Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Dapur

Merencanakan Dapur Efektif Untuk Hunian Urban

Darren and Dee kitchen bar
Kabinet Bawah
Breakfast Bar
Kabinet Atas
Bagian Dapur
[block:views=similarterms-block_1]

Pada saat ini, permintaan hunian di area perkotaan (urban) semakin meningkat seiring perkembangan ekonomi sehingga berdampak pada keterbatasan lahan untuk membangun hunian. Keterbatasan ini menimbulkan efek luasan hunian menjadi relatif kecil sehingga penghuni dihadapkan pada situasi untuk dapat memaksimalkan penggunaan ruang dalam hunian sehingga aktifitas di dalamnya dapat berjalan secara efektif.

Pada umumnya area privat pada bangunan hunian menjadi prioritas sedangkan area servis menjadi hal sekunder termasuk dapur. Dapur merupakan bagian area servis yang memiliki fungsi vital terlebih untuk hunian keluarga, tetapi mendapat porsi yang sedikit dalam pembagian ruang di hunian. Pada layout hunian di perumahan, area dapur yang disediakan kurang dapat mengakomodasi kegiatan memasak sebab keterbatasan lahan dan penghematan budget sehingga pada saat serah terima, penghuni harus berusaha untuk mengembangkan dapur hunian mereka agar dapat difungsikan secara maksimal. Luasan dapur pada hunian perkotaan bervariasi, secara umum berkisar antara 3,6 dan 9 m². Keterbatasan ini harus diatasi dengan merencanakan layout dapur, jenis elektronik, peralatan dapur dan sistem penyimpanan yang sesuai sehingga operasional dapur dapat berjalan efektif.

Inspirasi desain Kitchen Bar

Service Bar
Dome Bar
Service Bar di dapur
Kitchen Bar tema natural
Kitchen Bar sebagai service pada dapur dan meja makan
[block:views=similarterms-block_1]

Sebelum jauh membicarakan mengenai desain, mari Kita sejenak memahami asal usul dan sejarah tentang Bar. Pada mulanya bar dikenal dengan nama atau sebutan tavern. Bar berasal dari kata barrier yang berarti sesuatu yang menghalangi, yaitu kayu pemisah antara pekerja bar (bartender) dengan tamu. Kayu pemisah atau penghalang tersebut dinamakan counter atau dalam bahasa Indonesia disebut konter, konter tersebut mempunyai fungsi lain yang dilengkapi dengan kursi tinggi yang disebut bar stools, dibuat sesuai dengan keinginan dan selera pemilik bar. Di Bar tersebut tamu dapat duduk santai memesan makanan dan minuman yang diinginkannya. Konter juga bertujuan untuk menghindari tamu yang mabuk masuk ke dalam Bar dan mengambil minuman yang ada di bar.

Inspirasi Desain Meja Kerja Pada Ruang Sempit

Inspirasi meja kerja pada ruang sempit
Contoh penataan meja kerja
Contoh compact furniture pada meja kerja
Contoh multi-purpose furniture pada meja kerja
Penataan meja kerja pada kamar tidur
[block:views=similarterms-block_1]

Di era modern saat ini, tak jarang rumah memiliki multifungsi. Selain berfungsi sebagai tempat tinggal untuk beristirahat, rumah juga dapat digunakan sebagai sarana bekerja. Namun, fungsi rumah sebagai tempat beristirahat dan bekerja perlu ditata dengan baik agar kedua fungsi ini tidak saling bertabrakan. Aktivitas bekerja yang membutuhkan area khusus agar dapat tetap fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan sebaiknya tidak terganggu dengan aktivitas rumah sebagai tempat beristirahat. Begitu pula sebaliknya, istirahat membutuhkan suasana tenang tanpa terganggu pikiran pekerjaan yang belum terselesaikan. Untuk memiliki ruang kerja dalam hunian tidak selalu membutuhkan tipe rumah dengan luas bangunan yang cukup besar. Rumah tipe kecil pun dapat memiliki ruang kerja dengan memaksimalkan sudut ruang dalam rumah yang belum terpakai. Pemaksimalan area kerja dapat dilakukan dengan menghadirkan desain meja kerja yang efektif dan efisien bagi pengguna. Saat ini meja kerja tak hanya dapat diletakkan di kantor saja, tapi juga dalam rumah, terutama bagi freelancer atau pekerja lepas yang banyak melakukan produktivitasnya di dalam rumah.

Mendesain Home Office di Rumah

Perubahan ruang keluarga atas sebagai Home Office
Contoh pemanfaatan ruang tamu rumah sebagai SOHO
Contoh pemilihan rak display
Contoh Penggunaan karpet
Contoh penempatan aksesoris personal diatas meja kerja
[block:views=similarterms-block_1]

TREND SMALL OFFICE HOME OFFICE (SOHO)
Pada dasarnya di tahun 1980-an telah dicetuskan prediksi bahwa akan muncul masyarakat jaringan dimana manusia tidak perlu pergi ke sebuah institusi untuk melakukan pekerjaan dan bertemu manusia lain tetapi dapat menggunakan teknologi informasi. Seiring berkembangnya era digitalisasi maka pekerjaan dapat dilakukan dimana saja termasuk di dalam rumah dengan bantuan internet. Pekerjaan yang memungkinkan dan fleksibel untuk dilakukan di luar bangunan kantor adalah pekerjaan yang berhubungan dengan jasa. Beberapa faktor yang memiliki nilai lebih saat memiliki kantor di rumah yaitu rumah menjadi memiliki nilai komersial, membantu penghuni rumah yang memiliki keterbatasan waktu untuk bekerja (Contoh : ibu rumah tangga yang tidak dapat meninggalkan karena harus menjaga anak), di kota besar jarak tempuh ke tempat kerja akan menimbulkan biaya transportasi, jam kerja dapat diatur secara personal (fleksibel). Saat ini jenis hunian yang dilengkapi dengan fungsi sebagai tempat bekerja dikenal dengan sebutan Small Office Home Office (SOHO).

Mendesain Kamar Mandi

Contoh kamar mandi kering
Contoh kamar mandi basah
Contoh pemilihan warna keramik dan sanitary
Studi kasus tampak bathroom dan wastafel
Contoh dekorasi kamar mandi
[block:views=similarterms-block_1]

Kamar mandi adalah ruang servis yang memiliki fungsi vital untuk berlangsungnya kegiatan hunian di dalam rumah. Pada dasarnya kamar mandi dibedakan atas 2 jenis yaitu kamar mandi basah dan kamar mandi kering.

Pada umumnya bangunan hunian tua di Indonesia menggunakan tipe kamar mandi basah. Kamar mandi basah biasanya memiliki bak penampungan air dan tidak ada perbedaan level lantai pada ruang dalam kamar mandi sehingga saat kamar mandi digunakan untuk kegiatan mandi maka secara bersamaan seluruh lantai kamar mandi akan basah atau terpapar air. Penggunaan bak penampungan air pada dasarnya diakibatkan karena dahulu persediaan aliran air tidak stabil sehingga memerlukan wadah untuk menyimpan persediaan air. Namun seiring berjalannya waktu bangunan hunian di kota mulai beralih menggunakan kamar mandi kering karena memiliki kelebihan lebih hemat air, meminimalkan genangan air, area kakus menjadi lebih nyaman, meminimalkan tumbuhnya jentik nyamuk pada bak penampungan.

Memaksimalkan Ruang Pada Apartemen

Contemporary bedroom design
TV Sliding Wardrobe
Contemporary Bedroom Design ideas
Small apartment design
Small apartments design
[block:views=similarterms-block_1]

Apartemen merupakan salah satu pilihan masyarakat kota untuk tinggal saat ini. Ditengah banyaknya penawaran tipe tempat tinggal, agaknya apartemen menjadi pilihan yang cukup menarik untuk dipertimbangkan. Lokasi menjadi kelebihan utama apartemen, karena apartemen pada umumnya berada dipusat kota, sehingga jarak menjadi dekat dan kualitas hidup meningkat. Besaran ruang pada unit apartemen umumnya kecil. Pengguna apartemen seringkali kesulitan menata ruang apartemen sesuai gaya hidup mereka. Berikut ini akan kami bagikan tips menata ruang dalam unit apartemen yang kecil.

Material Bambu Untuk Mempercantik Hunian

bambu sebagai dekorasi ruangan
bambu sebagai partisi
bambu sebagai dekorasi fasad-1
bambu sebagai dekorasi dinding
[block:views=similarterms-block_1]

Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan yang mempunyai batang berongga, serta berakar serabut. Batang bambu memiliki ranting bukan dahan, ranting sendiri mempunyai bentuk lebih kecil dibanding dahan sehingga ranting tersebut tidak mengubah bentuk asli pohon bambu. Walaupun bambu memiliki akar serabut, bambu tidak dikelompokkan dalam tumbuhan berkeping satu sebab bambu tidak memiliki biji. Bambu berkembang biak dengan tunas dan setek batang. Ada lebih dari 1200 spesies bambu dan kebanyakan terdapat di Asia (Lopez dan Shanley 2014).

Percantik Rumah Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Desain Taman
Desain RuangTamu
Desain Ruang Makan
Desain Dapur
Desain Ruang Keluarga
[block:views=similarterms-block_1]

Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang selalu dinantikan oleh seluruh Umat Muslim. Hari suci, dimana merayakan kemenangan setelah berpuasa di bulan Ramadhan. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri tersebut, salah satunya adalah mempersiapkan rumah yang akan digunakan sebagai tempat untuk berkumpul bersama sanak saudara maupun kerabat.

Rumah yang nyaman, dengan dekorasi dan layout menarik pasti akan menjadi perhatian para tamu undangan, keluarga maupun kerabat ketika mengadakan acara Halal Bihalal di rumah. Anda tidak perlu merombak atau mendekorasi keseluruhan rumah Anda, pilih saja ruang dimana akan sering digunakan untuk bercengkerama dengan keluarga dan para tamu. Tidak harus mengatur eksterior rumah, beri sentuhan dekorasi interior yang bertema Hari Raya Idul fitri sudah cukup memberi kesan bahwa Anda sedang berbahagia menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri.

Menampilkan Suasana di Ruang Makan

denah ruang makan modern
perspektif ruang makan modern
denah ruang makan outdoor
perspektif ruang makan outdoor
[block:views=similarterms-block_1]

Ruang makan adalah salah satu poin penting dalam sebuah hunian. Tempat dimana sumber kehidupan rumah tersebut berada. Ruang makan terkadang dianggap hal sepele karena kegiatan di dalamnya dapat dilakukan dimana saja. Bagi sebagian orang kegiatan makan tidak harus selalu dilakukan di ruang makan, namun tahukah Anda bahwa ruang makan adalah salah satu tempat dimana sebuah keluarga dapat berkumpul dan saling berkomunikasi ketika sedang melakukan kegiatan makan di dalamnya.

Kreasi Letak Photo di Dinding

Pigura Kombinasi Wall Sticker
Pigura dengan tatanan rapi teratur dan dengan tali rotan&penjepit
Pigura  model floating shelf dan pemanfaatan sudut ruang
Pigura dengan model Board Pigura dan sekedar ditempel
Pigura model Wall of Frame
[block:views=similarterms-block_1]

Foto, sebuah gambar yang akan selalu mengembalikan memori kita pada kenangan indah saat foto itu diambil. Mulai dari hal penting dalam hidupmu, hingga kegiatan sehari-hari atau kekonyolan yang dilakukan bersama keluarga ataupun sahabat. Maka, mengambil foto adalah salah satu hal wajib yang harus selalu dilakukan dalam setiap kegiatan maupun peristiwa yang kita lewati.

Di era digital dengan teknologi yang sangat maju saat ini mungkin menyimpan foto dalam memori gadget adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan, namun pernahkah kalian terbayang jika rekaman kenangan tersebut dapat kalian lihat dan rasakan setiap hari ketika berada dirumah ? Coba cetak semua foto di momen penting hidupmu, atau foto kegiatan sehari-hari, atau mungkin foto kekonyolan dengan keluarga dan sahabat. Cetakan foto tidak harus selalu diletakkan di album foto, kamu dapat menggantung foto tersebut, atau menempelnya didinding, atau mengkreasikannya dengan wall sticker.

PARTNER
Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain    Holcim Solusi Rumah