plus (24 m²) sebanyak 64 unit, 2 BR (42 m²) sebanyak 12 unit, dan 2BR (48 m²) sejumlah 8 unit. Dikatakan Kukuh, saat ini bagi investor yang ingin menanamkan uangnya adalah waktu yang tepat. Harga yang ditawarkan Majestic Grand Bale masih dalam tahap harga perdana prelaunching. “ Saat ini masih harga perdana kami tawarkan tipe Studio mulai dari harga kisaran 470 jutaan, kalau mau investasi ya sekarang, karena harga akan mengalami kenaikan terus”, katanya saat menunjukan harga perdana.

    Lebih lanjut dituturkannya perkembangan investasi Majestic Grand Bale Timoho cukup menjanjikan. “Soal investasi kami berikan jaminan dari awal. Beberapa keuntungan dapat dinikmati konsumen saat menanamkan modal di sini, kami memprediksi potensi BEP di tahun 6 – 8, dengan ROI atas sewa rata-rata 8 % – 10 % per tahun. Potensi capital gain kami sebesar 60 -120 % pertahun, revenue investment sharing sebesar 16 % dibayar di depan, program ini adalah pilihan dan hanya berlaku untuk pembelian dengan sistem tunai keras kategori kepemilikan. Jaminan investasi kami tawarkan repay option 120 % pada tahun ke 2 atau 136 % pada tahun ke 3, atau repay sebesar 180 % pada tahun ke 5 sejak perlunasan”, tutur Kukuh semangat. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan penawaran berupa free service charge selama 2 tahun sejak serah terima.

    Majestic Grand Bale Timoho menyuguhkan sebuah desain bangunan dan landscape kawasan yang modern dengan nuansa premium untuk kenyamanan penghuninya. Kukuh menambahkan jika pihaknya akan menghadirkan beberapa fasilitas seperti kolam renang, sistem keamanan dengan kartu dan lobby. Sejak dipasarkan pada awal Maret 2015, Majestic Grand Bale Timoho menawarkan hadiah langsung tanpa diundi berupa Kawasaki 250 R special edition untuk pembelian 2 unit, 1 unit Honda Mobilio untuk pembelian 4 unit apartemen, pembelian 6 unit apartemen akan mendapatkan hadiah langsung 1 unit new Honda Jazz, dan untuk pembelian 10 unit mendapatkan 1 unit new Honda CRV.

    Untuk memudahkan cara bayar konsumen, apartemen ini menawarkan beberapa opsi pembayaran seperti 30 % DP sisanya dibagi selama 36, 24, 12 bulan, dan sistem tunai keras. Lebih lanjut dipaparkan Kukuh, setiap pembelian unit apartemen ini akan memiliki potential recovery investment found pada tahun ke 10 -15 dan menjadi deposito properti setiap tahun. “Nilai pembelian Anda berpotensi kembali karena diberikan lindung nilai atas harga di mana pada tahun ke 10 - 15 akan berpotensi kembali diluar ROI dan capital gain atas nilai tersebut. Program ini bekerjasama dengan asuransi jiwa Sinarmas MSIG Life. Polis diberikan atas nama pembeli maksimal empat bulan sejak pembayaran”, ujarnya.

    GREEN PARK JOGJA APARTEMENT
    Progres penjualan yang menggembirakan diraih PT. Griya Persada makmur Jaya/GreenPark Jogja pada produk GreenPark Jogja Apartment & Resort. Sejak awal pengembang tersebut memasarkan dua tower kepada konsumen apartemen di Jogja. Dengan total unit kamar kurang lebih 540, GreenPark Jogja berhasil terserap pasar dengan baik. Diungkapkan Manajer Marketing GreenPark Jogja, Rahmat AH. Arifin, “Dua tower yang kami tawarkan berhasil terserap pasar dengan baik, tower A sudah kami anggap sold out , sedang tower B yang tengah di pasarkan saat ini tinggal menyisakan kurang lebih 100 unit saja, dari total sekitar 330 unit".

    Dipaparkan Rahmat lebih lanjut, meski penjualan dalam kurun waktu 8 bulan sudah cukup baik, pihaknya belum berani melakukan pembangunan di lokasi. Hal tersebut dikarenakan pihaknya tetap menunggu perijinan yang sedang dalam proses. “ Di lokasi kami sudah melakukan ground breaking, tetapi untuk pembangunan memang belum mulai, menunggu IMB kami yang sedang dalam proses. Kita tetap tertib perijinan dan legalitasnya, konsumen yang sudah membeli kami buatkan PPJB terlebih dahulu. Target pembangunan di awal April 2015 ini sudah bisa dimulai pembangunan unit, dan kami targetkan dua tower tersebut akan rampung pembangunannya selama 3 tahun”, papar Rahmat semangat.

    Untuk menggenjot penjualan beberapa unit tersisa, pihaknya tengah menawarkan program penjualan dengan sistem yang menarik. GreenPark Jogja menawarkan program pay back 100 % untuk pembelian di tower B. “Karena kami bekerjasama dengan asuransi Sun Life Financial Indonesia, kami tawarkan program pay back 100 % untuk benefit tambahan buat konsumen kami. Ini semacam hadiah yang kami berikan kepada konsumen kami yang berpotensi mendapatkan payback hampir 100 % Setelah delapan tahun dihuni, semua berpotensi untuk mendapatkan pay back. Jika dulu konsumen membeli dengan harga 385 jutaan, maka setelah delapan tahun dihuni, pemiliknya berpotensi dapat pay back yang sama, 385 juta”, tutur Rahmat.

    Green Park Jogja memiliki fasilitas yang komplit untuk untuk mendukung kenyamanan penghuni apartemen. Fasilitas yang ditawarkan dalam kawasan Green Park Jogja Apartement & Resort cukup lengkap atau bahkan dapat dikatakan super fasilitas. Fasilitas internal kawasan berupa, Olympic swimming pool & invinity swimming pool, fitness-gym, tennis court, jogging track, children playground, mini market, klinik kesehatan, food plaza, sky café, parkir indoor & outdoor, 24 hours security system with CCTV, access card, internet access - TV cable, dan multipurpose room. “Kami menawarkan super fasilitas dalam kawasan dan lokasi yang super strategis”, ungkapnya.

    Tak hanya keunggulan dalam hal fasilitas pendukung di dalam kawasan saja, secara lokasi GreenPark Jogja juga berada pada lokasi yang strategis. Berada di daerah Babarsari, apartemen ini akan memiliki kedekatan dengan berbagai sarana pendidikan di sekitarnya seperti UPN, Atmajaya, STIE YKPN, STTNAS, UII Ekonomi, UIN, UNY, Sanata Dharma, dan UGM. Dari segi pusat perbelanjaan, daerah ini terbilang cukup komplit, relatif dekat dengan Ambarrukmo Plaza, Sahid Mall, dan Hartono Mall. Untuk pemenuhan hidup sehari-hari, daerah Babarsari dan Seturan sudah tidak perlu di ragukan lagi dari wisata kulinernya.
    Konsep Green Park Jogja mengacu pada kawasan yang hijau. Perbandingan KDB kawasan kurang lebih hanya sekitar 50 % dari total lahan. Dari total lahan pengembangan 3 Ha, apartemen ini hanya akan menempati sekitar 8000 m2 saja atau sekitar 20 % dari total lahan sisanya akan digunakan untuk fasilitas dan penghijauan. Sesuai brand yang diusung bernuansa green, maka penghijauan akan dimaksimalkan. Ada beberapa tipe kamar yang secara khusus di desain garden.

    THE GRAND BABARSARI
    Maraknya pasar properti highrise building di Jogja menuntut para pelaku bisnis tersebut benar-benar matang dalam mempersiapkan produk yang ingin dijualnya. Hal tersebutlah yang baru-baru ini tengah digenjot oleh PT. Grahaprima Realtindo pada produk The Grand Babarsari. Dipaparkan Ovie Erlina, Marketing Manajer PT. Grahaprima Realtindo, di awal tahun 2015 ini The Grand Babarsari tengah melakukan rebranding untuk semakin mengenalkan pada masyarakat luas. “Kita tengah melakukan rebranding, pasar kita perluas, tidak hanya mahasiswa tetapi untuk kalangan investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya di sini”, paparnya.

    Ditambahkannya saat dihubungi, The Grand Babarsari mengusung tag line : redefining urban living ingin menegaskan kehadirannya di daerah Babarsari sangat cocok bagi kaum urban Jogja. Dengan lokasi yang strategis dan fasilitas yang lengkap, akan memanjakan dan mendukung kesibukan penghuninya kelak. The Grand Babarsari meski menawarkan kemudahan akses untuk menjangkau berbagai fasilitas pendukung kehidupan juga menawarkan kondisi lingkungan sekitar yang masih asri. Terletak di tengah area terbuka hijau yang masih segar, dekat dengan bumi perkemahan, dan latar belakang view Gunung Merapi menyajikan konsep apartemen yang menawan. Selain itu kawasan tersebut memiliki kedekatan dengan berbagai universitas ternama di kota Jogja seperti, Atma Jaya, UPN, STIE YKPN, STT Nasional, UII Ekonomi, dan Universitas Proklamasi 45, serta masih banyak lainnya.

    The Grand Babarsari menawarkan beberapa tipe unit kamar mulai dari tipe studio, 1BR, dan 2BR. Harga yang ditawarkannya pun relatif seimbang dengan berbagai keunggulan yang dimiliki The Grand Babarsari. “Harga yang kami tawarkan cukup menarik bagi konsumen mahasiswa maupun investor yang ingin kami sasar, untuk tipe Studio kami tawarkan pada kisaran harga mulai dari 300 jutaan, dan untuk 2BR kami tawarkan mulai dari kisaran 600 jutaan”, terang Ovie singkat.
    Menurut Ovie, pihaknya tetap optimis dengan pasar properti vertikal Jogja. Semakin sempitnya lahan untuk hunian menjadi salah satu alasan produknya akan laku keras di pasar. “Kita telah melakukan ground breaking 20 Desember 2014 lalu. Targetnya sih, akhir 2016 sudah dapat hand over untuk tower Cambrige”, tuturnya. Berdiri di atas lahan seluas 8000 m2, The Grand Babarsari menawarkan tiga tower yang masing-masing memiliki ketinggian 10 lantai. Di awal pemasarannya The Grand Babarsari tengah menawarkan tower pertama (Cambrige).

    Konsep kawasan dan harga yang seimbang ke depannya dipastikan nilai investasi The Grand Babarsari akan terus mengalami kenaikan. Mereka yang membeli di awal pemasaran dipastikan akan menikmati kenaikan harga dan investasi yang terus membumbung. Diprediksikan Ovie untuk sebuah investasi The Grand Babarsari menyimpan potensi yang cukup menarik, kedekatan dengan universitas menjadi petimbangannya. “Untuk investasi kami prediksi bisa naik hingga 50 %, para investor yang membeli dapat menggunakannya sebagai kos-kosan eksklusif, harga kos-kosan eksklusif di Jogja sudah di kisaran 3,5 jutaan per bulan, ini jelas potensi yang baik untuk investasi”, terang Ovie. Prediksi tersebut menurutnya tidaklah asal-asalan, karena akan berbanding seimbang dengan fasilitas yang ditawarkan The Grand Babarsari. Fasilitas tersebut berupa educational park yang inspiratif dan cozy dilengkapi akses Wi-Fi, roof garden, fitnes center, kolam renang semi olympic size, retail/comersial area seperti ; convention store/mini market, cafe/rooftop cafe, book shop, gallery ATM, laundry, salon, serta dilengkapi security 24 jam dengan access card, dan undercover basement park. “Landscape kami hampir 56 % kami gunakan untuk fasilitas umum dan penghijauan”, pungkasnya. Greg-red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain