Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Prospek Makin Ramai Kawasan Rumah 2 Lantai – bagian 1

    Laguna Spring Resort Tipe New Jasmine
    Perspektif rumah tipe 125 hook, Pondok Permai Bandara
    Kawasan rumah tipe 100-hook, Grand Tlogoadi

    Bisnis properti di Jogjakarta tak pernah surut, bahkan cenderung meningkat, terutama di area perkembangan perkotaan, baik di wilayah administrasi Sleman maupun Bantul. Namun kadang kendala muncul khususnya bagi developer untuk menyediakan lahan yang besar. Tanah yang dimiliki cukup sempit, sedangkan konsumen membutuhkan banyak ruang untuk berbagai fungsinya. Untuk itu 2 lantai rumah akan memenuhi kebutuhan. Fungsi ruangan menjadi lebih maksimal jika terdapat tambahan di lantai atas.

    Tinggal di tengah kota padat penduduk dan lahan terbatas menjadi alasan beberapa orang memilih rumah dua lantai. Kawasan huniannya akan terkesan lebih elegan, mewah, dan eksklusif, sehingga akan meningkatkan prestise bagi yang tinggal di dalamnya. Jika dilihat dari luar rumah, untuk desain minimalis 2 lantai memberikan kesan besar dan luas. Meskipun tanah yang digunakan untuk membangun rumah tidaklah besar. Efek yang ditimbulkan bisa saja berdampak pada sirkulasi udara rumah dan juga kenyamanan pengguna atau tamu ketika berada di rumah tersebut.

    Rumah dua lantai bisa digunakan untuk dua tujuan yang berbeda, misalnya kantor atau tempat kerja di lantai satu dan tempat tinggal di lantai dua. Dua keluarga yang tinggal satu atap, misalnya orang tua dan anak-anak, bisa menempati lantai yang berbeda. Privasi masing-masing tetap terjaga meski tinggal berdekatan. Berikut kami sampaikan beberapa referensi lokasi perumahan strategis kelas menengah atas di beberapa penjuru Jogja, yang mengusung konsep hunian 2 lantai.

    Laguna Spring Resort merupakan kawasan hunian premium yang mengangkat tema Tropical Home Resort hasil rancangan arsitek dan desain interior ternama Indonesia. Desain elegan,mampu menciptakan tata ruang yang luas, lega, dan fungsional. Konsumen akan mendapati hunian mewah berpadu dengan kawasan taman hijau asri yang penuh ketenangan. Sangat cocok untuk konsumen yang mengutamakan privasi dan ketenangan.

    Salah satu strategi pemasarannya, yakni menghadirkan rumah contoh full furnished yang diharapkan mampu menarik minat calon konsumen yang sudah tertarik dengan lokasi kawasannya. “Show unit ini untuk memberikan bukti kualitas huniannya, beserta estetika penataan interior furnitur pendukungnya. Konsep yang kami tawarkan berupaya memenuhi harapan konsumen yang menginginkan hunian yang nyaman, aman, eksklusif dengan segala fasilitasnya, layaknya tinggal di sebuah resort hotel,” papar Parastuti Widyaningsih selaku Marketing Manager developer PT. Sumber Baru Residence.

    Perumahan yang berada di poros Jalan Parangtritis Km. 5 Jogjakarta (1 Km dari simpang empat ringroad jalan Parangtritis) ini memiliki 3 tipe rumah eksklusifnya, yakni tipe New Casablanca dengan luas bangunan 130 m² dengan luas tanah variabel dari 125 – 134 m², tipe New Jasmine dengan luas bangunan 150 m² dengan pilihan kavling 120 m² dan 150 m², dan tipe terbarunya yakni Grand Casablanca dengan luas bangunan 185 m2 dengan luasan tanahnya 160 m².

    Dari layout bangunan tipe New Jasmine memiliki keunggulan lebar bagian depan hingga 10 meter, sehingga nampak lebih luas dan penataan penambahan taman mini yang terbuka menambah kesan luas ketika memasuki ruang utama. Sedangkan pada tipe New Casablanca, yang menjadi tipe terlarisnya, mempunyai lebar depan 8 meter namun memiliki kelebihan adanya taman belakang yang lebih luas serta terdapat private garden pada master bedroom yang berada di lantai 2.

    Untuk show unit tipe premium kami yakni tipe Grand Casablanca (185/173). “Respon konsumen terhadap tipe terbaru kami sangat antusias,” papar Widya, sapaan akrabnya. Konsumen akan mendapati rumah dengan fasilitas 2 master bedroom dengan private bathroom, 2 bedroom, 1 service bedroom, 2 bathroom, 2 living room di lantai 1 dan lantai 2, dining room, maid room, private garden di kamar lantai 2, serta menyediakan carport include kanopinya yang mampu menampung 2 mobil penghuni. “Tipe terbaru kami ini mempunyai keunggulan lainnya ialah custom interior design service, mengakomodir kebutuhan ruang konsumen, sesuai selera konsumen tentunya. Dukungan masih cukup luasnya halaman belakang rumah, memberi opsi bagi penghuni bisa mengoptimalkannya, misalnya untuk garden gazebo, outdoor dinning concept, bahkan kolam ikan,” imbuhnya.

    Sejak dipasarkan akhir 2016 yang lalu, perumahan yang diawal pemasaran berada dikisaran harga 1,6 miliar dan sekarang dengan tipe yang sama ditawarkan mulai kisaran 2 miliaran. Faktor kenaikan nilai investasi inilah yang makin menstimulus semakin positif dari pangsa pasar kelas premium Jogja dengan background profesi seperti pengusaha lokal, pelayaran, dan dokter. Saat ini, sudah lebih 10 unit rumah telah dihuni sehingga kawasan Laguna Spring Resort ini sudah nampak lebih hidup.

    Untuk lebih meningkatkan penjualan, developer memberikan program promo dan paket penjualan menarik. “Kami berikan promo cashback sebesar 5 % dan hadiah langsung TV LED 70 inch. Bagi yang tertarik dengan metode installment, cukup dengan DP 30%, konsumen kami berikan kemudahan dengan 12 X tanpa bunga, sesuai estimasi waktu pembangunan unit rumahnya.

    “Fasilitas kawasannya, kami akan hadirkan Tropical Club House meliputi swimming pool, children pool, children playground, barbeque area, function hall, botanic garden, internet hotspot, one gate system, panic button, underground electricity installation, dan security 24 hours with cctv,” imbuh Widya berpromosi.

    Pondok Permai Bandara hadirkan 39 unit hunian premium kelas middle up. Mengusung konsep rumah 2 lantai dalam kawasan hunian tropis yang modern dan elegan. Area Sleman masih menjadi daerah primadona bagi calon konsumen maupun investor properti di Jogjakarta ini. Nyatanya walau masih terhitung soft launching di awal semester kedua 2019 kemarin, beberapa unit rumah Pondok Permai Bandara sudah terjual, dan semua pembelinya berasal dari luar Jogja, dan uniknya banyak yang melakukan repeat order karena sudah merasakan kenaikan nilai investasi yang menguntungkan,” papar Maria SE, Marketing Manager Sumber Baru Land menjelaskan.

    Mengusung konsep dengan langgam arsitektur minimalis modern, namun tetap selaras dengan nuansa tropis. Setiap kavling hunian akan kami desain memiliki taman sebagai open space area yang cukup luas. Penghuni akan mendapatkan nuansa hommy dan cozy bersama keluarga menikmati waktu santai bersama sambil menikmati suasana tropical landscape yang teduh. Sebuah gaya hidup modern dan premium bagi keluarga urban modern di tegah hunian yang sehat, sejuk, dan bebas polusi.

    Konsep bangunan disajikan gaya minimalis modern yang selaras dengan nuansa tropis. Dengan 2 opsi tipe rumah, yakni tipe 110 dan 125-hook, dengan luas tanah mulai 125 - 281 m². Penggunaan kaca sudut memberi aksen minimalis dan modern. Diberikan banyak bukaan di setiap ruangnya untuk memberikan sirkulasi udara dan cahaya alami lebih maksimal, dan memberikan kesan lega dan luas pada ruangan. Tiap unit diberikan fasilitas balkon di lantai 2, yang terhubung dengan master bedroom. Diberikan pula fasilitas carport yang mampu menampung 2 city car.

    Penggunaan material modern seperti kaca-kaca berukuran lebar, jendela dan kusen menggunakan material allumunium. Untuk pintu utama kayu jati, rangka atap baja ringan, dan alas lantai granit,” terangnya. Dengan material kaca tersebut kami berharap akan memberikan sirkulasi udara dan cahaya alami lebih maksimal, dan memberikan kesan lega dan luas pada ruangan,” ungkapnya.

    Secara geografis berada di sisi Timur kota Jogjakarta, persis di depan Bandara Internasional Adisutjipto, yakni Dusun Juwangen Purwomartani Kalasan Sleman. Didukung akses Jalan Raya Jogja - Solo Km. 10 terkoneksi menuju Ringroad Timur yang akan memberi kemudahan aksesibilitas transportasi bagi penghuninya. Tak jauh dengan pasar modern maupun tradisional, supermarket Lotte Mart, TransMart, serta berbagai fasilitas kesehatan seperti 2 menit ke RS. Bhayangkara, 5 menit dari RS. Hermina, dan 10 menit dari RS JIH. Untuk sarana pendidikan dekat berbagai sekolah serta institusi pendidikan, seperti sekolah Budi Mulia, Universitas Kristen Emmanuel (Ukrim), Universitas Respati, dan Unriyo.

    Didesain dengan konsep one gate system, 24 hours, security control dan CCTV. Mensinergikan desain, teknologi, dan fasilitas, yang berfokus pada terciptanya hunian yang berkualitas, menunjang healthy lifestyle dan eco-friendly environment. Fasilitas publik penunjang kebutuhan hidup sudah tersedia lengkap serta infrastruktur modern yang dilengkapi fiber-optic untuk layanan data dan multimedia. “Saat ini kami sudah tahap finishing semua infrastruktur kawasan, mulai maingate, tembok keliling, dan jalan lingkungan yang lebar, yakni 7 – 9 meter. Harga unitnya di tawarkan mulai kisaran 1,6 miliaran. Harga sudah termasuk PPN, biaya IMB, listrik, dan PDAM,” lanjut Maria.

    Grand Tlogoadi berada di daerah yang sangat strategis dan bernilai investasi tinggi karena berada di tepi Jalan Kebon Agung Tlogoadi Mlati Sleman. Berjarak tempuh sekitar 5 menit menuju dari pusat perbelanjaan dan hiburan terbaru di Sleman, yakni Sleman City Hall. Mempunyai waktu tempuh 20 menit dari kampus UGM dan Malioboro, 10 menit ke kampus UTY, Rumah Sakit Akademik UGM dan Jogja City Mall, 15 menit menuju kampus terpadu UMY, dan 30 menit menuju Bandara Internasional Adisucipto. Semua pembangkit lingkungan tersebut berada dalam jangkauan yang tidak terlalu jauh karena terkoneksi dengan akses menuju ringroad Utara dan ringroad Barat.

    “Saat ini kawasan pengembangan Grand Tlogoadi ini sudah terjual 25 unit. Fakta ini merupakan sebuah respon yang sangat positif dari pasar properti kelas premium, yang masih menunjukkan gairah yang lebih baik daripada tahun 2016/2017 yang lalu. Menjelang akhir 2019 ini, kami masih mempunyai beberapa calon konsumen potensial di Grand Tlogoadi yang sudah booking kavling, kami optimis mereka segera merealisasikan pembeliannya,” terang Andi Dwi Wahyudi, selaku Marketing Manager PT. Karya Sehati Utama.

    Grand Tlogoadi sendiri menganut gaya arsitektur modern kontemporer. Unsur modern juga dihadirkannya pada bentuk bangunan yang lebih simpel dan garis–garis tegas. Penggunaan kaca-kaca panjang vertikal + kaca sudut yang estetik pada beberapa sudut fasad bangunan akan lebih membuat bangunan ini menyatu dengan konsep alam. Kesan kontemporer ini dihadirkan pada berbagai ornamen yang menghiasai fasad bangunan. Contohnya dirumah tipe 100 (hook). Di lantai 1 akan ruang tamu yang menyatu dengan ruang makan sekaligus ruang keluarga dengan view backyard yang hijau, kamar mandi publik, sebuah dapur bersih serta keberadaan master bedroom dengan kamar mandi dalam dan fasilitas carport yang mampu menampung 2 mobil dan area taman depan yang cukup luas. Untuk lantai 2 nya, akan diberikan 2 kamar tidur dengan view taman depan dan samping, kamar mandi serta ruang santai keluarga. Konsumen akan menemui sebuah rumah yang didesain tata ruangnya yang dinamis dan optimalisasi terhadap kebutuhan ruangnya.

    Dengan lahan seluas total 4,5 hektar, dalam pengembangannya menghadirkan 40 unit rumah. Terbagi dalam 2 tipe saja, yakni tipe 90 dan tipe 100 (hook). Untuk harga yang ditawarkan saat ini sudah mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. “Hal ini menunjukkan tingkat kenaikan investasi properti di daerah kami masih terus tumbuh pesat,” lanjut Andi menjelaskan. Untuk hunian dua lantai saat ini masih ditawarkan pada kisaran harga mulai dari 1,5 Miliaran untuk bangunan tipe 90 luas tanah mulai dari 129 m². Untuk tipe 100 dengan luas tanah mulai dari 153 m² ditawarkan pada kisaran harga 1,8 miliaran. Kenaikan investasinya per tahun berada di kisaran 20 – 25 % per tahun. “Metode pembayaran kami sangat fleksibel, cara bayar cash bertahap, diberikan kemudahan mengangsur 24 X tanpa bunga dengan DP standar 30 %. Saat ini sedang ada promo discount special ++, free BPHTB dan BBN, sampai akhir November 2019,” papar Andi semangat.

    “Faktor lokasi Grand Tlogoadi yang berada di wilayah favorit dan sangat strategis menjadikan pilihan terbaik bagi keluarga serta sarana yang tepat untuk berinvestasi. Selain itu, faktor kepercayaan terhadap kami menjadi faktor utama yang mendongkrak penjualan. Harga yang ditawarkan saat ini sebanding dengan kondisi kawasan yang sudah jadi, tentunya tak lepas dari sisi spesifikasi teknis dan karakter bangunan yang sangat kuat,” tutup Andi. Wahyu Pras-red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain