Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Dapur

Mengatur Interior Rumah dengan Logika Fengshui (bagian-1)

Mengatur interior rumah dengan logika Fengshui
Interior Open Plan
Partisi Ruang
[block:views=similarterms-block_1]

Masyarakat di Indonesia pada umumnya, sudah tidak asing mendengar istilah Fengshui, tetapi belum mengerti maksud dan logika arahan fengshui sehingga terkadang arahan fengshui dianggap hanya sebuah mitos yang tidak memiliki penalaran secara logis.Fengshui sendiri berarti angin – air , secara sederhana fengshui dapat dimaknai sebagai filosofi yang dipopulerkan oleh bangsa Tiongkok yang menekankan tentang keseimbangan hidup termasuk dalam menata perilaku kehidupan di dalam rumah.

Inspirasi Co-Working Space

Desain Co-Working Space
Contoh suasana area kerja
Contoh suasana area kerja
Contoh fasilitas ruang co-working space
Contoh fasilitas ruang co-working space
[block:views=similarterms-block_1]

Apa itu Co-working space? Pengertian Co-working space (ruang bersama) adalah sebuah tempat dimana para individu - individu yang memiliki latar belakang pekerjaan ataupun bisnis bekerja dalam sebuah tempat. Asal dari definisi co-working space itu sendiri adalah berasal dari kata 'Coworking' yang bisa diartikan kerja sama atau berkolaborasi. Karena desain Co-working space yang mengusung konsep open space atau transparancy, membuat setiap individu di dalam co-working space dapat lebih aktif berinteraksi. Sebuah co-working space juga biasanya memiliki suasana yang mendukung semangat & produktifitas kerja. Terutama jika Anda adalah founder start up yang baru saja membuat start up, pastinya membutuhkan tempat yang pas dan tepat untuk berkordinasi bersama tim yang biasanya beranggotakan masih sedikit. Co-working space tidak hanya untuk para start up founder saja. Tetapi co-working space bisa & tepat juga untuk seseorang yang memiliki bisnis digital secara individu hingga para freelancer profesional yang membutuhkan tempat untuk bekerja di luar rumah namun tidak 'serasa' kantor.

Nuansa 'Tempo Dulu' pada Desain Co-working Space

Nuansa 'Tempo Dulu' pada Desain Co-working Space#1
Nuansa 'Tempo Dulu' pada Desain Co-working Space#2
Nuansa 'Tempo Dulu' pada Desain Co-working Space#3
Nuansa 'Tempo Dulu' pada Desain Co-working Space#4
Nuansa 'Tempo Dulu' pada Desain Co-working Space#5
[block:views=similarterms-block_1]

Sejak beberapa tahun belakangan, kehadiran co-working space semakin meningkat seiring dengan meningkatnya perusahaan start-up di Indonesia. Menggalaknya program ekonomi kreatif yang didukung oleh pemerintah pun ikut meningkatkan kebutuhan para pengusaha muda akan ruang bekerja yang nyaman. Sebelum jauh membahas tentang desain co-working space, ada baiknya kita mengenali tentang pengertiannya serta tujuan diciptakannya ruang bekerja bersama ini. Co-working space merupakan ruang komunal yang digunakan untuk bekerja atau berkumpul bagi sekumpulan orang yang bekerja secara independen. Di ruang inilah setiap individu akan saling berbagi pengalaman, informasi, dan ilmu yang dimiliki. Tak hanya pekerja, saat ini co-working space pun juga digunakan oleh kalangan mahasiswa sebagai tempat kumpul dan belajar bersama. Christian Cordes dalam wawancaranya bersama Klaus Luber yang tertulis dalam jurnal online Goethe Institute Indonesia tahun 2016 menerangkan bahwa co-working space adalah tempat orang berbagi prasarana dan sumber daya, mulai dari tempat kerja,koneksi WLAN, sampai printer.

Inspirasi Guest House Impian

Inspirasi Guest House
Contoh visualisasi halaman parkir
Contoh visualisasi taman
Contoh visualisasi fasilitas warung makan
Eye bird desain Guest House
[block:views=similarterms-block_1]

Guest house atau disebut juga dengan wisma tamu merupakan tempat sejenis penginapan yang digunakan untuk peristirahatan sementara. Di beberapa bagian dunia, seperti misalnya Karibia, guest house adalah penginapan dengan harga terjangkau. Namun, di lain daerah, guest house adalah rumah pribadi yang telah dikonversi untuk penggunaan akomodasi tamu secara eksklusif. Pemilik biasanya tinggal di tempat yang terpisah dari guest house, tersedia beberapa fasilitas seperti area pribadi yang mementingkan privasi tamu, dapur atau pantry pribadi yang dapat digunakan untuk mengolah makanan sendiri sehingga lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya, dan harga relatif terjangkau terutama jika tamu dalam jumlah lebih dari 4 orang. Perbedaan guest house dengan hotel adalah di fasilitas pelayanan yang lebih sederhana dan dengan waktu terbatas (jam kerja stafnya).

Aplikasi Bata Ekspos & Roster Pada Fasad Bangunan

Aplikasi Bata Ekspos & Roster, Pada Fasad Bangunan
Contoh aplikasi bata merah ekspos
Contoh aplikasi roster terakota persegi panjang
Contoh aplikasi roster terakota persegi
[block:views=similarterms-block_1]

Fasad dalam bahasa Perancis (facade) adalah suatu sisi luar (eksterior) bangunan, umumnya yang dimaksud adalah bagian depan, tetapi kadang juga bagian samping dan belakang bangunan. Kata ini berasal dari bahasa Perancis yang secara harfiah berarti “depan” atau “muka”. Dalam arsitektur, fasad bangunan merupakan hal penting dari sudut pandang desain, karena dapat mempengaruhi suasana untuk bagian bangunan lainnya. Saat ini, muncul ragam jenis dan material untuk mempercantik fasad bangunan, diantaranya yang mudah didapatkan dan diaplikasikan adalah batu bata dan roster.

Gaya Hidup Maksimalis di Hunian Berkonsep Rumah Tumbuh

Gaya Hidup Maksimalis di Hunian Berkonsep Rumah Tumbuh
Taman Kering di Belakang Carport
Taman Kering pada Bangunan
Interior Ruang Keluarga yang Menyatu dengan Ruang Makan dan Dapur
Interior Dapur
[block:views=similarterms-block_1]

Memiliki hunian nyaman dan fasilitas penunjang yang mendukung merupakan sebuah lingkungan tempat tinggal ideal yang diinginkan keluarga secara umum untuk memaksimalkan gaya hidup modern saat ini. Namun, kriteria hunian ideal tersebut dapat diraih dengan memilih hunian di komplek permukiman real estate. Banyak masyarakat yang rela menginvestasikan uang yang lebih pada unit hunian di real estate karena ada tingkat kepuasaan dan kenyamanan yang ingin dicapai yaitu proteksi keamanan lingkungan, kebersihan dan lingkungan yang lebih tertata, fasilitas club house yang tidak harus dibangun secara pribadi namun dapat dinikmati secara komunal.

Mendesain Restoran Cepat Saji yang Menarik dan Efektif

Desain Restoran Cepat Saji
Gambar Diagram Layout Dapur
Gambar Mural yang Digunakan pada Dinding
Desain Perspektif Area Makan Indoor
Desain Perspektif Area Makan Outdoor
[block:views=similarterms-block_1]

Saat ini bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha yang paling diminati karena merupakan salah satu bisnis yang melingkupi kebutuhan pokok masyarakat sehingga bisnis kuliner yang tepat dapat menghasilkan pundi-pundi dalam jangka waktu singkat dan berkelanjutan dibandingkan sektor bisnis lainnya. Pada saat ini, fenomena yang terjadi pada dunia bisnis kuliner adalah para pemilik usaha kuliner baru berlomba untuk tidak hanya menyuguhkan hidangan yang favorit sebagai cara andalan mengundang tamu-tamunya tetapi bagaimana desain bangunan restoran menjadi faktor pendukung, konsumen untuk tertarik datang ke restoran.

Sebelum kita memulai mendesain sebuah restoran, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh calon pemilik usaha restoran adalah pasar dan kelas yang ingin dituju. Hal ini yang mempengaruhi dari segi penataan layout restoran, tingkat kenyamanan pengunjung dan yang paling penting adalah budget yang akan dikeluarkan untuk merealisasikan desain sebuah restoran.

Efisiensi Pengembangan Bangunan Hunian Eksisting

Rumah setelah pengembangan
Rumah eksisting sebelum pengembangan
Interior dapur,ruang makan lantai 1 dan interior master bedroom
Area depan teras rumah eksisting dan lighting pada tangga
Area taman samping dan area selasar penghubung
[block:views=similarterms-block_1]

Bangunan hunian merupakan jenis desain bangunan yang memiliki keterikatan personal dengan pemilik sehingga pada perencanaan bangunan hunian, aspek perspektif pemilik hunian dalam melihat sebuah kebutuhan ruang menjadi titik mulai dalam proses perencanaan dan pengembangan bangunan hunian. Beberapa faktor yang membuat pemilik tetap nyaman tinggal di dalam bangunan hunian yang telah lama berdiri yaitu lokasi lingkungan yang sudah menjadi kebiasaan sehingga menimbulkan rasa kepemilikan, lalu hal yang juga penting adalah aspek historis, dimana setiap bangunan yang dihuni memiliki memori tersendiri bagi pemilik hunian dimana terjadi momen khas secara personal.
Tipikal bangunan hunian pada era 90 an, memiliki taman yang cukup luas sehingga saat ini bangunan tersebut bisa dikembangkan dengan konsep rumah tumbuh.

Mendesain Ruko Nyaman Dihuni

Desain Ruko
Denah ruko standard dan ruko hunian
Diagram Udara
Skema Suplai udara
[block:views=similarterms-block_1]

Merencanakan desain hunian dengan kebutuhan kompleks menimbulkan tantangan tersendiri, terlebih pada saat ini keterbatasan area tanah di area pusat kota menjadi isu yang harus dijawab untuk memenuhi setiap jenis kebutuhan di bidang komersial tanpa mengkesampingkan kenyaman pemilik hunian. Konsep hunian ini, pada dasarnya telah dikembangkan sejak lama, dan dikenal dengan istilah “ruko” tetapi konsep ini lebih mengedepankan kebutuhan untuk ruang komersial saja sehingga pola hunian yang berada di lantai atas nya harus terpaksa terhalang oleh dinding masif dan pada kondisi ruko panjang, kemungkinan beberapa ruang hunian tidak mendapatkan pencahayaan dan pengudaraan yang baik untuk menjaga tingkat kenyamanan penghuni.

Pada umumnya, ruko didesain dengan konsep open plan dan memajang sehingga dapat fleksibel untuk melakukan perubahan layout didalamnya. Saat ini kebanyakan tampak ruko dibuat secara umum tanpa mempertimbangkan kenyamanan penghuni didalamnya, termasuk penataan ruang dalam ruko untuk hunian yang menjadi dirasa sangat dipaksakan dengan mengurangi unsur-unsur nyaman sebuah ruang huni. Realita yang terjadi pada ruang huni di ruko kesulitan mendapatkan suplai udara dan cahaya yang cukup untuk aktifitas keseharian, terlebih pada kenyataannya ruko cenderung berada pada lingkungan yang padat bangunan sehingga akses udara dan Cahaya akan terhalang dari berbagai arah.

Desain Barrier Pada Rumah Tinggal Lahan Terbatas

Pembatas ruang milik rumah dan jalan menggunakan hard materials
Contoh pagar kombinasi tanaman
Pagar yang digunakan sebagai barrier pada rumah tinggal
Contoh desain pembatas ruang dengan menggunakan tanaman perdu
Konsep barrier yang cocok digunakan untuk lingkungan komplek perumahan
[block:views=similarterms-block_1]

Apa itu barrier? Secara terjemahan bahasa barrier adalah penahan, pembatas, rintangan, atau palang. Dalam arsitektur barrier juga memiliki arti yang sama, yaitu pembatas ruang atau pengarah ruang yang biasanya digunakan untuk luar bangunan. Dalam bahasa sehari-hari untuk lingkungan rumah tinggal, biasa kita sebut pagar meskipun bentuk fisiknya tidak harus “pagar”. Pagar sendiri dapat diimplementasikan sebagai bentuk yang jelas secara visual, artinya tampak jelas menghalangi jalan masuk dari luar ke dalam, atau bisa juga secara rasa karena adanya perbedaan tekstur dan warna material. Fungsi lain dari barrier dapat juga sebagai penanda status kepemilikan ruang, misal untuk area parkir mobil dengan area sirkulasi orang dibedakan dengan jenis perkerasan conblock dan rumput hijau atau batuan coral. Lalu bentuk seperti apa saja yang bisa menjadi pembatas ruang luar antara lahan rumah dengan jalan, atau antara ruang-ruang di dalam lahan rumah itu sendiri?

PARTNER
Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain    Holcim Solusi Rumah