Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Pertumbuhan Properti 2014 Subur di Semua Kelas-bagian 1

    The Green Harmony
    Pondok Permai Palagan 5
    Bale Mulia Residence
    Royal maguwo

    Pertumbuhan penduduk setiap tahun mengalami kenaikan yang cukup pesat. Laju pertumbuhan penduduk berpengaruh pada permintaan rumah sebagai tempat tinggal di pasar juga mengalami kenaikan. Permintaan tersebut tak hanya terjadi di satu lantai, rumah model dua lantai atau bertingkat dengan kemegahannya juga cukup banyak peminatnya. Permintaan pasar akan rumah yang cukup tinggi ini menjadi potensi besar yang terus di tangkap pengembang-pengembang khususnya di Jogja. Jogja dengan berbagai alasannya kini menjadi salah satu tempat yang banyak diminati untuk membeli rumah sebagai tempat tinggal atau sekedar berinvestasi. Bisnis properti khususnya di perumahan kini tak sekedar rumah sebagai tempat tinggal, namun sudah mengarah ke sisi ekonomi. Orang membeli rumah kini tak hanya untuk tempat berteduh, tetapi sisi investasi juga menjadi suatu hal yang dipertimbangkan bagi konsumen untuk menjatuhkan hati pada suatu produk perumahan tersebut. Dinamika pertumbuhan properti terlihat pada beberapa perumahan di Jogja.

    THE GREEN HARMONY
    Lokasi yang dekat dengan kota, kegiatan niaga maupun sarana pendidikan selalu menjadi senjata yang diunggulkan. Misalnya saja kawasan hunian The Green Harmony garapan PT. Agung Adi Pratama. Berada di sisi barat kota Jogja, tepatnya di poros jalan Gamping – Sidoarum Dusun Mejing Ambarketawang Gamping Sleman. Nilai plus-nya karena berada di jalur alternatif sekaligus jalur ekonomi yang menghubungkan Kabupaten Sleman dengan Kabupaten Bantul. Hanya 10 menit dari pusat kota (Malioboro), dekat dengan akses ringroad barat dan ringroad selatan, serta didukung keberadaan beberapa kampus pendidikan, yakni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Bina Sarana Informatika (BSI), Stiekes A. Yani, Stiekes Alma Ata dan fasilitas umum seperti Rumah Sakit PKU, SPBU Ambarketawang, Pasar Tradisonal, Swalayan, dan Minimarket.

    Mengusung konsep suasana nyaman, tenang, dan didukung dengan bangunan yang green, ramah lingkungan sehingga selaras dengan alam. Untuk memenuhi ruang terbuka ditiap kavlingnya, terdapat taman belakang yang sangat berguna untuk pengembangan rumah tumbuh ataupun area bermain anak. Pada lingkungan kawasan, seluruh jalan lingkungan akan diberi tanaman peneduh yang artistik, dan untuk jalan lingkungannya dipilih paving block dan grass block, dengan tujuan membuat air hujan akan terserap langsung ke tanah.

    The Green Harmony mengusung konsep kawasan dan bangunan bergaya minimalis tropis. Garis-garis tegas pada beberapa sudut bangunan akan mempertegas gaya minimalis yang diusungnya, sedang taman di depan dan belakang bangunan akan menghadirkan sentuhan tropis. Konsep minimalis tropis perumahan ini dibuktikan dengan denah dan desain ruang yang mengoptimalkan pola hubungan yang terbuka. Konsep minimalis tropis ini salah satunya diwujudkan dengan ketinggian plafon 4 meter sehingga sirkulasi udara lancar, tetap adem dan tidak membutuhkan penghawaan buatan. Ketinggian plafon tersebut juga berfungsi sebagai pencahayaan sehingga mengurangi penggunaan lampu ketika siang hari. Desain ruangnya mengacu optimalisasi ruang, serta harmonisasi antar ruang yang maksimal, meski rumah menengah namun dapat terlihat luas , itulah yang banyak dicari para konsumen kelas menengah. Dengan konsep tersebut, interior ruangan rumah terasa lebih lega karena meminimalisir penggunaan dinding penyekat. Ruang keluarga sebagai ruang berkumpul dan bersosialisasi ditempatkan pada posisi dengan view maksimal dan terbuka.

    Dalam denah standar tipe 54/137, konsumen akan mendapatkan sebuah carport yang menyatu dengan taman depan, sebuah ruang tamu yang terkoneksi dengan ruang keluarga dan ruang dapur yang berakses ke taman belakang dan sebuah kamar mandi. Masuk area private, tersedia 2 kamar tidur dengan masing-masing view ke arah taman depan serta taman belakang. Dalam denah standar 2 lantainya, tipe 100/143, dengan lebar kavling 13 meter, konsumen akan mendapatkan denah di lantai dasar berupa carport, kamar tamu, 1 kamar tidur utama, ruang makan sekaligus ruang keluarga, 1 kamar mandi utama, dan di bagian samping terdapat dapur. Sedangkan di lantai 2 terdapat 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang keluarga yang berakses dengan sebuah balkon dengan view ke arah taman depan.

    The Green Harmony dilengkapi dengan spesifikasi struktur bangunan yang terbuat dari beton bertulang dengan pondasi terbuat dari pasangan batu kali & foot plate. Untuk dindingnya menggunakan pasangan batu bata merah dengan balutan cat catylac/setara. Untuk lantainya terbuat dari mulia 40 x 40/setara, genteng terbuat dari beton flat yang disangga rangka atap baja ringan. Untuk kusen digunakan alumunium dan jendela dipilih kayu jati finishing melamin, begitu juga dengan pintu utama dan pintu servis. Untuk sanitasi dipilihlah merk INA/setara, sedangkan untuk kebutuhan air bersih menggunakan air sumur dan ditunjang dengan daya listrik PLN sebesar 1300 watt.

    Kawasan yang menawarkan 20 unit rumah, sejak resmi diluncurkan tepat setahun yang lalu sampai saat ini sudah terjual kurang lebih 70 %-nya. The Green Harmony ditawarkan pada kisaran harga mulai 425 jutaan (tipe 54/125) hingga 675 jutaan untuk 2 lantai. Rumah 2 lantainya, yakni tipe 100 dengan luas tanah 143 m² dipasarkan pada kisaran harga 675 jutaan. Adapun kenaikan ini cukup prospektif untuk investasi, dalam kurun waktu setahun kenaikan bisa mencapai 3 kali, dengan kenaikan bisa mencapai 20 %.

    PONDOK PERMAI PALAGAN 5
    Progress penjualan yang cepat dan seimbang dengan pembangunan kawasan ditunjukkan pengembang PT. Sumber Baru Land pada produk Pondok Permai Palagan 5. Pembangunan kawasan perumahan tersebut terlihat nyata dengan banyaknya rumah yang sudah mulai dibangun, atau hampir mencapai finishing. Sarana infrastruktur kawasan sudah dapat dirasakan konsumen jika ingin melihat-lihat kawasan Pondok Permai Palagan 5. Jalan masuk menuju lokasi dibuat lebih menawan dengan penggunaan batu alam, sebagai penunjuk. Sistem one gate system yang ditawarkan saat ini sudah terbangun dengan utuh, kombinasi yang menawan antara penggunaan batu alam dengan tanaman-tanaman. “ Infrastruktur kawasan sudah kami siapkan dengan baik, jalan, pos satpam, gate, dan taman sudah kami bangun, ini bukti komitmen kami dalam membangun kawasan yang nyaman. selain itu kita ingin memberikan bukti bahwa konsep kawasan yang kami desain sejak awal, memang mengacu pada kenyamanan konsumen. Jalan kami yang lebar dapat Anda rasakan saat masuk kekawasan Pondok Permai Palagan 5, meski jumlah unit kami di situ tergolong sedikit tapi kami desain dengan maksimal”, terang Maria, SE, Manajer Marketing, PT. Sumber Baru Land.

    Berdiri di atas lahan seluas 6000 m² Pondok Permai Palagan 5 menawarkan 28 unit rumah dan mendapat respon pasar yang sangat baik. Baru dipasarkan kurang dari satu tahun Pondok Permai Palagan 5 kini tinggal menyisakan 6 unit tersisa. Tipe hunian 60 yang ditawarkan pengembang ini terserap pasar dengan sangat baik. Ditawarkan pada kisaran harga 700 jutaan, tipe 60 dengan denah standar berupa carport, teras, ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi, dan dua kamar tidur akan mengakomodasi kebutuhan ruang penghuninya. Tatanan unit rumahnya pun didesain dengan konsep green living dengan pendekatan arsitektur hunian yang modern minimalis. Penggunaan kaca pada beberapa sudut rumah dan adanya taman di depan dan belakang rumah akan menghadirkan konsep green yang diusungnya. Konsumen yang membeli Pondok Permai Palagan 5 saat ini sudah dapat melihat spek bangunan yang digunakan pada rumah-rumah yang sedang dalam proses pembangunan. Spesifikasi bangunan Pondok Permai Palagan 5 menggunakan kualitas yang prima.

    Untuk legalitasnya, dijamin tidak akan ada masalah, karena IMB dan sertipikat sudah pecah per kavlingnya. Dengan segala keunggulannya tersebut, tak heran apabila Pondok Permai Palagan 5 menjadi 'magnet' baru untuk mereka pencari rumah di sisi Utara Jogjakarta yang menginginkan sebuah kawasan yang nyaman untuk hunian, berwawasan lingkungan, sekaligus berinvestasi di lokasi yang prestisius dan eksklusif. Berbicara investasi, perumahan tersebut tentu memiliki nilai yang cukup tinggi. Sejak dipasarkan sudah mengalami kenaikan harga hingga 4 kali. Seperti diutarakan Maria, menambahkan, pasar properti sisi Utara Jogja masih sangat bagus, peminatnya masih cukup tinggi. Kondisi alam yang masih asri dengan udara yang segar serta nyaman menjadi alasan konsumen perumahan tetap mencari sisi utara. Berkaca dari kesuksesan penjualan produk-produk sebelumnya yang berada di utara, maka di tahun ini pengembang yang sudah memiliki nama baik di wilayah Jogja dan sekitarnya ini berencana membuka lahan baru yang berada di Jalan Kaliurang. Perumahan tersebut hadir dengan brand Pondok Permai kaliurang 2. Berdiri di atas lahan kurang lebih seluas 5000 meter persegi nantinya akan menawarkan rumah tipe 65, 75, 100 dan 125 (hook). Perumahan tersebut akan mengusung konsep kawasan yang selaras dengan lingkungan sekitarnya. “Di lokasi terbaru kami nanti (Pondok Permai Kaliurang 2 - red)akan dipasarkan rumah satu dan dua lantai. Hal ini untuk memenuhi permintaan pasar properti Utara Jogja yang masih sangat tinggi peminatnya”, tegas Maria, diujung percakapan.

    BALE MULIA RESIDENCE
    Pembangunan infrastruktur kawasan serta rumah yang sudah cukup banyak menjadi bukti perumahan Bale Mulia Residence terserap baik oleh pasar. Jika konsumen melihat lokasi saat ini akan langsung disuguhi proses pembangunan dalam kawasan yang sudah mencapai 50 %. Jalan lingkungan, gedung pertemuan, kolam renang, dan pembangunan rumah nampak nyata. Dengan pembangunan dalam kawasan yang sudah terasa membuat penjualan Bale Mulia Residence memiliki progress yang sangat baik. Dari total 124 unit yang ditawarkan hingga kini sudah terjual kurang lebih 80 unit kepada konsumen. Team marketing yang solid dan berpengalaman siap memberikan pelayanan yang baik kepada setiap konsumen. selain itu nama besar PT. Formula Land sebagai salah satu pengembang kawakan dan terpercaya di kota Jogja, membuat konsumen akan merasa lebih aman, nyaman, dalam menginvestasikan uangnya di perumahan Bale Mulia Residence.

    Bale Mulia Residence memiliki aksesibilitas yang baik dan berada pada daerah yang terus berkembang. Terletak di kawasan Jogja utara, tepatnya Jalan Raya Kebon Agung, Mlati Sleman yang merupakan kawasan alternatif strategis pengembangan kawasan perkotaan Kabupaten Sleman. Lokasi perumahan ini tak jauh dari jalur lingkar Ringroad yang mengelilingi kota Jogja. Ditambah dengan pembangunan fly over jalan magelang yang sudah mendekati jadi, memungkinkan kawasan tersebut akan semakin ramai diburu pasar. Pembangunan sekitar Bale Mulia Residence terlihat cepat dan nyata. Di sekitar perumahan tersebut kini sudah mulai banyak berjejer perumahan-perumahan baru. Di sekitar kawasan ini, konsumen masih bisa merasakan sehatnya udara bersih, hijaunya alam sekitar, dengan akses yang mudah untuk menuju perkotaan, Bandara Adi Sucipto, pusat perbelanjaan, dan dekat dengan pusat pendidikan ternama seperti kampus Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Gajah Mada, Universitas Islam Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, Universitas Pembangunan Negeri, Atmajaya, STIE YKPN.

    Pengembang ini selalu berkomitmen memberikan hunian berkelas dan berkarakter kepada konsumen perumahan Jogja. Kawasan yang dihadirkannya selalu mensinergikan antara kenyamanan, keamanan, dalam balutan kemewahan kawasan dan hunian. Untuk menghadirkan keamanan dan kenyamanan Bale Mulia Residence dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung yang memadahi. Bale Mulia Residence hadir dengan menyuguhkan berbagai fasilitas guna mendukung kenyamanan konsumen, yakni kolam renang, gedung pertemuan, keamanan dengan pos satpam 24 jam, jaringan listrik underground, jalan lingkungan yang lebar, dan penataan lingkungan yang asri. Pembangunan berbagai fasilitas tersebut kini sedang dalam on progress. Landscape kawasan yang asri dengan jalan lingkungan kawasan yang luas bernuansa alami serta greenbelt lebar yang diintegrasikan dengan alam. Tanaman perindang dihadirkan di beberapa titik kawasan untuk mendukung konsep green living yang diusung pengembang tersebut.

    Dengan penataan kawasan yang sempurna untuk sebuah hunian tersebut, tak heran jika Bale Mulia Residence menyajikan nilai investasi yang menguntungkan. Sejak dipasarkan pada pertengahan tahun 2013 lalu hingga kini perumahan Bale Mulia sudah mengalami kenaikan harga 2 kali dengan kisaran perkenaikan sebesar 10 %. Jika konsumen membeli unit rumah di perumahan tersebut sudah dibandrol pada kisaran harga 2,171 Milyaran. Konsumennya pun beragam. Konsumen lokal, luar Jogja, dan luar Jawa cukup mendominasi. Ikon kota Jogja sebagai kota pendidikan dan budaya membuat kota ini banyak pendatangnya. Nyamannya Jogja sebagai kota hari tua, membuat mereka yang saat ini bekerja di luar memilih Jogja sebagai tujuannya. Kebanyakan mereka membeli di Bale Mulia Residence sebagai hunian. Harga tersebut akan sebanding dengan konsep arsitektur bangunan serta kualitas yang dihadirkan. Struktur bangunan sudah mempertimbangkan angka aman yang besar. Spesifikasi bangunan yang di perjanjikan adalah material dengan kualitas super. Tipe-tipe rumah yang dihadirkan di Bale Mulia Residence ialah hunian 2 lantai. Dengan ragam rumah tinggalnya meliputi tipe Dewana (266 -hook), tipe Swarna (223 -hook), tipe Kencana (253), dan tipe Kirana (216).

    Bale Mulia Residence menerapkan konsep green architecture dengan desain banyak pencahayaan, sirkulasi udara yang baik serta hemat energi. Untuk materialnya, digunakan bahan kualitas super, seperti penggunaan kusen kayu jati dan penutup lantai grannite tile. Pada fasad rumah, elemen modern ditonjolkan melalui garis-garis tegas mendatar dari dak beton di balkon rumah serta kisi-kisi beton di lantai duanya. Unsur desain tropis juga terlihat fungsinya sebagai peneduh kanopi di teras serta tritisan jendela lantai 1 yang menyatu sampai pintu garasi. Desain balkon yang dibuat sedikit menjorok ke dalam juga menjadi daya tarik. Semua rumah menggunakan atap limasan yang akan menimbulkan kesan gagah, mewah, eksklusif dan secara maintenance pun lebih mudah dengan penutup genteng beraksen natural. Di beberapa bagian dinding depan rumah, permainan kombinasi cat tekstur dihadirkan untuk memberi kesan elegan. Gaya arsitektur tersebut dikerjakan langsung di bawah PT. Formula Land untuk menjaga kualitas yang prima. PT. Formula Land memiliki divisi tersendiri yakni divisi kontraktor yang bertugas membangun rumah. dengan divisi kontraktor tersebut maka pembangunan rumah di perumahan ini tidak di sub kan. Ini dimaksudkan jelas untuk menjaga kualitas produk dengan quality control yang baik.

    ROYAL MAGUWO
    Penjualan yang baik untuk rumah tipe dua lantai juga dirasakan oleh pengembang Saraswanti Hasil Makmur pada produknya, Royal Maguwo. Perumahan yang berdiri di atas luas lahan 2, 2 Ha tersebut dibagi menjadi dua pilihan rumah satu dan dua lantai. Berada di wilayah Jogja Timur, sebagai daerah penyangga perkotaan, daerah tersebut menyimpan potensi yang baik untuk sebuah hunian. Hal ini terlihat dari perkembangan lingkungan sekitar Royal Maguwo. Di sekitar perumahan tersebut kini sudah mulai banyak perumahan-perumahan baru yang terparkir mendampingi. Kondisi alamnya masih segar, udaranya belum banyak terpolusi, perumahan ini akan menjadi pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan hunian yang nyaman. Lokasi Royal Maguwo relatif mudah untuk dijangkau. Berada di sisi utara kampus UKRIM, menjadikannya mudah untuk diakses. Akes menuju lokasi pun saat ini sudah sangat nyaman. Pelebaran jalan yang dilakukan membuat jalan menuju lokasi dari Jalan Jogja Solo semakin mudah. Selain itu lokasi ini cukup memiliki kedekatan dengan Bandara Internasional Adisucipto, pusat-pusat perbelanjaan seperti Amplaz dan Lotte Mart, serta beberapa rumah sakit. Kedekatan dengan berbagai sarana pembangkit lingkungan tersebut menjadikan Royal Maguwo tergolong pada lokasi yang relatif prestisius untuk sebuah hunian yang modern dan eksklusif.

    Proses pembangunan dalam kawasan perumahan terus dilakukan oleh pengembang Saraswanti Hasil Makmur. Progres ini sebagai bukti pengembang ini tak main-main dalam menyajikan produknya. Berbagai infrastruktur kawasan seperti gate dan jalan saat ini sedang dalam proses pembangunan. “Gate kita sudah hampir jadi, jaringan air PDAM sudah masuk lokasi, resapan air sudah siap, jaringan listrik sudah mulai terpasang”, terang Haidar Talib Al Katiri, Direktur Operasional, PT. Saraswanti Hasil Makmur. Pembangunan rumah-rumah yang sudah terjual membuat Royal Maguwo semakin terasa hidup. “ Dari total 110 unit rumah, kami memiliki kurang lebih 35 unit rumah dua lantai, yakni tipe 110, dan sudah terjual lebih dari 30%. Kavling-kavling yang sudah terjual tersebut saat ini sudah mulai masa pembangunan rumah. Kita ingin memberikan penghargaan kepada konsumen-konsumen kami yang membeli di awal, setelah kawasan ini semakin nyata tentu saja harga juga akan terus bergerak, mereka yang membeli pertama akan merasakan nilai investasinya”, tambah Haidar.

    Nilai investasi tersebut juga akan dirasakan dalam hal penataan kawasan perumahan. Konsep kawasan perumahan ini adalah menawarkan kemewahan rumah-rumah dengan desain arsitektur modern tropis yang di kombinasikan secara serasi dengan ketenangan atmosfer hunian, kesejukan udara, jalan lingkungan yang bersih dan rapi, serta taman-taman yang cantik. Pohon-pohon perindang seperti Flamboyan, Sepatu Dea, serta tanaman buah di setiap kavling dihadirkan Royal Maguwo dalam kawasan. “ Saya suka kawasan perumahan yang hijau rindang semakin banyak pohon perindang, kawasan tersebut akan semakin sejuk”, Ungkap Haidar. Penataan taman diselaraskan dengan kawasan yang masih segar. Konsep tropis ini akan dipertegas dengan meletakan taman-taman di sudut kawasan, sedangkan setuhan modern akan terlihat pada konsep bangunannya.

    Konsep bangunan rumah-rumah di Royal Maguwo di desain dengan sentuhan artistik yang mewah di setiap detailnya. Denah ruang perumahan ini mengacu pada kenyamanan dan spasial. Dengan spesifikasi bangunan yang ditawarkan perumahan ini menyajikan kualitas bangunan yang menjanjikan. Seperti dituturkan Haidar lebih lanjut, “ untuk bangunan dua lantai kita benar-benar perhitungkan kualitasnya. Besi untuk struktur bangunan kita gunakan besi ulir 13 dengan sistem cakar ayam. Selain itu pembelanjaan material kita lakukan sendiri sehingga material yang digunakan akan sama dengan spesifikasi bangunan yang sudah di sepakati konsumen”, imbuhnya. Untuk menjaga keseragaman bentuk muka bangunan, dan kerapian kawasan PT. Saraswanti Hasil Makmur mengharuskan fasad rumah harus sama. Denah ruang dapat diubah sesuai kebutuhan ruang penghuninya, selama dilakukan dari awal. Jika terjadi penambahan luas tentu akan ada biaya tambahan. Banyaknya rumah yang sudah dibangun, pengembang tersebut menargetkan di bulan Maret atau April tahun ini sudah ada rumah yang serah terima.

    Seiring dengan pembangunan kawasan yang sudah terbentuk, saat ini rumah-rumah di Royal Maguwo sudah dipasarkan pada kisaran harga mulai dari 500 jutaan untuk rumah tipe satu lantai, dan 800 jutaan untuk bangunan dua lantainya. Untuk mendukung kebutuhan warganya, Royal Maguwo juga memiliki Ruko di bagian depan kawasan. Royal Niaga ini di desain dengan arsitektur yang festive dan modern. Royal Niaga memiliki konsep yang unik mempertemukan ruko-ruko berkelas dengan open space area yang luas. Nantinya selain menjadi kantor dan tempat usaha. Kawasan Royal Niaga tersebut saat ini sudah mulai dibangun dan dipasaran dengan harga mulai 500 jutaan. Greg-Red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain