Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Teras

Adaptasi Baru Pelayanan DPMPT BANTUL

Ir. Sri Muryuwantini, MM.
Protokol kesehatan Pelayanan DPMPT Bantul#2
Prosedur Pendampingan Via Cloud Meeting
Ir. Sri Muryuwantini, MM.
[block:views=similarterms-block_1]

Pandemi covid-19 menyebabkan berbagai fungsi pelayanan kepada masyarakat menjadi terkendala. Kondisi psikologis seluruh lapisan masyarakat dan berbagai sektor pelayanan dari pemerintah daerah juga sempat mengalami lockdown dalam waktu tertentu. Banyak kedinasan melakukan work from home dengan sistem online atau daring.

Rencana Peruntukkan Lahan di Bantul Yang Telah Dapatkan Izin Prinsip

Zan Riyanto
[block:views=similarterms-block_1]

Kabupaten Bantul menjadi kawasan yang terus berkembang, baik pembangunan sumber daya manusia maupun pembangunan infrastruktur penunjang kecukupan kebutuhan dan menambah kenyamanan masyarakat untuk lebih produktif. Indikatornya tampak jelas terlihat di data pengajuan Izin Prinsip yang masuk ke Dinas Pertanahan dan Tata Ruang. Beberapa investor maupun masyarakat secara individu mulai melihat potensi yang sangat besar, khususnya di wilayah yang berbatasan dengan Kotamadya Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Beberapa daerah tersebut ialah Kecamatan Kasihan (area tengah), Kecamatan Banguntapan (area sisi Timur), Kecamatan Sewon (area Tengah), dan Kecamatan Sedayu (area sisi Barat) Sekitar 5 tahun terakhir ini menjadi arah ekspansi besar-besaran khususnya dari para pelaku bisnis perumahan. Bantul sudah menjadi daerah alternatif para developer untuk membuka perumahan, apalagi sekarang dukungan pembangunan infrastruktur oleh pemerintah pusat lewat Kementerian PUPR sudah sangat memberikan dampak yang sangat signifikan. Lewat mekanisme yang bernama Izin Prinsip inilah sebuah lahan bisa di ubah dan atau dikembangkan peruntukannya.

Mekanisme Pelayanan DPMPPT & MPP Sleman Di Masa Pandemi

Mekanisme Pelayanan DPMPPT & MPP Sleman Di Masa Pandemi
Riyanto, ST. M.Si
[block:views=similarterms-block_1]

Sejak awal Maret 2020, Indonesia secara resmi mengumumkan bahwa Penyebaran virus korona (Covid-19) sudah masuk wilayah NKRI. Dan secara bertahap penyebaran virus ini, sudah menyebar ke 34 wilayah provinsi di seluruh Indonesia. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pun tak luput dari serangan penularan atau penyebaran covid-19 ini. Berbagai cara dan solusi terus diupayakan oleh Pemprov DIY, salah satunya mengatur ulang mekanisme pelayanan yang harus tetap dilakukan terhadap masyarakat. Semua unsur lapisan masyarakat, pelaku usaha, dan seluruh pelayanan dari pemerintah daerah, secara masif melakukan tindakan preventif dengan berbagai protokoler di setiap kegiatan dan aktivitas sehari-harinya.

Dispensasi IMB Sleman 2020 Bebas Retribusi & Denda

Dispensasi IMB Sleman 2020 Bebas Retribusi & Denda
Contoh gambar tapak sederhana
Riyanto, ST. M.Si
[block:views=similarterms-block_1]

Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Peraturan Bupati (Perbup) Sleman Nomor 9 Tahun 2020 kembali memberikan dispensasi atau kemudahan dalam pengurusan dan pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di wilayah Sleman. Adapun Dispensasi dalam pengurusan IMB ini sebelumnya tertuang dalam Perbup No. 14 tahun 2018, kemudian dikeluarkan lagi Perbup Sleman Nomor 7 Tahun 2019.

Menurut Riyanto, ST. M.Si selaku Kepala Bidang Ijin Pemanfatan Ruang, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPPT) Sleman , dengan dikeluarkannya Perbup yang terbaru ini bertujuan meningkatkan kepemilikan IMB untuk rumah-rumah tinggal di Kabupaten Sleman. Dalam peraturan terbaru terkait IMB ini memiliki sejumlah peraturan baru yang memudahkan dan lebih meringankan sekaligus menyederhanakan syarat pengajuan dalam proses pengajuan kepemilikan IMB.

Kompleksitas Tantangan Pengadaan Rumah Subsidi di Jogja

R.H.M Bambang Widayanto, MBA
Suranto Ramli
[block:views=similarterms-block_1]

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah sepakat memutuskan pada April 2020 mendatang akan ada tambahan kuota rumah subsidi sebesar 1,5 triliun. Jumlah ini setara dengan 175 ribu unit rumah subsidi untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Pemerintah akan menggunakan pola Subsidi Selisih Bunga (SSB), namun, periode subsidi bunga program ini hanya sampai 10 tahun saja. Maksud dan tujuannya ialah ingin jumlah unit menjadi lebih banyak dan lebih banyak masyarakat yang bisa menikmati program rumah murah bersubsidi ini.

Para pelaku di lapangan, khususnya pengembang sangat berharap pemerintah segera untuk merealisasikan tambahan kuota rumah subsidi sebesar 1,5 Triliun tersebut. Salah satu kebijakan Pemerintah yang kerap berubah-ubah terkait jumlah kuota rumah bersubsidi. “Jadi, logis apabila kami ragu untuk belanja tanah dan bangunan, karena stok tahun 2019 yang belum akad masih banyak, pengembang kerepotan menutup bunga pinjaman dan menutup biaya-biaya yang lainnya,” papar R.H.M Bambang Widayanto, MBA, selaku Bendahara Apernas (Asosiasi Pengembang Rumah Sederhana Sehat Nasional) DPW DIY.

Target & Harapan DPD REI DIY Tahun 2020

Syukuran Ulang Tahun REI ke 48  DPD REI DIY
Rama Adyaksa Pradipta
[block:views=similarterms-block_1]

Tepat 11 Februari 2020, DPD REI DIY mengadakan Syukuran dalam rangka Ulang Tahun REI ke 48 (11 Februari 1972-11 Februari 2020). Syukuran yang di laksanakan di Warung Wirosani Jalan Palagan Km. 13, dihadiri oleh seluruh anggota DPD REI DIY, baik jajaran pengurus, sesepuh sekaligus para penasehat, serta para anggota. Disampaikan Rama Adyaksa Pradipta, selaku Ketua DPD REI DIY bahwa “Dengan bertambahnya umur REI ini, kami juga berharap untuk bisa semakin produktif dalam wadah organisasi dan berujung pada peningkatan kualitas dari produk-produk properti yang anggota kami hadirkan di semua segmen kelas pasar properti DIY".

Peta Rencana Trase Jalan Tol Kabupaten Sleman

Peta Rencana Trase Jalan TOL Kabupaten Sleman
[block:views=similarterms-block_1]

TOL JOGJA – BAWEN
Jalur Elevated di atas Selokan Mataram ke junction (simpang susun) tol di Seyegan, menuju junction di area Bligo yang menyambung ke arah toll Magelang – Bawen lewat sisi Timur Borobudur. Juga terdapat entry-exit toll yang di sambung ke ruas jalan arteri menuju Bandara Yogyakarta International Airport.

TOL JOGJA – CILACAP

Poin Strategis Tata Ruang RTRW Provinsi DIY 2019 – 2039

Peta Rencana Pola Ruang Daerah Istimewa Yogyakarta
[block:views=similarterms-block_1]

Jangka waktu RTRW DIY yakni 20 tahun dan ditinjau kembali 1 kali dalam 5 tahun. Dalam kondisi lingkungan strategis tertentu yang berkaitan dengan bencana alam skala besar dan atau perubahan batas teritorial wilayah provinsi yang ditetapkan dengan peraturan perundang–undangan, terjadi perubahan kebijakan nasional dan strategi yang mempengaruhi pemanfaatan ruang provinsi dan atau dinamika internal provinsi, RTRW DIY dapat ditinjau kembali lebih dari 1 kali dalam tahun.

IMB Alih Fungsi Bangunan Untuk Homestay & Guesthouse Kota Jogjakarta

IMB Alih Fungsi Bangunan Untuk Homestay & Guesthouse Kota Jogjakarta
Nurwidihartana
[block:views=similarterms-block_1]

Seperti diketahui bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta telah mencabut moratorium izin pembangunan hotel. Tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) Yogyakarta No. 85 Tahun 2018 tentang Pengendalian Pembangunan Hotel. Namun izin hanya diberikan untuk hotel bintang empat dan hotel bintang lima karena hotel tersebut dapat menampung banyak wisatawan dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Tak hanya hotel bintang empat dan lima, namun Pemkot membuka izin untuk penginapan berkonsep guest house atau home stay.

Rencana Pembangunan Daerah Wilayah Sleman Tahun 2020

Rencana Pembangunan Daerah Wilayah Sleman Tahun 2020
Dona Saputra Ginting, ST., MES., M.AP
[block:views=similarterms-block_1]

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maguwoharjo
Seiring dengan penetapan trase Tol Trans Jawa, khususnya ruas tol Jogja – Solo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, mulai mempersiapkan beberapa titik kawasan yang diharapkan mampu meningkat perekonomiannya yang tumbuh dengan percepatan yang signifikan. Wilayah yang rencana akan dikembangkan ialah sisi Timur Sleman untuk di kemas sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Seperti di sampaikan oleh Kasubbid Pertanahan dan Penataan Ruang Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sleman, Dona Saputra Ginting bahwa “Dalam rangka menyambut dua proyek jalan bebas hambatan yakni Tol Bawen - Jogja dan Jogja – Solo, pemerintah daerah berupaya mengoptimalkan daerah yang punya potensi dan memenuhi kajian wilayah dan kajian teknis memenuhi syarat untuk diangkat kawasannya," paparnya.

PARTNER
Archira - Architecture & Interior    A + A Studio    Sesami Architects    Laboratorium Lingkungan Kota & Pemukiman Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW    Team Arsitektur & Desain UKDW    Puri Desain