Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Sebaran & Sinergi Bisnis Properti Jogja - Magelang – Klaten – bagian 3

    Perspektif hunian tipe 83, Artayudan Village Magelang
    Deretan rumah tipe 38 Naraya Citra Klaten
    Progress pembangunan rumah tipe 38 Taman Anggrek Trunuh Klaten

    Artayudan Village Magelang merupakan salah satu kawasan perumahan terbaru yang hadir di area kotamadya Magelang. Tepatnya berada di tepi Sudiro, wilayah Mertoyudan yang berbatasan langsung dengan pusat kota. Dengan luas lahan mencapai 6000 m² ini menjadi produk kawasan hunian dari developer PT. Artacon Griya Lestari, yang mempunyai pengalaman menghadirkan kawasan hunian di Tangerang, Bekasi, dan Depok. Perumahan yang diperkenalkan sejak akhir tahun 2018 ini mengusung kawasan hunian modern dengan konsep bangunan 2 lantai yang fasadnya sekilas terlihat layaknya rumah 1 lantai.

    Seperti disampaikan Ricky Mavendra, selaku Sales Manager-nya, saat ditemui di lokasi Artayudan Village, “Bahwa kawasan perumahan ini, rencana akan total 31 unit hunian dengan langgam arsitektur terbaru yang menjadi tren pasar saat ini, yakni konsep minimalis modern dengan aksen tropis di fasad rumahnya. Konsep hunian yang kami hadirkan, selalu mengikuti tren pasar properti, dan kami yakini mampu menjadi trendsetter di wilayah Magelang dan sekitarnya,” papar Ricky, sapaanya semangat.

    Akses kawasan Artayudan Village sangatlah strategis dan mempunyai kemudahan menjangkau dengan berbagai sarana umum penunjang kehidupan. “Lokasi kami yang berada di tepian jalur alternatif Magelang – Mertoyudan yang terhubung dengan poros Jalan Provinsi Jalan Raya Jogja - Magelang – Semarang. Hanya berjarak tempuh 5 menit menuju pusat kota dan pusat perbelanjaan terbesar di Magelang, yakni Mall Artos dan kampus 2 Universitas Muhammadiyah Magelang, 10 menit menuju kawasan wisata Taman Kyai Langgeng, SMA Taruna Nusantara, dan Akmil, serta hanya 30 menit menuju Candi Borobudur sebagai salah satu pusat wisata kelas dunia di Magelang,” terangnya mantab. Keunggulan lainnya, yakni letak geografisnya sangat strategis, yakni penghuni akan dihadapkan dengan empat view pegunungan, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing yang akan terdukung udara yang masih bersih.

    Adapun progress pembangunan di kawasan Artayudan Village saat ini ialah pembangunan infrastruktur pendukung, diantaranya telah rampungnya maingate kawasan, jalan lingkungan selebar 7 meter dengan perkerasan paving blok untuk kenyamanan sirkulasi kendaraan di dalam perumahan, serta pembangunan beberapa unit yang sudah laku. “Saat ini kami juga sedang bangun dan siapkan unit rumah ready stock sekaligus rumah contoh tipe 83/104, yang ditargetkan selesai bulan September 2019 nanti. Sebagai kawasan hunian modern, Artayudan Village akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Kawasan didukung taman vegetasi yang berada di tengah kawasan yang dapat digunakan sebagai commona area (olahraga, bermain, dan sosialisasi) serta fasilitas security 24 hours with cctv,” terang Ricky.

    “Artayudan Village sudah terjual 10 unit rumahnya, saat ini menawarkan tiga tipe standar hunian berkonsep 2 lantai, yakni tipe 83, tipe 113, dan tipe 115 dengan luasan kavling variabel mulai 104 m² - 147 m², yang ditawarkan mulai kisaran harga 980 jutaan. Harga tersebut sudah include PPN, IMB, penyambungan listrik, PDAM, dan biaya balik nama sertipikat. Untuk cara pembayaran, kami berikan beberapa opsi, yakni cash keras, cash bertahap, dan KPR dengan beberapa perbankan yang sudah PKS dengan kami, antara lain BNI dan Mandiri,” lanjutnya.

    Untuk menggenjot penjualan, diberikan beberapa program promo menarik, yakni promo Kemerdekaan. “Konsumen metode cash bertahap dan KPR diberikan special discount 74 juta dan bonus Kitchen Set IKEA serta free langganan IndiHome selama 1 tahun. Untuk cash bertahap, dengan DP 30 %, konsumen diberikan kemudahan lagi dalam mengangsur, yakni bisa memilih opsi cicilan 12 X atau 24 X tanpa bunga,” pungkas Ricky berpromosi.

    Nayara Citra Klaten menjadi salah satu kawasan hunian yang dihadirkan di sisi Utara Kota Klaten dengan target menyasar segmen pasar kelas menengah dan pasar lokal Klaten. Dengan konsep kawasan modern yang dirancang oleh PT. Citra Kedaton, pengembang berpengalaman dari kota Jogja. Secara konsep bangunan, langgam arsitektur tropis minimalis menjadi pilihannya. Secara kawasan, lingkungan akan dikemas dalam nuansa atmosfer muslim yang kental terasa.

    Dikemukakan oleh Jusan, Marketing Executive PT. Citra Kedaton saat ditemui di kantor cabang pemasaran Klaten, yakni di Jalan Ki Ageng Panjawi (depan percetakan Saudara) Klaten, untuk segmen harga 300 – 400 jutaan potensinya masih sangat tinggi. Pihak pengembang yakin mampu bersaing dengan perumahan yang ada di sekitarnya. Konsep hunian yang dirancang sebagai rumah pertama ini, rumah akan dikemas dengan jaminan kualitas real estate, apalagi kawasan Nayara Citra akan dihadirkan fasilitas penunjang yang dibutuhkan penghuni.

    Berlokasi strategis dengan konsep arsitektur modern dinamis. Lokasi perumahan seluas 7000 m² ini, yang terletak di Tempursari Ngawen Klaten Jawa Tengah ini mengusung langgam arsitektur modern minimalis. Lokasi yang berjarak tempuh 10 menit menuju Alun-Alun Klaten serta berbagai fasilitas umum seperti Rumah Sakit PKU Ngawen, minimarket modern Alfamart/Indomart, dan berada di jalur alternatif Klaten – Boyolali yang tak jauh dari berbagai wisata alam Klaten, seperti Umbul Ponggok.

    Nayara Citra diyakini berada di area perkembangan perkotaan Klaten. Secara potensi, lokasi perumahan ini akan memiliki nilai tambah investasi yang potensial tinggi. Bahkan ke depan daerah Ngawen Klaten, menjadi salah satu area exit tol Jogja – Solo, yang merupakan satu rangkaian pengembangan infrastruktur proyek nasional tol trans jawa.

    Progress pembangunan infrastruktur kawasan, seperti maingate kawasan, jalan lingkungan selebar 6,5 meter, tembok keliling kawasan sudah selesai dibangun. Bahkan sudah berdiri pula fasilitas publik berupa sarana ibadah berupa Musholla sudah siap digunakan. “Kami juga sudah menyelesaikan pembangunan 2 unit hunian tipe 38/72 yang sudah dipesan yang sudah siap diserah terimakan ke konsumen. Saat ini sedang mengerjakan beberapa hunian tipe 50/84 di area blok A (depan). Respon pasar lokal Klaten tergolong cukup positif. Kami akan terus berusaha meyakinkan ke pasar properti kelas menengah Klaten, untuk yang tertarik mengambil unit rumah untuk memenuhi kebutuhan rumah tinggal, maupun untuk sarana berinvestasi. Terbukti, pembeli awal kami masih dari sekitar kawasan Naraya Citra, mereka memutuskan membeli karena faktor lokasi, konsep kawasan, dan kualitas bangunan,” terang Jusan, sapaannya.

    Harga yang ditawarkan untuk hunian Nayara Citra yang menghadirkan 52 unit rumah berkonsep 1 lantai yaitu mulai dari 300 jutaan untuk tipe 38 dengan luas tanah 72 m2 mempunyai lebar depan 6 meter dan untuk rumah tipe 50 dengan luas tanah 84 m2 dengan lebar depan 7 meter, kami jual mulai kisaran 377 jutaan. “Kami optimis, dengan harga yang sangat terjangkau ini, akan mampu diserap pasar properti Klaten,” papar Jusan, selaku Marketing Executive PT. Citra Kedaton.

    Cara bayar yang ditawarkan pihak pengembang juga bervariatif, baik cash bertahap atau cash keras hingga metode KPR. “Dari pengalaman di proyek Jogja, konsumen akan lebih dominan mengambil unit rumah dengan cara KPR. Untuk KPR, kami sudah bekerjasama dengan hampir semua perbankan penyedia layanan kredit perumahan, baik konvensional maupun perbankan syariah. DP KPR mulai 5%, PKS sudah terjalin dengan BTN, BNI, Mandiri, dan BRI. Untuk cash bertahap bisa sampai 36 bulan, uang muka untuk cash bertahap mulai 30%. Kami juga berikan program promo free biaya SHM, dan khusus untuk profesi Guru dan PNS/ASN diberikan bonus free PPN 10%,” pungkas Jusan semangat.

    Taman Anggrek Trunuh Klaten menawarkan kawasan hunian satu lantai berlokasi strategis dengan konsep arsitektur modern dinamis dengan fasad bergaya atap tropis berupa limasan. Taman Anggrek Trunuh secara geografis terletak di pintu masuk kota Klaten yang berada 100 meter yang terhubung dengan akses Jalan Provinsi Klaten – Jogjakarta. Secara lokasi, sangatlah strategis, karena berada tak jauh, yakni 5 menit dari pusat kota Klaten yang sudah terdukung infrastruktur sarana-sarana pendukung kehidupan, seperti fasilitas kesehatan yang dekat dengan rumah sakit Dr. Soeradji Tirtonegoro serta 10 menit menuju pusat Kota Klaten.

    Progress di Taman Anggrek Trunuh memasuki semester kedua tahun 2019 ini sudah memasuki tahap penyelesaian beberapa unit rumah yang sudah laku. “Untuk fasilitas umum yang kami tawarkan di awal sudah kami bangun terlebih dahulu, seperti maingate kawasan, pos keamanan, tembok keliling, area boulevard dan taman lingkungan serta jalan utama sebagi mainroad sudah selesai dibangun. Saat ini kami sudah berhasil menjual 18 unit rumah dari rencana 52 unit. Tak lama, setelah ada unit yang diserahterimakan kami akan segera lengkapi dengan keberadaan satpam yang bertugas 24 jam yang akan dilengkapi dengan dukungan CCTV untuk makin memberi rasa aman dan nyaman bagi seluruh penghuni,” ungkap Joko Martono, Marketing Staff PT. Indah Pratama Grida yang ditemui di kantor pemasarannya, yang berada persis di seberang Alun-alun kota Klaten.

    “Taman Anggrek Trunuh yang berada di atas lahan 9800 m² ini, mendapat respon yang sangat positif dari pasar. Walaupun harus diakui momentum pilpres April 2019 lalu membuat laju penjualan agak melambat. Namun kami masih sangat optimis, menuju periode akhir tahun kondisi pasar properti Klaten akan kembali bergairah. Banyak konsumen kami yang masuk waiting list untuk segera melakukan transaksi. Tak sedikit pula konsumen Anggrek Trunuh adalah konsumen kami di project terdahulu. Mereka melakukan repeat order, karena pertimbangan investasi. Bisa dikatakan kenaikan investasi di perumahan kami mengalami kenaikan 20 – 30 % per tahunnya. Sebagai contoh, dahulu di awal penjualan, harga kami di kisaran 300 jutaan, saat ini kami bisa jual dikisaran 400 jutaan,” terang Joko, sapaannya.

    “Kami hadirkan unit hunian dengan luas bangunan yang mampu mengakomodir segmen middle, yakni tipe 45 serta tipe 45 special-hook garden yang punya kelebihan yaitu posisi kavling berdampingan dengan area taman lingkungan, sehingga akan memberi kesan lebih luas. Dengan pilihan variabel luasan tanah kavlingnya yang beragam, yakni mulai luas tanah 80 m² - 90 m². Kami juga memberikan regulasi yakni kawasan dikonsep menjadi hunian tanpa pagar dan tidak diperkenankan meng-upgrade bangun menjadi rumah 2 lantai,” imbuh Joko tegas.

    Terdapat program promo, yakni cashback 20 juta atau bonus menarik lainnya, yakni free canopy atau tandon air, maupun unit AC. Sekarang unit rumah di Taman Anggrek Trunuh di kisaran harga mulai 467 jutaan, harga tersebut sudah termasuk PPN, BPHTB, dan biaya Notaris. “Untuk cash keras, konsumen bisa melakukan pelunasan pembayaran dalam waktu 1 bulan, yang akan diberikan discount harga 2 %. Sedangkan untuk cash bertahap terdapat 2 pilihan, yakni cicilan selama 2 bulan dan cicilan selama 3 bulan dengan DP 30%. Untuk cicilan 2 bulan akan mendapatkan diskon 1%, sedangkan cicilan 3 bulan akan diberikan diskon 0,5%. Kemudian kami juga berikan opsi cash bertahap selama pembangunan, atau 3 kali angsuran selama progress pembangunan yang rata-rata selama 5 – 6 bulan, dan untuk KPR, bisa hanya dengan DP 10% saja,” pungkas Joko Martono. Wahyu Pras-red

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain