Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Ringan Harga, Kuat Kualitas Si Baja Ringan

    Baja ringan Fortuna Steel
    Material reng
    Proses produksi PT. Cahaya Fortuna Sejati
    Persiapan pengiriman di bagian produksi
    Mei Arianto, Yohan Adiyuano, Edhi Sutrisno Wijaya

    Seiring berkembangnya jaman, tentu akan diikuti pula oleh perkembangan teknologi. Salah satunya di dalam pemenuhan material bangunan sebuah rumah. Rangka atap rumah pada jaman dahulu terkenal dengan material kayu, sebagai bahan utama. Namun dalam perkembangannya rangka atap terus mengalami perkembangan kearah yang lebih baik. Rangka atap merupakan komponen bangunan yang sangat penting karena berfungsi sebagai struktur yang menopang material penutup atap. Rangka atap baja ringan adalah sebuah perkembangan teknologi terbaru struktur atap menggunakan konstruksi baja yang kuat tetapi ringan.

    Struktur sipil dituntut untuk menjadi lebih berkualitas disegala aspek, tak terkecuali di struktur rangka atap. Kita tahu sebelumnya bahwa yang namanya baja itu identik dengan berat dan ukuran yang besar namun seiring perjalanan waktu maka munculah teknologi baja ringan. Teknologi rangka atap baja ringan saat ini dirasa cukup mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan material rangka atap yang terjangkau dari harga dan kualitas terbaik.

    Rangka atap adalah sistem struktur yang berfungsi untuk menopang atau menyangga penutup atap, dengan elemen-elemen pokok yang terdiri dari, kuda-kuda (truss), usuk/kasau (rafter), dan reng (roof batten). Truss atau struktur rangka batang (kuda-kuda) sebagai penyangga utama rangka atap, yang terdiri dan batang utama luar (chords) dan batang daIam (webs), dan yang berfungsi untuk menahan gaya aksial (tarik dan tekan), maupun momen lentur.

    PT. Cahaya Fortuna Sejati menjadi salah satu perusahan di kota Jogja yang menyuplai rangka atap baja ringan dengan brand Fortuna Steel dan CFS Truss. “Kami memiliki dua brand untuk produk baja ringan kami, untuk retail kami beri nama Fortuna Steel, dan CFS Truss untuk yang aplikasi, keunggulan produk kami adalah kami produksi sendiri,” terang Yohan Adiyuano, Managing Director, PT. Cahaya Fortuna Sejati.

    Konstruksi rangka atap baja ringan telah banyak dipakai pada bangunan rumah tinggal dan jenis bangunan yang lain seperti perkantoran dan lain-lain. “Konsumen saat ini sudah sangat baik menerima material rangka atap baja ringan sebagai salah satu material rumah. Harganya yang relatif terjangkau dan kualitas yang baik menjadi alasannya,” tambah Distribution Channel Manager, Edhi Sutrisno Wijaya.

    Lebih lanjut dikatakan Yohan, ada pembedaan ukuran yang digunakan untuk brand bahan dan terpasang. Produk CFS Truss menggunakan ukuran yang lebih besar. “Untuk kanal C CFS Truss kami gunakan ukuran C81, sedangkan untuk yang jual bahan kami gunakan C75. Semakin besar ukuran maka kualitas, atau kemampuan menopang beban akan semakin kuat,” tambahnya saat di temui di outlet Ring Road Barat, Demakijo, Gamping Sleman.

    Soal kualitas bahan untuk CFS Truss, ditegaskan Mei Arianto Chandra, S,T, Head of BAST CFS Truss, jika bahan-bahan tersebut sudah melalui uji lab. “Sudah ada uji lab dari Fakultas Teknik Sipil dan Banguan Universitas Gajah Mada, tentang uji tekan, uji kelenturan, dan uji tarik. Hasilnya cukup memuaskan karena di atas rata-rata pada umumnya,” ucapnya. Dari hasil tersebut ditunjukkannya hasil uji lab dari baja ringan produknya memiliki kekuatan di atas rata-rata. Jika pada umumnya baja ringan memiliki derajat kekuatan tarik sekitar 550 Mpa, produk CFS Truss memiliki kekuatan hingga 663 Mpa. Selain itu khusus brand CFS Truss pihaknya memberikan garansi 10 tahun. “Ada garansi kebakaran dan gempa untuk produk CFS, sedangkan untuk bahan tidak ada garansi. Kami jual putus, karena yang memasang bukan dari kami,” tambahnya singkat.

    Untuk mendapatkan kualitas yang ditawarkan tersebut, Edhi menuturkan harga yang dipatoknya berani bersaing dengan brand lainnya. Untuk bahan dijual pada kisaran harga 50 ribu hingga 80 ribu perbatang sepanjang 6 meter, sedangkan untuk yang terpasang dijual pada kisaran harga 125 ribu sampai dengan 150 ribu per meter persegi bidang miring. “Harga kami cukup kompetitif,” ucap Edhi.

    Secara umum rangka atap baja ringan memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan material rangka atap lainnya. Keunggulan tersebut antara lain anti rayap, tahan karat, lebih ringan dibanding kayu, pemasangan lebih cepat dan mudah, tahap terhadap api, lebih akurat dalam hal pengukuran, tidak mengalami muai susut, tidak perlu cat, dan lebih ekonomis.

    Selain itu dipaparkan Ari, keakuratan dalam pengukuran menjadi hal yang diperhatikan secara detail. Menggunakan perangkat lunak yang akurat dan kompeten dan didukung dengan tenaga bersertipikat dan profesional. “Ada rangkaian proses yang harus dilalui untuk menggunakan produk CFS Truss. Proses tersebut antara lain setelah konsumen mengungkapkan desain rencana atap, akan keluar penawaran, setelah itu survei lapangan untuk mendata kebutuhan dan spesifikasi, bagian desain akan memproses dengan perangkat lunak sehingga hasil akan lebih akurat, masuk ke proses produksi, dan yang terakhir memasang sesuai kaidah yang benar, sehingga waktu akan lebih tepat dan cepat,” papar Ari saat ditemui.

    Ditambahkan Yohan, ketersediaan bahan tidak akan menjadi masalah kerena pihaknya melakukan produksi sendiri. “Mulai dari profil, usuk, reng, atap galvalum, floor deck, talang gulung, dan genteng metal pasir kami produksi sendiri,” tambahnya tegas. Ketebalan produk yang disajikan antara 0,6 mm sampai 1 mm.

    Yang perlu di cermati dalam pemasangan rangka atap adalah saat perakitan. Dalam perakitan dan pemasangan struktur rangka atap baja ringan, perlu diperhatikan ketentuan pemilihan dan pemasangan alat sambung agar diperoleh sistem struktur yang stabil, kuat, dan tidak merusak lapisan anti karat. Alat sambung yang digunakan biasanya berupa baut (screw) khusus, yang terbuat dan baja mutu tinggi, dan telah dilengkapi lapisan anti karat (coating), seperti halnya elemen-eleman struktur baja ringan yang digunakan.

    Untuk mendapatkan produk baja ringan produksi PT. Cahaya Fortuna Sejati dapat mengunjungi outlet-outlet yang tersebar di beberapa kota. Di Jogja sendiri ada empat outlet yang dapat dijumpai antara lain di Ruko Panda kav J Condongcatur Depok Sleman, Ruko Paris Square Kav.6, dan Ring Road Barat perempatan Demakijo, Gamping, Sleman. “Kami juga hadir dikota lain seperti Solo, Kartasura, Magelang, dan Purwokerto,” terang Yohan. Greg-red

    FORTUNA STEEL
    1. Jl. Ring Road Utara (Depan Polda)
    Condongcatur Depok, Sleman
    2. Ruko Paris Square Kav. 6
    3. Ring Road Barat, (perempatan Demakijo)
    Gamping, Sleman

    Telp. (0274) 518 808
    Email : info@cfs-truss.com
    www.cfs-truss.com

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain