Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Petualangan Dalam Colonial Heritage Java Villas Boutique Hotel & Resto

    Java Villas Boutique Hotel&Resto
    Boutique Hotel
    Boutique Hotel&Resto
    Kamar Hotel
    Java Villas

    Prawirotaman telah dikenal masyarakat luas sebagai suatu daerah yang menjadi tempat berkumpulnya berbagai wisatawan mancanegara di Yogyakarta. Oleh sebab itu nama Prawirotaman pun sudah tersohor ke penjuru dunia. Kampung Prawirotaman atau sering juga disebut kampung turis merupakan sebuah daerah yang terletak kurang lebih lima kilometer dari kota Jogjakarta. Tidak sulit untuk mencapai kampung tersebut. Berbagai moda transportasi dapat mencapainya. Kawasan Prawirotaman menyajikan deretan penginapan dengan ciri khas masing-masing. Posisinya yang berada di tengah kota Yogyakarta memudahkan para wisatawan yang akan mengunjungi berbagai obyek wisata di kota gudeg. Aneka sarana akomodasi tersedia di Prawirotaman, mulai dari penginapan tipe backpacker hingga hotel berbintang. Selain penginapan, di kawasan ini juga terdapat fasilitas wisata lainnya seperti agen tour & travel, artshop, warnet dan wartel, cafe dan resto, hingga bookshop.

    Salah satu dari sekian banyak penginapan yang layak menjadi pilihan apabila Anda berkunjung ke Prawirotaman adalah Java Villas Boutique Hotel & Resto. Aksesibilitas menuju hotel ini pun mudah dijangkau. Hotel yang mulai dibangun pada tahun 2014 ini hanya ± 30 menit dari bandara Internasional Adi Sucipto, sekitar 10 menit dari stasiun kereta api Tugu Yogyakarta, dan 5 menit saja dari Kraton dan Malioboro.

    Hotel yang mengadopsi konsep bangunan Colonial Heritage ini terletak di jalan Prawirotaman II / Jalan Gerilya Mergangsan III No. 460 Yogyakarta. Dari luar, bangunan dua lantai ini tampak artistik. Kekokohan Java Villas Boutique Hotel & Resto terlihat dari struktur bangunannya. Fasad depan bangunan hotel yang di dominasi batu bata ekspos dan desain pintu utama serta jendela berukuran besar cukup mewakili konsep yang diusungnya. Beberapa tanaman hias dan sebuah pohon besar di area depan memberikan kesan asri dan sejuk bagi hotel yang mulai beroperasi pada bulan Februari 2017 tersebut. Konsep bangunannya tidak hanya tersaji pada eksteriornya saja, namun juga dari segi interior. Lobby room dirancang megah dan mewah. Pintu kaca masuk lobby room dilengkapi dengan handle berukuran besar memperkuat aksen bangunan Eropa. Lantai-lantai ruangan ini menggunakan tegel kunci yang memberikan sentuhan nuansa heritage. Sebuah meja berbahan marmer berwarna putih yang nampak seperti perapian dengan beberapa hiasan berupa patung kepala Budha di atasnya langsung nampak begitu memasuki area lobby room.

    Pencahayaan pada area tersebut menggunakan kombinasi antara lampu klasik dan modern. Lampu gantung klasik yang terdiri dari beberapa lampu kecil berwarna kuning tepat di tengah lobby room. Beberapa lampu spot modern ditanam di dalam plafon mengelilingi lampu utama. “Furnitur di lobby memakai jenis furnitur modern minimalis, baik meja maupun kursinya,” terang Bobby Ardyanto, owner Java Villas Boutique Hotel & Resto. Benda-benda seni seperti lukisan dan ornamen penghias dinding terdapat di beberapa sudut lobby room .

    Pada sisi barat lobby room terdapat area resepsionis dengan meja marmer ukuran besar beraksen kayu berwarna putih yang berpadu dengan latar belakang dinding bata ekspos. Senyum ramah receptionist akan langsung menyambut setiap tamu yang datang. Ruang tunggu yang berada pada sisi timur lobby room juga tidak kalah mewah dalam segi arsitektur dan furnitur yang diaplikasikan. Sofa set berwarna abu-abu muda berpadu dengan aksen kayu nampak serasi dengan background berupa sisi dinding yang dilengkapi dengan cermin berukuran besar dan dua buah lampu hias bergaya klasik menambah kehangatan area waiting room.Beberapa koleksi piring keramik antik juga nampak terpampang rapi pada dinding bata ekspos.

    Melangkah lebih ke dalam, kita akan menuju area resto yang menjadi satu dengan lobby room. Tempat ini biasa digunakan bagi para tamu untuk breakfast. Namun tak jarang dari tamu luar yang datang hanya sekedar menyantap makan di resto tersebut. Terletak tepat di tengah ruangan, area resto tersebut disekat dengan ornamen-ornamen unik berbahan kayu. Table set kayu bergaya lawas dengan dominasi berwarna putih, berpadu dengan lantai motif khas pada lantai tegel kunci semakin membuat kesan klasik terasa begitu kental layaknya berada di dalam rumah kolonial. Pada ujung area resto terdapat sebuah bar tempat para barista meracik sajian minuman untuk para pengunjung resto maupun tamu hotel. Material kayu nampak mendominasi furnitur yang digunakan, mulai dari meja dan kursi bar hingga rak minuman yang ada tepat di belakangnya.

    Selanjutnya, kita akan bertemu area kolam renang yang berada tepat di tengah area kamar hotel dua lantai yang berdiri di atas lahan seluas ± 840 m² tersebut. Kolam renangnya pun dikelilingi taman yang rimbun penuh dengan tanaman penghias seperti pohon Palem dan Kamboja Jepang. Pada sudut tepi kolam renang terdapat sebuah tempat bersantai berupa sofa kayu. “Sebisa mungkin saya ingin menghadirkan nuansa alam yang asri termasuk pada area kolam renang. Oleh karena itu di sekeliling kolam ditanami beberapa tumbuhan yang dapat menambah kesejukan di dalam area hotel,” tambah Bobby.

    Jumlah kamar yang ada pada hotel dengan okupansi minimal sebesar 50% tersebut yaitu terdapat 17 kamar yang terbagi menjadi tiga tipe, Deluxe Room, Executive Room, dan Suite Room. Pada tipe Deluxe Room terdapat dua pilihan yaitu Deluxe Twin dan Deluxe Double. Yang membedakan hanya pada tempat tidur yang diberikan. Tipe Deluxe Twin memiliki dua buah tempat tidur berukuran single, sedangkan tipe Deluxe Double digunakan satu buah tempat tidur king size yang sama-sama berkapasitas untuk 2 orang. Untuk fasilitas standar yang diberikan oleh tiap tipe kamar diantaranya, televisi 32 inci dengan sambungan channel berbayar, air conditioner, hot water shower, desk, dan minibar. Tempat tidur kayu bergaya klasik dengan bed cover dengan hiasan motif batik memberikan nuansa Jawa di ruang kamar. Dua buah lampu tidur yang berada pada sisi-sisi tempat tidur menambah kesan hangat dan nyaman.

    Executive Room mempunyai luas ruangan yang lebih besar dibanding dengan tipe Deluxe Room. Dilengkapi dengan sebuah king size bed, tipe kamar ini cocok bagi tamu yang ingin menginap bersama pasangan. Di sisi kamar terdapat sebuah almari pakaian tempat menyimpan berbagai barang bawaan. Di sudut lain ruangan tersebut juga nampak sebuah meja kayu bergaya klasik yang tampil serasi dengan lantai dan almari. Pemilihan warna cream semakin memberikan nuansa klasik di kamar tidur. Kamar mandi didesain lebih modern yang dilengkapi dengan bath up dan shower dengan pemilihan warna putih yang mendominasi. Kamar tipe Suite Room juga memiliki desain interior yang senada dengan tipe kamar yang lain, namun tentu saja dengan ukuran kamar paling luas diantara dua tipe lain yang ditawarkan Java Villas Boutique Hotel & Resto.

    Untuk harga kamar, penginapan ini menawarkan harga yang kompetitif. Tipe Deluxe Double Rp. 500.000, tipe Deluxe Twin Rp. 550.000, tipe Executive Rp. 600.000, dan untuk tipe Suite Rp. 900.000. Tarif kamar tersebut sudah termasuk 2 buffet breakfast.”Untuk room rate sendiri biasanya akan naik sekitar 10-20% pada high season seperti hari-hari libur nasional. “Sesuai tagline yang kami usung 'feel the unforgetable experience with us', tentu kami akan memberikan pengalaman berbeda kepada tamu yang menginap di Java Villas Boutique Hotel & Resto,” pungkas Bobby. Farhan-red

    Java Villas Boutique Hotel & Resto
    Jl. Gerilya MG III, No.460 Prawirotaman 2,
    Yogyakarta
    Phone (0274) 2871 338 - Fax (0274) 2871 747
    Email: reservation@javavillashotel.com
    www.javavillashotel.com

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain    Holcim Solusi Rumah