Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Sosok

Kombinasi Modern & Klasik Otak Atik Novian Arif Wibowo

Novian Arif Wibowo bersama istri
Bagian dalam area joglo bergaya klasik
Ruang keluarga dengan furnitur modern
Sudut bathroom dengan fasilitas modern dan Area dapur berkonsep minimalis
Kamar tidur anak bernuansa girly
[block:views=similarterms-block_1]

Rumah merupakan tempat layaknya surga bagi setiap penghuninya. Di dalam rumah, seseorang dapat melakukan berbagai aktifitas demi menghilangkan kepenatan karena berbagai hal setelah seharian bergelut dengan dunia kerja yang tentu saja menyita waktu, tenaga, maupun pikiran. Hal tersebut tentu saja dapat diwujudkan apabila rumah mampu menghadirkan suasana yang nyaman dan tentram.

Desain rumah dengan arsitektur minimalis memang sedang menjadi tren, terutama di lingkungan perkotaan. Semakin mahal dan terbatasnya lahan di tengah kepadatan kota, serta gaya hidup yang semakin praktis, menjadi faktor pemicu semakin digandrunginya desain minimalis. Namun, tuntutan keadaan lingkungan tropis juga perlu disikapi dengan tepat dan dicarikan solusi agar dapat dipadukan dengan desain minimalis tersebut. Pada prinsipnya, gaya desain apapun yang dipilih harus mampu memberikan kenyamanan, fungsi yang optimal, dan mengadopsi keadaan alam sekitar. Begitu pula dengan desain arsitektur minimalis yang berada di lingkungan tropis.

Aroma Klasik Nan Elegan Hunian Cozy Henny Dwi Astuti

Adhitea Nugroho & Henny Dwi Astuti
Ruang tamu dengan furnitur klasik nan mewah
Area living room dengan sofa set minimalis
Dekorasi kamar tidur anak yang menyatu dengan kamar tidur utama
Kolam renang di area backyard dengan sentuhan unsur alam
[block:views=similarterms-block_1]

Seiring perkembangannya, popularitas gaya hunian modern tak membuat desain rumah klasik kehilangan penggemarnya. Bahkan, masih banyak pemilik rumah yang masih memilih untuk menerapkan desain rumah klasik sebagai identitas dan karakter rumah mereka. Namun, banyak juga yang menggunakan gaya desain rumah klasik yang lebih disederhanakan untuk mengikuti tren yang ada. Tujuannya supaya kesan hangat dan intim di kalangan penghuni rumah tetap bisa hadir di tempat itu.

Desain rumah klasik paling sering merujuk pada rumah yang memiliki hubungan kuat dengan arsitektur klasik Yunani dan Roma kuno. Desain rumah klasik mewah memiliki detail yang rumit pada fasad, pintu masuk, jendela, dan atapnya. Beberapa hal yang mungkin akan ditemukan yaitu detail klasik seperti kolom bergalur, coffered plafond (panel-panel cekung di langit-langit), atau jendela yang dibingkai dengan detail molding. Konsep bangunan tersebut yang juga diaplikasikan pada hunian milik pasangan suami istri, Adhitea Nugroho dan Henny Dwi Astuti.

Gaya American Classic Rumah Kenny Teguh Yang Ciamik

Kenny Teguh
Ruang Tamu
Ruang makan berdampingan dengan dapur dan Ruang aktivitas lantai atas
Ruang keluarga bernuansa modern dengan aksen American Classic
Kenyamanan kamar tidur utama bernuansa monochrome
[block:views=similarterms-block_1]

Rumah bukan hanya sebagai tempat berteduh dikala hujan atau panas, tetapi juga sebagai tempat dimana sebuah keluarga dapat berinteraksi, tumbuh, dan berkembang bersama dengan harmonis. Kenyamanan menjadi aspek yang diutamakan guna mendapatkan ketenangan batin sang penghuni rumah. Indah yang tidak berarti harus mewah, tetapi lebih menuju pada kepuasan batin akan rumah yang memberikan rasa nyaman untuk ditinggali.

Karakter Tropis Nuansa Villa Olah Rasa Dimas Barata

Dimas Barata
Karakter Tropis Nuansa Villa
Ruang tamu dengan aquarium sebagai daya tarik
Area ruang keluarga didominasi unsur bata ekspos
Kamar tidur utama bergaya simpel nan nyaman
[block:views=similarterms-block_1]

Kenyamanan dan dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, mungkin harga mati bagi setiap orang dalam membangun rumah. Memiliki sebuah rumah sesuai dengan karakter sang penghuni rumah merupakan dambaan setiap orang. Rumah dapat mencerminkan si penghuni, mulai dari kebiasaan, aktifitas, sampai dengan pola pikir si pemilik rumah dapat dicerminkan dalam lingkungan rumah. Perlu kecermatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bagaimana pola hubungan antar ruang, pernik-pernik, dan furnitur sebagai penghias ruangan dapat terkoneksi menjadi satu kesatuan karakter yang kuat. Seperti diketahui, rumah merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan setiap manusia, bukan hanya sebagai tempat tinggal tetapi juga sebagai tempat dimana sebuah keluarga bisa berinteraksi, tumbuh, dan berkembang dengan baik. Oleh karena itu faktor kenyamanan dari sebuah rumah pasti akan selalu menjadi perhatian guna mendapatkan ketenangan batin sang penghuni rumah.

Representasi Hunian Artsy Keluarga Kreatif Dyah Safitri Yuniar

Dyah Safitri Yuniar
Ruang tamu dengan dekorasi bernuansa chic
Studio kerja bernuansa simpel & cozy
Tangga minimalis dengan sentuhan klasik dan Ruang keluarga berkonsep minimalis n
Dapur utama dengan fasilitas modern
[block:views=similarterms-block_1]

Rumah bukan hanya sebagai tempat berteduh dikala hujan atau panas, tetapi juga sebagai tempat dimana sebuah keluarga dapat berinteraksi, tumbuh, dan berkembang bersama dengan baik. Kenyamanan menjadi aspek yang diutamakan guna mendapatkan ketenangan batin sang penghuni rumah. Indah yang tidak berarti harus mewah, tetapi lebih menuju pada kepuasan batin akan rumah yang memberikan rasa nyaman untuk ditinggali.

Gaya Rumah Klasik Kolonial Sentuhan Nostalgia Ardi Firdaus

Ardi Firdaus
Gaya Rumah Kolonial Sentuhan Nostalgia Ardi Firdaus
Ruang tamu dengan furnitur lawas dan Ruang tengah dengan sentuhan unsur kayu
Ruang makan bernuansa terbuka dan Sudut area terbuka belakang
Kamar tidur tamu dengan dekorasi minimalis
[block:views=similarterms-block_1]

Pernah dengar istilah rumah Belanda? Meskipun merupakan rumah dengan influence dari arsitektur barat, desain rumah Belanda sebenarnya sangat dekat dengan dunia arsitektur Indonesia. Era kolonialisasi yang berlangsung sebelum Indonesia merdeka, mewariskan berbagai nilai arsitektur yang masih memiliki banyak penggemar hingga saat ini, termasuk desain-desain rumah Belanda. Umumnya, rumah Belanda memiliki kesan pertama seperti rumah tua atau bergaya kolonial kuno yang klasik dan merupakan bangunan-bangunan yang dibangun sebelum atau pada periode awal kemerdekaan Indonesia. Namun, kini banyak orang yang mulai menyuntikkan unsur modern pada desain rumah Belanda sehingga mulai banyak orang yang mencoba menerapkannya pada desain rumah mereka karena kini desain rumah Belanda menjadi lebih relevan. Terlebih lagi, desain rumah Belanda sarat akan detail-detail dan pengolahan bentuk klasik yang elegan sehingga tetap digemari hingga kini.

Dekorasi American Style Otak-Atik Ciamik Lily Lestari

Lily Lestari Yusno beserta putrinya
Dekorasi Ruang Keluarga
Playground dengan sentuhan unsur tropis
Ruang makan dengan mini pantry
Kamar tidur anak
[block:views=similarterms-block_1]

Memiliki hunian yang nyaman tidak melulu harus berukuran besar dan luas. Bagi Anda pemilik rumah berukuran kecil, Anda juga tetap dapat membuatnya nyaman dan terutama fungsional. Gaya hidup minimalis menjadi semakin tren belakangan ini. Semakin banyak orang yang mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk pada saat mendesain hunian. Rumah minimalis modern memang dianggap lebih ideal pada zaman sekarang karena lahan untuk tempat tinggal semakin lama semakin menyempit. Ciri khas paling utama dari rumah berkonsep minimalis adalah desain yang simpel, furnitur yang tepat guna, dan kesan yang lebih lega. Memiliki hunian yang minimalis tentu sangat menyenangkan karena rumah biasanya terlihat lebih rapi setiap saat. Dari sisi perawatannya, rumah minimalis juga terbilang mudah dan tidak membutuhkan perlakuan khusus sehingga lebih efisien terutama bagi mereka yang sehari-harinya disibukkan oleh tuntutan pekerjaan.

Gaya Eropa-Jawa Hunian Ekspresi Gabriel Lele

Gabriel Lele dan Elok Pakaryaningsih bersama putri kesayangannya
Fasad Rumah
Sudut fotogenic dengan hiasan foto keluarga
Area dapur bergaya modern dengan unsur kayu
Kamar tidur utama dengan nuansa hangat
[block:views=similarterms-block_1]

Nyaman dan dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, mungkin harga mati bagi setiap orang dalam membangun rumah. Membangun rumah sesuai dengan karakter sang penghuni rumah merupakan dambaan setiap orang. Rumah dapat mencerminkan si penghuni, mulai dari kebiasaan, aktifitas, sampai dengan pola pikir si pemilik rumah dapat dicerminkan dalam lingkungan rumah. Perlu kecermatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bagaimana pola hubungan antar ruang, pernik-pernik, dan furnitur sebagai penghias ruangan dapat terkoneksi menjadi satu kesatuan karakter yang kuat. Kenyamanan di dalam rumah sangat mutlak dibutuhkan demi memperoleh ketenangan batin bagi Sang penghuni rumah. Untuk mewujudkan sebuah rumah yang nyaman tidak selalu harus dengan menerapkan desain yang mewah, akan tetapi lebih menuju pada kepuasan batin akan rumah yang sejuk dan sehat. Salah satu rumah yang mencerminkan karakter penghuninya adalah hunian milik pasangan suami istri Dr. Gabriel Lele, SIP, M.Si. dan Elok Pakaryaningsih. Pola hubungan antar ruang dibiarkan terbuka, entrance room, ruang keluarga, dan ruang makan terlihat pada satu ruangan tanpa pembatas dinding yang mati.

Tumbuhnya Ruang Ekspresi Diri Rumah Seni Dunadi

Dunadi (kedua dari kiri) bersama keluarga
Rumah Seni Dunadi
Patung Bali pada teras rumah dan Instalasi seni patung di area taman
Area teras rumah dengan furnitur kayu klasik
Kamar tidur dengan dominasi unsur kayu
[block:views=similarterms-block_1]

Jejak nama Dunadi lebih dikenal sebagai pematung monumen. Karya-karya monumental Dunadi terpajang hampir di setiap sudut kota di Indonesia, beberapa terpajang di Eropa dan Asia. Pekerjaannya sebagai pematung monumen tak membuatnya lengah. Sesekali ia mengerjakan patung pribadi secara “tersembunyi” dan sesekali diikutkannya dalam pameran-pameran bersama baik lokal maupun mancanegara. Sebagai pematung monumen, prestasinya terbilang tinggi. Dapat dikatakan merupakan salah satu pematung monumen berskala internasional yang dimiliki negeri ini. Dengan bermodal kemampuan teknik realis yang mumpuni, ia menjadi salah satu murid dan generasi penerus yang berhasil pasca pematung besar almarhum Edhi Sunarso. Kegairahan Dunadi yang tercermin dari setiap hasil karya seni patung personalnya dipenuhi dengan karya-karya yang bertemakan “Tradisi dan Kemanusiaan”. Bapak tiga orang putra tersebut juga begitu responsif terhadap situasi di sekitarnya. Karya pribadinya membawa kita ke dalam wacana tentang krisis psikososial yang terjadi dalam kehidupan manusia.

Aksen Eropa Sketsa Jawa Rumah Impian Timboel Raharjo

Timboel Raharjo dan Ani Faiqoh bersama putrinya
Ruang keluarga dengan konsep semi outdoor
Konsep mini bar di area dapur
Selasar yang menghubungkan semua ruang lantai dasar
Area perpustakaan di lantai atas dan dekorasi kamar tidur anak perempuan
[block:views=similarterms-block_1]

Kenyamanan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, mungkin harga mati bagi setiap orang dalam membangun rumah. Membangun rumah sesuai dengan karakter sang penghuni rumah merupakan dambaan setiap orang. Rumah dapat mencerminkan si penghuni, mulai dari kebiasaan, aktifitas, sampai dengan pola pikir si pemilik rumah dapat dicerminkan dalam lingkungan rumah. Perlu kecermatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bagaimana pola hubungan antar ruang, pernik-pernik, dan furnitur sebagai penghias ruangan dapat terkoneksi menjadi satu kesatuan karakter yang kuat. Salah satu rumah yang mencerminkan karakter penghuninya adalah hunian milik pasangan suami istri, Timboel Raharjo dan Ani Faiqoh. Pola hubungan antar ruang dibiarkan terbuka, entrance room, ruang keluarga, dan ruang makan terlihat pada satu ruangan minim pembatas dinding yang mati.

PARTNER
Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain