Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Dapur

Redesain Fasilitas Penunjang Kepariwisataan di Kawasan Taman Nasional Komodo

Redesain Fasilitas Penunjang Kepariwisataan di Kawasan Taman Nasional Komodo#1
Redesain Fasilitas Penunjang Kepariwisataan di Kawasan Taman Nasional Komodo#2
Redesain Fasilitas Penunjang Kepariwisataan di Kawasan Taman Nasional Komodo#3
Redesain Fasilitas Penunjang Kepariwisataan di Kawasan Taman Nasional Komodo#4
Redesain Fasilitas Penunjang Kepariwisataan di Kawasan Taman Nasional Komodo#5
[block:views=similarterms-block_1]

Taman Nasional Komodo ditetapkan UNESCO pada 19 Desember 1991 sebagai warisan alam Dunia (Natural World Heritage) dan pada tahun 2012 ditetapkan menjadi “New Seven Wonders of Nature” oleh New7 Wonder Foundation. Program Pemerintah Pusat menetapkan Pulau Komodo sebagai 3 titik destinasi prioritas dari 10 Titik Bali baru, dengan status tersebut membuat meningkatnya arus wisatawan yang datang setiap tahun ke Kawasan Taman Nasional Komodo. Namun fakta ini belum diimbangi dengan fasilitas pendukung yang tersedia. Diharapkan Pengembangan Perancangan Fasilitas Penunjang Pariwisata ini dapat mewadahi kegiatan wisatawan di kawasan Taman Nasional Komodo khususnya Pulau Komodo, serta dapat memberikan dampak yang lebih bagus lagi terhadap ekonomi warga maupun industri pariwisata yang sedang berkembang.

Inspirasi Design Sanctuary Anoa Taman Wisata Alam Mangolo

Inspirasi Design Sanctuary Anoa Taman Wisata Alam Mangolo#1
Inspirasi Design Sanctuary Anoa Taman Wisata Alam Mangolo#2
Inspirasi Design Sanctuary Anoa Taman Wisata Alam Mangolo#3
Inspirasi Design Sanctuary Anoa Taman Wisata Alam Mangolo#4
[block:views=similarterms-block_1]

Anoa merupakan kerbau kerdil (satwa) endemik yang menghuni pulau Sulawesi dan pulau-pulau di sekitarnya. Anoa memiliki posisi yang istimewa di wilayah Wallacea, misalnya di Provinsi Sulawesi Tenggara. Bahkan Provinsi Sulawesi Tenggara dikenal di seantero dunia dengan julukan “Bumi Anoa”. Namun tekanan terhadap populasi anoa tergolong sangat tinggi di Sulawesi Tenggara. Oleh karena itu pembangunan Sanctuary Anoa merupakan hal yang perlu untuk dilakukan. Taman Wisata Alam (TWA) Mangolo merupakan lokasi yang dipilih bagi pembangunan sanctuary anoa. Salah satu faktor yang melatar belakangi pemilihan ini adalah TWA ini merupakan habitat alami Anoa. Sanctuary Anoa Mangolo mempunyai fungsi sebagai tempat rehabilitasi dan atau penyelamatan anoa, pelepasliaran anoa, program breeding atau pengembangbiakan, edukasi anoa, dan program penelitian.

Inspirasi Design Selasar Saujana Geopark Banyuwangi

Inspirasi Design Selasar Saujana Geopark Banyuwangi#1
Inspirasi Design Selasar Saujana Geopark Banyuwangi#2
Inspirasi Design Selasar Saujana Geopark Banyuwangi#3
Inspirasi Design Selasar Saujana Geopark Banyuwangi#4
Inspirasi Design Selasar Saujana Geopark Banyuwangi#5
[block:views=similarterms-block_1]

Selasar Saujana merupakan Pusat Informasi Pariwisata Geopark Nasional Banyuwangi yang dilatar belakangi dengan ditetapkannya Kabupaten Banyuwangi sebagai salah satu dari kawasan Taman Bumi atau Geological Park (Geopark) Nasional 2018 oleh Komite Geopark Nasional. Penetapan tersebut menjadi pendorong Banyuwangi untuk mengoptimalkan sektor pariwisata berbasis alam beserta fasilitas pendukungnya. Tiga situs Geopark Nasional di Banyuwangi yaitu Blue Fire di Gunung Ijen, Pulau Merah, Taman Nasional Alas Purwo.

Inspirasi Design Pendopo Lapangan Merdeka Medan

Inspirasi Design Pendopo Lapangan Merdeka Medan
Inspirasi Design Pendopo Lapangan Merdeka Medan
Inspirasi Design Pendopo Lapangan Merdeka Medan
Inspirasi Design Pendopo Lapangan Merdeka Medan
Inspirasi Design Pendopo Lapangan Merdeka Medan
[block:views=similarterms-block_1]

Pendopo Lapangan Merdeka Medan adalah simbol nilai historis dan titik sumbu (pusat kota) Kota Medan dan seluruh bangunan yang mengelilinginya. Kondisi tapak Lapangan Merdeka saat ini cukup memprihatinkan, terjadi degradasi nilai sejarah dan kebermaknaan sebagai simbol patriotisme yang kemudian bergeser ke arah pengembangan fungsi komersial atau ekonomi. Secara fisik terjadi juga penurunan kualitas akibat pengalihgunaan fungsi lapangan sebagai fungsi komersial yang cukup berkepanjangan.

Inspirasi Design Floating Cafe (The Carpenter)

Inspirasi Design Floating Cafe (The Carpenter)#1
Inspirasi Design Floating Cafe (The Carpenter)#2
Inspirasi Design Floating Cafe (The Carpenter)#3
Inspirasi Design Floating Cafe (The Carpenter)#3
Inspirasi Design Floating Cafe (The Carpenter)#3
[block:views=similarterms-block_1]

Kondisi tapak berada di sebelah persis Sungai Bedog, memiliki kontur yang naik turun dengan permainan level yang setara dengan ketinggian bangunan 3 lantai. Kondisi saat ini lokasi masih digunakan oleh segowiwit untuk kegiatan kuliner, namun di bulan Juni 2019 besok setelah masa kontrak nya berakhir owner selaku pemilik site hendak melakukan perencanaan masterplan outdoor café. Kondisi site yang berada di daerah lereng ini dipenuhi dengan berbagai macam vegetasi lokal, suasananya sangat rindang dan klien berharap nantinya pengolahan landscape kawasan dapat menyatu dengan desain bangunan yang direncanakan.

Inspirasi Design Terrace House

Inspirasi Design Terrace House#1
Inspirasi Design Terrace House#2
Inspirasi Design Terrace House#3
Inspirasi Design Terrace House#4
Inspirasi Design Terrace House#5
[block:views=similarterms-block_1]

Lokasi bangunan berada di daerah Gito Gati dengan kondisi tapak merupakan lahan yang berada di hook jalan (sudut). Lahan seluas kurang lebih 144 m2 merupakan lahan kosong yang belum terbangun sehingga memberikan keuntungan dalam mengolah bentuk desain dua muka. Di sekitar tapak terpilih masih lahan kosong yang nantinya akan dikembangkan menjadi kawasan perumahan. Ke depan tentunya kawasan akan menjadi lebih ramai karena lokasi juga berada di pinggir jalan raya dan dekat dengan Mall Sleman City Hall.

Klien adalah orang jogja yang sekarang bekerja di Jakarta. Keinginan klien membuat rumah berasal dari kebosanan dia ketika tinggal di Jakarta, di mana di Jakarta aktivitas monoton dengan keseharian berangkat pagi dan pulang malam sehingga tidak memiliki waktu santai atau bersama di dalam rumah. View di Jakarta pun juga kebanyakan sudah didominasi oleh bangunan tinggi sehingga ketika klien ingin membuat rumah di Jogja maka keinginan yang pertama adalah memiliki lahan hijau yang nantinya dapat difungsikan sebagai ruang santai bersama keluarga.

I N S P I R A S I Biophilic House

Inspirasi Biophilic House#1
Inspirasi Biophilic House#2
Inspirasi Biophilic House#3
Inspirasi Biophilic House#4
Inspirasi Biophilic House#5
[block:views=similarterms-block_1]

Kondisi tapak merupakan lahan dibelakang rumah tinggal yang hanya memiliki satu akses masuk selebar carport. Di lahan ini sudah terdapat bangunan rumah (eksisting) yang sudah tidak layak lagi digunakan. View disekeliling bangunan adalah dinding bangunan tetangga yang artinya bangunan yang ada disini status nya adalah kejepit atau berada di area yang kurang menguntungkan.

Rancangan Kawasan Pusat Belanja Ex. Bioskop Indra

Rancangan Kawasan Pusat Belanja ex Bioskop Indra#1
Rancangan Kawasan Pusat Belanja ex Bioskop Indra#2
Rancangan Kawasan Pusat Belanja ex Bioskop Indra#3
Rancangan Kawasan Pusat Belanja ex Bioskop Indra#4
Rancangan Kawasan Pusat Belanja ex Bioskop Indra#5
[block:views=similarterms-block_1]

Kawasan ex. Bioskop Indra terletak di jalan Margomulya, sebagai bagian dari kawasan strategis yang terletak di sumbu filosofis Jalan Malioboro. Lahan seluas kurang lebih 5000 m² ini dipenuhi bangunan eksisting yang terdiri dari 2 bangunan konservasi yaitu bangunan Cirebon dan Cendrawasih, bangunan ex. Bioskop Indra, bangunan rumah tinggal dan tempat penampungan parkir dan gerobak pkl. Secara akses ex. Bioskop Indra ini hanya dapat diakses melalui Jl. Margomulya.

Co Working Space Ramah Difabel

Co Working Space Ramah Difabel#1
Co Working Space Ramah Difabel#2
Co Working Space Ramah Difabel#3
Co Working Space Ramah Difabel#4
Co Working Space Ramah Difabel#5
[block:views=similarterms-block_1]

Coworking space adalah ruang yang digunakan untuk bekerja bersama atau berkolaborasi, baik secara individu-individu yang berbeda, atau komunitas, maupun sekelompok instansi/perusahaan dengan latar usaha yang berbeda. Dalam satu ruangan coworking space, biasanya digunakan untuk beberapa individu yang memiliki latar belakang berbeda, maupun berbagai macam komunitas yang berkumpul sehingga dapat bekerja sama dan sharing antar komunitas/individu tersebut. Faye Alund adalah seorang yang menjabat sebagai Presiden Asosiasi Coworking Space Indonesia menjelaskan bahwa maju dan suksesnya sebuah bisnis bergantung pada jaringan atau relasi yang dimiliki. Semakin banyak relasi, maka semakin mudah usaha tersebut berkembang karena banyaknya dukungan. Berbeda ketika relasi yang dimiliki sedikit, maka butuh usaha keras untuk memajukannya dan menjalin kerjasama dengan beberapa jaringan pengusaha.

Organisasi Ruang yang Sederhana dan Efisien

Organisasi Ruang yang Sederhana dan Efisien
Organisasi Ruang yang Sederhana dan Efisien_2
Organisasi Ruang yang Sederhana dan Efisien_3
Organisasi Ruang yang Sederhana dan Efisien_4
Organisasi Ruang yang Sederhana dan Efisien_5
[block:views=similarterms-block_1]

Rumah sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia menjadi sebuah aspek yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Secara fisik rumah bertujuan melindungi pengguna dari kondisi alam dan lebih lanjut berperan dalam pembentukan karakter seseorang. Menurut Martin Heidegger, seorang filsuf dari Jerman, rumah tak hanya ruang berbentuk fisik, namun juga mengacu pada konsep psikologis bertempat tinggal, di mana rumah juga merupakan penentu identitas seseorang. Oleh sebab itu rumah menjadi kebutuhan dasar bagi setiap manusia.

PARTNER
Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain