Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Saatnya Rileks dalam Kemewahan, Sambi Resort & Spa

    Udara pegunungan selalu menawarkan pemandangan alam dan udara dinginnya, maka tak heran jika banyak dari kita menggemari liburan ke dataran tinggi ini. Berkumpul dengan keluarga atau teman-teman kerja untuk lebih mengakrabkan diri. Salah satu resort yang membidik segmen ini adalah Sambi Resort dan Spa.

    Memasuki kompleks Sambi Resort dan Spa kita akan menjumpai rimbunnya pohon bambu mini yang berjajar di kanan kiri jalan dan memandu kita ke sebuah lahan parkir yang sangat luas. Melepaskan pandang jauh ke selatan terlihat rumah-rumah pondokan yang berdiri di hamparan rumput hijau. Hampir semua permukaan tanah tertutupi oleh rumput. Sayup-sayup terdengar suara gemericik air yang mengalir dari sebuah sungai alami di sisi barat. Sebuah meja altar dengan batu ekspose pada bagian depannya dijadikan sebagai meja resepsionis. Foto-foto Jogja tempo dulu tergantung di dinding belakang meja resepsionis. Sebuah gerobak dorong berisi kaos dan blangkon asli Jogja terdapat di ruang ini. Bagi Anda yang tak sempat belanja buah tangan untuk keluarga atau kerabat, Anda dapat membeli blangkon atau kaos dengan gambar dan tulisan yang lucu dan menarik di sini. Atap dari anyaman bambu begitu padu dengan lantai terakota berwarna merah bata mengesankan seperti rumah pedesaan yang asri. Seperti tagline yang diusung oleh Sambi Resort dan Spa ini 'Simply but completely'. Sambi Resto dan Spa berdiri sejak 13 Februari 2012. “ Pada awal mulanya, Sambi Resort ini hanya digunakan untuk peristirahatan dan retret dengan 9 kamar tidur dan resto. Animo masyarakat bagus dan dibangun 7 Cottage lagi. Rencananya, dalam waktu dekat ini penambahan kamar akan dilakukan kembali dan pembangunan kolam renang, “ terang Anita Wardhani, Manager Hotel.

    Konsep back to nature dan nuansa asri coba ditampilkan di lahan seluas 2 hektar ini. Kontur tanah yang naik turun dan pemandangan sawah yang berteras siring mengingatkan kita akan pemandangan di Ubud, Bali. “ Pemandangan langsung menghadap ke sawah dan kita tidak menggunakan pagar untuk membatasinya,” ujar Anita. Untuk keamanan, Anda jangan khawatir karena di Sambi Resort dan Spa selain menggunakan kamera CCTV yang diletakkan di beberapa tempat strategis juga bekerjasama dengan penduduk kampung untuk menjaga keamanan. Kerjasama tidak sampai disitu saja. Pihak Sambi Resort dan Spa juga mengajak warga kampung untuk mengelola outbound sebagai fasilitator.

    Sebuah jalan menurun terbuat dari batu kali pipih tampil menonjol di antara hamparan rumput dengan pohon kelapa di kedua sisinya akan membawa kita ke kompleks penginapan dan spa. Sebuah tembok dari batu kali berwarna hitam dengan pohon kamboja di depannya memisahkan jalan setapak dengan kompleks Kalina Spa. Spa dengan nuansa alam coba dihadirkan dalam ruang yang berdinding batu kali dengan pemandangan sungai yang mengalir membelah resort ini. Merebahkan diri dan memanjakan badan sembari dipijat atau dilulur oleh tenaga profesional akan menjadi suatu kenikmatan bagi kita yang sering beraktifitas. Suara gemericik air yang beradu dengan batu serta udara segar akan merilekskan pikiran kita. Selain mempunyai ruang terbuka, spa ini juga mempunyai ruang tertutup untuk menjaga privacy.

    Dari ruang spa jika melangkahkan kaki ke arah timur kita akan menemui bangunan Merapi Meeting Room. Bangunan ini menggunakan anyaman bambu pada bagian dinding dan atapnya. Sebuah papan tulis dan medium screen terletak tepat di depan meja-meja yang disusun berderet. Untuk menambah kesan alami diletakkan beberapa tanaman dalam pot kecil di depan meja pemimpin rapat. Sambi Resort dan Spa sendiri memiliki 9 Luxury Rooms, 7 Family Cottages, dan 1 President Suite yang dibagi menjadi 3 kompleks. Kompleks pertama biasa disebut sebagai kompleks 'S' karena semua kamar di kompleks ini dinamai dengan buah berawalan huruf 'S' seperti srikaya, sawo, semangka, salak, dan sirsak. Kompleks 'S' ini terdiri dari 5 kamar deluxe room dengan 2 single bed. Kompleks ini melintang dari timur ke barat dengan pilar-pilar bambu sebagai penopangnya. Di sisi timur kompleks ini terdapat gasebo berbentuk pendopo dengan view pemandangan ke timur dan selatan resort. Kompleks 'S' ini lebih tinggi dari kompleks lainnya karena kontur tanahnya yang naik turun. Di bawah kompleks 'S' ini terdapat kompleks 'K'. Tak jauh beda dengan kompleks 'S', kompleks 'K' juga diberi nama dengan buah yang berawalan 'K' seperti kelengkeng, kedondong, kelapa, dan kiwi. Kompleks 'K' ini terdapat 4 kamar yang terdiri dari 3 kamar deluxe dan 1 kamar suite room. Kamar suite room (kiwi) khusus diperuntukkan bagi pasangan bulan madu dan memiliki interior yang berbeda. Kamar ini menggunakan dinding kaca sehingga kita bisa langsung melihat pemandangan yang terhampar indah. Tirai warna coklat tua menggantung manis di dinding kaca. Kamar deluxe room dibandrol harga Rp 680.000 per malam sedangkan suite room dihargai Rp 850.000 per malam. Jika Anda mengambil paket bulan madu, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 2.550.000 dengan fasilitas honeymoon suite room, candle light dinner, city tour dan romantic spa.

    Sebuah jembatan bambu membentang di atas sungai yang memisahkan sekaligus menghubungkan antara kompleks 'S' dan kompleks 'K' dengan Cottage. Setelah melintasi jembatan, kita akan melewati jalan berundak untuk menuju Cottage. Sebuah air mancur bertingkat akan menyambut kita. Jalan setapak dengan stepholder yang timbul di atas hamparan rumput akan memandu. Cottage atau kompleks 'M' terdiri dari 7 Cottage yang dibagi lagi menjadi sisi selatan dan utara. Bangunan bertingkat dengan anyaman bambu dan batu kali ekspos pada bagian berandanya akan membedakan dengan kompleks lainnya. Cottage pada sisi selatan dan utara mempunyai fasilitas yang sama, yang membedakannya adalah jumlah kapasitasnya. Jika di sisi selatan mampu menampung 4 orang, sisi utara mampu menampung 6 orang, terdiri dari double bed pada bagian bawah dan single bed maupun twin bed pada bagian lantai duanya. Sebuah balkon menjorok terdapat di bagian atas dan menghadap langsung ke sawah di bagian belakang Cottage. Di ujung kompleks Cottage ini terdapat President suite room. President suite room memiliki beranda yang luas dengan jendela dari susunan pilahan bambu yang ditata unik. Sebuah lesung dengan ditutupi kaca pada permukaannya dijadikan meja yang unik. Untuk Cottage sisi utara dibandrol Rp 1.575.000 per malam, sedangkan Cottage sisi selatan dan Presiden Suite Room dihargai Rp 1.820.000 per malam.

    Ketika malam menjelang, lampu-lampu menambah semarak suasana. Bunyi-bunyian dari serangga dan suara kodok saling sahut bersahutan seperti orchestra malam memecah keheningan. Di ujung selatan nampak pemandangan kerlap-kerlip lampu dari kota Jogja layaknya kunang-kunang yang bertebar berserakan. Beberapa gasebo di pinggir sungai mulai nampak terang dengan nyala lilin yang meliuk-liuk menari dihembus angin. Beberapa cucuran air dari sawah mengalir menuju bibir sungai layaknya air terjun kecil. Pohon-pohon kelapa berdiri disepanjang sungai seolah-olah memagari dan memberi batas. Beberapa papan peringatan tertancap di pinggir sungai untuk mengingatkan kita agar menjaga si buah hati agar jangan terlalu dekat dengan bibir sungai. Ingin bersantai dengan suasana alam yang natural, sederhana dengan tidak meninggalkan kemewahan? Silakan mampir ke Sambi Resort dan Spa. - Jl. Kaliurang Km 19,2 Desa Wisata Sambi, Pakembinangun, Sleman - Jogjakarta
    Telp. +62 274 44 78 666, www.sambiresort.com (Domek-RJI.com)

    PARTNER
    Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain