Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Poros Properti Jogja & Magelang Makin Gemilang-bagian 1

    Dehanggo Mansion tipe 80
    Agatama Regency Purwomartani tipe 50
    Villa Green Madani Balecatur tipe 45
    Villa Bougenville tipe 80
    Kampoeng Gajah Permai tipe 54

    Bisnis properti dari tahun ke tahun menunjukkan tren yang cukup positif. Banyaknya permintaan akan hunian membuat bisnis ini tak pernah ada matinya. Bahkan memiliki kecenderungan kenaikan harga yang tidak realistis. Kota Jogja misalnya dari tahun ke tahun menggambarkan pertumbuhan harga properti yang cenderung terlalu cepat sehingga kemampuan beli masyarakat lokal cukup sulit untuk bisa mengikutinya. Tingginya pertumbuhan harga tersebut juga dipengaruhi pasar properti Jogja yang berskala nasional. Uniknya di tengah pertumbuhan harga yang tinggi, perkembangan properti Jogja terus meningkat. Hal ini terlihat dari terus bermunculannya lokasi-lokasi perumahan baru. Hal tersebut diyakini oleh salah satu pengembang di kota Jogja, PT. Agatama Putra yang tengah meluncurkan produk terbarunya. Menurut Direkturnya, Shandi Zhamaludin, properti Jogja terus mengalami perkembangan, dan masih cukup baik untuk digarap.

    Hal berbeda dapat dirasakan pada properti wilayah Magelang. Sebagai salah satu Kabupaten di Jawa tengah, Magelang saat ini tengah mengalami geliat properti yang menggairahkan. Diungkapkan salah satu pelaku bisnis perumahan di Kota Magelang, jika peminat hunian di wilayah Magelang tengah menggeliat dengan baik. Meski masih didominasi oleh pasar lokal dengan harga di bawah 500 jutaan, terbukti lokasi-lokasi perumahan yang ditawarkan para pengembang di Magelang terserap pasar dengan baik. “Segmentasi pasar properti Magelang masih banyak yang mencari sebagai tempat tinggal pertama. Pilihannya masih banyak sehingga konsumen dimudahkan dengan berbagai pilihannya”, ungkap Alex Fajar, Direktur PT. Bintang Indah Sentosa. Pada edisi kali ini kami akan hadirkan beberapa lokasi pilihan perumahan di Jogja dan Magelang yang patut diperhitungkan keberadaannya.

    DEHANGGO MANSION – YOGYAKARTA
    Pilihan rumah ready stock coba ditawarkan oleh perusahaan pengembang PT. Dianatina Ayu melalui produk perumahan dengan brand Dehanggo Mansion. Kawasan perumahan yang terletak di Dusun Jambon, Trihanggo, Gamping, Sleman. Dehanggo Mansion merupakan sebuah kawasan perumahan yang sudah hidup dan patut menjadi opsi bagi para property hunter yang mendambakan sebuah produk perumahan yang sudah settle.

    Dehanggo Mansion menawarkan pilihan tipe hunian satu dan dua lantai. “Dari total 49 unit yang ditawarkan kini tinggal menyisakan 10 unit”, ungkap Tanti, Manajer Operasional PT. Dianatina Ayu. Tipe satu lantai terdiri dari tipe 80 dengan luas tanah mulai dari 180 m² hingga 260 m², tipe 100 dengan luasan tanah mulai dari 169 m² hingga 215 m², sedangkan hunian dua lantai terdiri dari tipe 90 dengan luas tanah 145 m². Dengan unit perumahan, kawasan serta fasilitas yang sudah lengkap, Dehanggo Mansion sudah memiliki segmen market tersendiri. Pihak pengembang juga menawarkan penambahan luasan bangunan dari tipe yang telah tersedia. Untuk biaya penambahan luasan bangunan dibebankan kepada masing-masing konsumen.

    Produk perumahan yang mulai dipasarkan sejak tahun 2012 ini telah memiliki pangsa pasar tersendiri. Konsumen Dehanggo Mansion berasal dari kalangan khusus. “Mayoritas konsumen saat ini memang segmented, kebanyakan memang konsumen dengan pilihan untuk berinvestasi, tetapi juga ada yang murni untuk rumah tinggal”, terang Tanti. Ditambahkan Tanti, Dehanggo Mansion memiliki nilai jual serta prospek investasi yang sangat cerah. Pihak pengembang optimis dengan target bahwa pada tahun ini seluruh unit Dehanggo Mansion akan terjual.

    Konsumen Dehanggo berasal dari lokal maupun luar jogja. Menurut Tanti konsumen yang membeli produk Dehanggo Mansion merupakan kalangan wiraswasta, pegawai negeri maupun pegawai kantoran. Mayoritas konsumen dari luar Jogja memilih Dehanggo sebagai aset untuk berinvestasi dalam bentuk dikontrakan ataupun untuk dijual kembali pada nantinya. Sedangkan konsumen lokal Jogja memilih menjadikan Dehanggo sebagai hunian. Bagi konsumen yang akan membeli unit di Dehanggo Mansion melalui sistem KPR maupun cash keras ataupun cash bertahap, pengembang siap memfasilitasinya. “Untuk cash bertahap disediakan pilihan angsuran 1 tahun 12 kali tanpa bunga”, kata Tanti.

    Untuk harga, setiap unit hunian Dehanggo Mansion sudah menyentuh di atas 900 jutaan. “Harga paling murah sekarang 900 jutaan untuk tipe 90/145. Untuk tipe lainnya sudah tembus di atas 1 milyaran rupiah ke atas. Harga tersebut boleh dinego”, papar Tanti. Kenaikan harga sejak tahun 2012 sebanyak 2 kali dalam setahun. Pada tahun 2014 hingga awal 2015 ini, harga belum mengalami kenaikan. Dijelaskan oleh Tanti kenaikan harga tersebut dipicu oleh faktor lokasi dan harga tanah yang sudah mengalami kenaikan yang signifikan dalam waktu yang cepat.

    Lokasi perumahan Dehanggo Mansion ditentukan oleh kawasan perumahan yang sudah hidup. “Dehanggo Mansion terletak di kawasan strategis. Dekat dengan akses jalan propinsi, pusat kota, perbelanjaan, kesehatan, serta pendidikan. Dehanggo Mansion, dibangun dengan pertimbangan rumah yang bersahabat dengan lingkungan. Kebersihan adalah salah satu pertimbangan utama kami untuk membangun kawasan yang tertata rapi. Aspek legalitas yang lengkap telah dimiliki oleh Dehanggo Mansion. “Untuk aspek legalitas perumahan sudah ready semua”, kata Tanti. Dokumen IMB dan sertifikat per kavling sudah dikantongi oleh pengembang. Kawasan perumahan Dehanggo Mansion dilengkapi dengan fasilitas berupa one gate system, keamanan 24 jam, playground, balai pertemuan, pondok baca dan perpustakaan serta wifi area.

    AGATAMA RESIDENCE PURWOMARTANI – YOGYAKARTA
    Lokasi baru tengah dipasarkan oleh pengembang PT. Agatama Putra di sisi timur kota Jogja. Perumahan terbaru ini terletak di daerah Purwomartani Sleman. Berada di daerah yang telah berkembang sebagai daerah perumahan. Bermodal pengalaman dari produk sebelumnya Permata Purwo yang terserap pasar dengan baik produk terbaru ini akan menyuguhkan sebuah kawasan modern home. Diungkapkan Shandi Zamaludin, Direktur, PT. Agatama Putra, Agatama Residence Purwomartani hadir sebagai salah satu pilihan hunian di sisi timur Jogja. Perumahan ini akan menyuguhkan konsep bangunan yang apik dan menyimpan nilai investasi yang masih dapat berkembang.

    “Unit kami terbatas hanya sekitar 20 unit saja. Kami menawarkan sesuatu yang berbeda, konsep bangunan kami minimalis dengan desain yang cantik. Pengalaman dari produk sebelumnya, menunjukan pasar daerah tersebut masih cukup tinggi, dan kami hadir untuk menyuplainya”, ungkap Shandi saat dihubungi dikantornya. Lebih lanjut ditambahkannya, Agatama Residence Purwomarani akan menyuguhkan hunian satu lantai. Saat ini dalam kawasan perumahan sedang dalam persiapan lahan.

    “Tipe yang kami tawarkan mulai dari tipe 45 hingga 50 dengan luas tanah yang beragam. Harga yang ditawarkannya pun kami sesuaikan dengan pasar yang ada di daerah tersebut. Dikisaran harga mulai dari 400 jutaan, kami memprediksi dengan harga yang kami tawarkan, konsumen akan bervariasi lokal maupun luar Jogja akan terserap, seperti produk sebelumnya, kebanyakan mereka membeli sebagai rumah pertama, sehingga kedepannya perumahan ini akan hidup, karena rumah tersebut dihuni”, imbuh Shandi. Harga yang ditawarkan Agatama Residence Purwomartani disesuaikan dengan kualitas dan letak kawasan yang ada. Kualitas bangunan dikatakan Shandi di kantornya yang berlokasi di Jalan Ringroad Utara No.16 A Condongcatur Depok Sleman disesuaikan dengan harga dan menyuguhkan kualitas bangunan yang prima.

    “Kualitas bangunan kami selalu jaga, kami menggunakan material yang baik, karena ini berkaitan dengan kepuasan konsumen, kami juga memberikan garansi bangunan”, kata Shandi. Sedangkan dari lokasi Agatama Residence Purwomartani memiliki aksesibilitas yang baik, seperti hanya butuh waktu lima belas menit menuju Bandara Adi Sucipto, universitas UNRIYO, Sanata Dharma, INSTIPER, dan pusat perbelanjaan Lotte Mart, dan hanya butuh dua puluh menit menuju kawasan wisata candi Prambanan dan Ratu Boko.

    Menurutnya dengan penawaran kawasan yang ada, kedepan nilai investasi daerah tersebut akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. “Kami menawarkan kawasan hunian dengan nilai investasi yang baik, jika dilihat dari harga dasar tanah kawasan Purwomartani terus mengalami kenaikan. Dulu kami membeli tanah di daerah ini masih dikisaran 600 ribuan permeter, sekarang sudah dikisaran 800 ribuan per meter”, terang Shandi.

    Ditambahkan Shandi jika nilai investasi daerah Purwomartani masih akan terus berkembang seiring perkembangan daerah tersebut. Untuk mendukung nilai investasi tersebut dalam kawasan ini akan dilengkapi dengan fasilitas one gate system, taman lingkungan, desain yang apik, dan legalitas yang komplit. “Soal legalitas perumahan kami selalu memberikan yang terbaik, seperti produk-produk sebelumnya kami selalu memberikan kewajiban kami soal legalitas sampai dengan IMB. Saat ini perijinan IPT sudah keluar, selebihnya masih dalam proses”, ucapnya.

    VILLA GREEN MADANI BALECATUR – YOGYAKARTA
    Tumbuhnya kawasan properti baru di Jogjakarta bagian barat membuat banyak pengembang perumahan membidik kawasan tersebut. Daerah kecamatan Balecatur, Gamping, Sleman, Jogjakarta menjadi salah satu area yang mulai berkembang menjadi daerah yang memiliki potensi untuk proyek pembangunan properti. Salah satu perusahaan pengembang properti yang mencoba membidik kawasan Balecatur adalah PT. Bina Madani Wirasetya.

    Villa Green Madani dibangun di atas lahan seluas ± 8.650 m² yang mulai dipasarkan pada bulan Agustus 2014 menawarkan tipe hunian satu lantai yang terdiri dari tipe 45 dan 60. “Dari total 47 unit yang kami tawarkan, hingga saat ini telah terjual 17 unit”, tutur Irsyam Taufik, Direktur Administrasi PT. Bina Madani Wirasetya. Target pihak pengembang adalah tahun 2015 ini seluruh unit hunian Villa Green Madani Balecatur akan clossing. Progress pembangunan Villa Green Madani Balecatur saat ini sudah mencapai pembangunan unit perumahan. “Saat ini kami sudah membangun sekitar 10 unit rumah beserta jalan lingkungan perumahan. Maingate juga sudah dibangun”, tambah Irsyam. Untuk jalan lingkungan kawasan juga telah terbangun semuanya.

    Aksesibilitas Villa Green Madani Balecatur mudah dijangkau. Hanya ± 5 menit menuju jalan Ringroad Barat Jogjakarta, Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY), RS PKU dan Pasar Gamping. Untuk menuju ke pusat kota seperti Malioboro dan Kraton Yogyakarta hanya diperlukan waktu ± 15 menit. “ Lokasi Villa Green Madani Balecatur berada pada kawasan yang masih alami dan berprospek bagus”, jelas Irsyam.

    Prospek hunian maupun investasi di Villa Green Madani Balecatur cukup menjanjikan. “Harga sudah naik 15 persen dari harga awal”, ungkap Irsyam. Harga yang ditawarkan untuk unit rumah di Villa Green Madani Balecatur sangat terjangkau. Untuk tipe 45/125 dipasarkan pada kisaran harga 270 jutaan rupiah sedangkan tipe 60/125 ditawarkan pada kisaran harga 310 jutaan rupiah. Harga tersebut sudah termasuk SHGB dan BPHTB. Pihak pengembang juga menawarkan promo berupa bonus AC.

    Konsumen Villa Green Madani Balecatur berasal dari konsumen dalam dan luar kota Jogja. “Konsumen kami paling banyak berasal dari luar kota Jogja. Persentasenya bisa mencapai 70 % dibandingkan dengan konsumen lokal Jogja”, ucap Irsyam. Mayoritas pembeli merupakan keluarga muda yang lebih memilih tipe 45. Dengan lokasi yang sudah mulai terbentuk dan kawasan di sekitar perumahan yang telah berkembang memunculkan pengembang-pengembang lain yang membangun perumahan dekat dengan Villa Green Madani Balecatur.

    Adanya kompetisi antar developer yang membangun proyek properti di sekitar kawasan Villa Green Madani Balecatur direspon positif oleh Irsyam. “Dengan adanya kompetitor kami malah senang karena kami memiliki advantage dari sisi kualitas, harga dan legalitas”, terang Irsyam. Kualitas bangunan perumahan Villa Green Madani Balecatur dijamin oleh pihak pengembang. “Meskipun dengan harga yang terjangkau, kualitas bangunan tetap menjadi prioritas kami kepada konsumen”, kata Irsyam. Seluruh tipe rumah terdiri dari 2 kamar tidur. Pondasi berupa pasangan batu kali dengan struktur beton bertulang. Dinding luar dan dalam menggunakan pasangan batu bata merah yang diplester aci dan dilapisi cat merk Catylac/ setara (interior) dan merk Mowilex (eksterior). Untuk bagian atap , rangka menggunakan kayu Kalimantan, genteng beton dan plafon berbahan material gypsumboard 9 mm rangka Hollow. Bagian sanitair menggunakan closet duduk merk INA/setara (tipe 60) dan closet jongkok merk INA/setara (tipe 45). Pintu utama dan jendela menggunakan kayu jati dengan finishing politur. Perumahan Villa Green Madani Balecatur dilengkapi dengan fasilitas taman depan dan belakang pada setiap unitnya.

    Kemudahan dalam fasilitas pembayaran juga diberikan oleh pihak pengembang. “Untuk KPR kami memberikan fasilitas berupa Down Payment (DP) yang dapat diangsur sesuai dengan kemampuan finansial nasabah”, ucap Irsyam. Legalitas perumahan Villa Green Madani juga dijamin oleh pihak pengembang. Saat ini kami sedang dalam proses IMB, imbuh Irsyam.

    VILLA BOUGENVILLE – YOGYAKARTA
    Perusahaan pengembang properti PT. Tunggal Putra Bahagia Sejahtera pada awal tahun 2015 ini memperkenalkan produk terbarunya yang berada di kawasan Tajem, Sleman, Yogyakarta. Produk tersebut bernama Villa Bougenville. Dengan total lahan seluas ± 2 Ha, Villa Bougenville menawarkan sebuah konsep hunian minimalis modern di wilayah Sleman Timur. “Villa Bougenville merupakan produk terbaru kami pada 2015 ini dan akan kami launching pada bulan Februari”, ucap Henderyadi Cipta, S.T., Civil Engineer PT. Tunggal Putra Bahagia Sejahtera.

    Villa Bougenville manawarkan total hunian sebanyak 70 unit yang terbagi menjadi hunian satu dan dua lantai. Hunian satu lantai ditawarkan dengan tipe 58 sedangkan hunian dua lantai bertipe 80. “Di sini (Villa Bougenville-red) kami menawarkan kawasan hunian yang berlokasi di daerah berkembangnya cukup pesat di Yogyakarta”, terang Hender. Secara lokasi dan aksesibilitas, kawasan perumahan Villa Bougenville berlokasi di daerah yang sangat mudah dijangkau dari segala penjuru Yogyakarta. Villa Bougenville berada dekat dengan sarana pendidikan, olahraga, kesehatan dan sarana publik lainnya. “Villa Bougenville hanya berjarak 1 menit dari kampus UNRIYO, sekolah Budi Mulia dan stadion internasional Maguwoharjo. Selain itu, kawasan Villa Bougenville juga tidak terlalu jauh dari pusat perbelanjaan Lotte Mart, Ambarukmo Plaza dan Bandara Internasional Adi Sucipto Yogyakarta. Secara lokasi Villa Bougenville berada di kawasan strategis”, imbuh Hender.

    Selain memiliki keunggulan dari segi akses dan lokasi, produk perumahan Villa Bougenville juga memiliki keunggulan dari sisi desain hunian. “Seluruh unit Villa Bougenville dirancang dengan desain terkini dan dikolaborasikan dengan masukan dan saran dari pihak konsumen. Tampilan fasad didominasi dengan material batu pualam”, papar Hender. Perumahan Villa Bougenville secara garis besar mengacu pada desain hunian minimalis modern. Selain itu, pada Villa Bougenville, pengembang juga menerapkan sebuah desain rumah yang berkonsep go green. Konsep tersebut diwujudkan dalam denah ruang rumah. Setiap rumah memiliki area terbuka hijau yang sangat luas. Area terbuka hijau tersebut terbagi menjadi tiga titik yaitu di bagian depan, samping dan belakang rumah.

    Rumah satu lantai (tipe 58) memiliki fasilitas berupa 3 buah kamar tidur. Kamar tidur utama di bagian depan dan dua kamar tidur anak pada bagian belakang. Untuk tipe 58 memang kami peruntukan untuk keluarga muda”, ujar Hender. Selain fasilitas tersebut, tipe hunian satu lantai juga memiliki ruang tamu, ruang keluarga dan dapur. Untuk fasilitas tambahan pihak pengembang memberikan carport di setiap unitnya. Rumah tipe dua lantai (tipe 80) terdiri dari 4 buah kamar tidur dengan dua kamar mandi. Kualitas bangunan juga menjadi keunggulan dari Villa Bougenville.

    “Untuk kualitas menjadi komitmen kami terhadap konsumen. Seluruh produk kami, tetap menjadi nomor satu”, imbuh Hender. Harga yang ditawarkan untuk unit tipe 58 berkisaran pada angka 700 jutaan sedangkan tipe 80 dipasarkan pada angka 1 milyaran rupiah. Prospek investasi pada Villa Bougenville cukup bagus. “Iklim investasi di Villa Bougenville cukup cerah. Hal ini didukung dengan lokasi Villa Bougenville yang saat ini tumbuh menjadi daerah pusat properti baru di Yogyakarta”, jelas Hender. Untuk fasilitas pembiayaan KPR, pihak pengembang menyediakan jangka waktu pembiayaan hingga 15 tahun. Villa Bougenville dilengkapi dengan fasilitas, maingate , keamanan 24 jam, jalan lingkungan selebar 6 meter, taman serta jaringan listrik berkapasitas 2.200 watt.

    KAMPOENG GAJAH PERMAI – YOGYAKARTA
    Pada awal tahun 2015 ini PT. Godha Properti menawarkan produk terbarunya dengan nama Kampoeng Gajah Permai. Proyek properti yang menempati lahan seluas ± 3.150 m² ini menyediakan pilihan hunian satu lantai yang terdiri dari tiga tipe yaitu tipe 42, 54 dan tipe 69. “Kampoeng Gajah Permai merupakan sebuah alternatif pilihan hunian maupun investasi di kawasan selatan Jogja”, ucap Ir. Ari Wibowo, Direktur PT. Godha Properti.

    PT. Godha Properti memprediksi melalui proyek terbarunya tersebut akan tumbuh dan berkembang. Sejak dipasarkan pada awal tahun 2015 ini sudah ada 2 unit yang terjual. “Kami menargetkan bahwa dalam kurun waktu 18 bulan seluruh unit perumahan Kampoeng Gajah Permai akan terjual habis”, terang Ari. Hal tersebut disebabkan oleh faktor lokasi. Lokasi Kampoeng Gajah Permai berada di wilayah dengan banyak pemain properti lain. “Untuk kompetisi dengan developer lain kami berani bersaing harga”, imbuh Ari.

    Dipaparkan oleh Ari, Tahun ini PT. Godha Properti berusaha untuk memperluas target market kalangan end user dengan berbagai program bundling pada produk-produk properti termasuk pada Kampoeng Gajah Permai. Kampoeng Gajah Permai sesuai bagi konsumen yang mencari alternatif investasi ataupun hunian di Jogja Selatan. Proyek ini dapat dikonsep sebagai hunian maupun investasi yang menjanjikan. “Untuk investasi pada Kampoeng Gajah Permai , PT. Godha Properti menawarkan konsep sebagai homestay yang nantinya akan dikelola oleh Godha Tour. Konsumen akan mendapatkan profit sharing sesuai dengan kesepakatan awal. Untuk model investasi sebagai homestay maupun sebagai hunian murni, kami memberikan benefit berupa bebas biaya angsuran KPR di 1 tahun pertama dengan masa tenor hingga 15 tahun dan bisa diaplikasikan pada semua bank”, papar Ari. Ditambahkan oleh Ari, benefit bebas biaya angsuran KPR pada 1 tahun pertama tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengisi interior rumah dengan berbagai perabotan.

    Lokasi perumahan Kampoeng Gajah Permai berada di daerah yang sudah berkembang di kawasan Jogja selatan. Dari Ringroad selatan Giwangan hanya berjarak 2,3 km. Jarak lokasi ke pasar dan terminal Giwangan hanya ditempuh dalam waktu 3 menit saja, sedangkan untuk menuju ke pusat kota Yogyakarta dapat ditempuh dalam waktu ± 10 menit saja. “Kampoeng Gajah Permai berada di jalan Glagah Tamanan Bantul yang nyaman dan asri serta sudah padat dengan berbagai aktifitas penggerak ekonomi”, tandas Ari.

    Harga yang ditawarkan pada perumahan Kampoeng Gajah Permai masih merupakan harga perdana. “Belum ada kenaikan harga di Kampoeng Gajah Permai”, terang Ari. Tipe 42 dengan luas tanah 109 m² ditawarkan dengan kisaran harga 400 jutaan rupiah. Tipe 54/100 dipasarkan pada kisaran 410 jutaan rupiah sedangkan tipe 69/110 dipatok dengan harga 480 jutaan rupiah. “Seluruh harga tersebut sudah termasuk biaya PPN”, kata Ari. Pada proyek Kampoeng Gajah Permai, pengembang menerapkan mekanisme koefisien efektifitas lahan sebesar 60 %. Untuk setiap rumah sudah dilengkapi dengan carport dan terdapat lahan terbuka di depan dan belakang rumah.

    Legalitas perumahan Kampoeng Gajah Permai telah memasuki tahap pengesahan site plan. “Untuk lokasi sudah ditalud dan sedang dalam proses clearing lahan kawasan perumahan. Fasilitas maingate sudah jadi”, ungkap Ari. Selain maingate , Kampoeng Gajah Permai dilengkapi dengan fasilitas berupa Jalan utama selebar 6 meter dan jalan lingkungan dengan lebar 5,5 meter. Untuk fasilitas umum yang terdapat di Kampoeng Gajah Permai berupa mushola dan taman. Pihak pengembang optimis bahwa setelah proses legal lengkap, angka penjualan unit Kampoeng Gajah Permai akan meningkat lebih signifikan. Greg&Dika – red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain    Holcim Solusi Rumah