Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Volume IV | Edisi 40 | September 2015

Pilihan Perumahan Jogja Timur-Klaten-Gunungkidul – Bagian 3

Grand Bukitsari
Griya Logandeng Permai
Griya Puspita Asri
[block:views=similarterms-block_1]

GRAND BUKIT SARI – WONOSARI
Perumahan Grand Bukit Sari merupakan salah satu kawasan hunian di kota Wonosari yang menyajikan hunian bergengsi. Perumahan garapan PT. Panca Suryagraha Pratama tersebut mulai dipasarkan sejak tahun 2013 dengan jumlah unit yang tak sedikit. Sumaryo, ST, Marketing Manager, PT. Panca Suryagraha Pratama, mengungkapkan “Kami menyajikan hunian bergengsi di Wonosari, dengan keunggulan lokasi yang strategis, fasilitas yang fantastis, dan modern bangunannya”. Pilihan unitnya pun beragam mulai dari tipe 40, 69, dan hunian dua lantai tipe 95. Grand Bukit Sari memiliki lokasi yang strategis karena terletak di Jalan KRT Djoyodiningrat, Karangduwet 1, Karangkretek, Wonosari (Ringroad Selatan Kota Wonosari). Lokasi tersebut memiliki jarak tempuh hanya sekitar 5 menit untuk menjangkau pusat kota, terminal, perkantoran, dan berbagai pusat perbelanjaan.

Pilihan Perumahan Jogja Timur-Klaten-Gunungkidul – Bagian 2

Griya Taman Srago
Pondok Joho Asri
Taman Anggrek Buntalan
Cipta Griya Bersinar
Pondok Randu Asri
[block:views=similarterms-block_1]

GRIYA TAMAN SRAGO – KLATEN
Seiring pertumbuhan ekonomi masyarakat Klaten, permintaan perumahan pun cukup berimbas. Hal ini terlihat dari permintaan rumah dengan segmentasi kelas menengah mulai banyak diminati pasar. Menurut Rinawan Wahyujati, ST., MM, kepala Cabang PT SAP (Sarana Anugrah Pratama) Klaten, pertumbuhan pasar wilayah Klaten sebagai daerah penyangga Jogja dan Solo berjalan cukup baik. “Dari data yang ada, dan sesuai penjualan kami, pasar mulai bergerak ke kelas menengah, rumah dua lantai mulai dilirik, dan terserap. Kebanyakan konsumen kami saat ini berasal dari masyarakat Klaten yang kerja di luar namun ingin memiliki rumah di Klaten, dan mereka para pekerja profesional”, terangnya.

Wawan panggilan sehari-harinya, memaparkan bukti pergerakan pasar dengan hasil penjualan pada cluster terbarunya. Griya Taman Srago pada cluster T, cluster terbaru memasarkan hunian dua lantai yang berada di main road. Cluster T menawarkan hunian mulai dari tipe 60, tipe 85 dengan luas tanah 120 m2, dan rumah tipe 72, tipe 90, dan tipe 105 dengan luas tanah 135 m2. Harga yang di patok pada cluster T masih tergolong relatif terjangkau bagi konsumen menengah, dipasarkan mulai dari kisaran 380 jutaan hingga paling mahal berada pada kisaran harga 580 jutaan. Selain cluster T, Griya Taman Srago juga masih memasarkan cluster C dengan pilihan rumah opsional. Konsumen dapat memilih rumah tipe Canna (36/70) dan Maisonette (70/70).

Pilihan Perumahan Jogja Timur-Klaten-Gunungkidul – Bagian 1

Pondok Permai Giwangan
Citra Bandara Asri
Royal Maguwo
Royal Mansion Banguntapan
[block:views=similarterms-block_1]

Rumah sebagai kebutuhan primer manusia tak pernah mengalami penurunan. Meski para pelaku bisnis properti maupun pemerintah menyajikan berbagai pilihan rumah sebagai usaha pemenuhan pasar masih saja mengalami kekurangan. Semakin terbatasnya lahan yang dapat digunakan sebagai perumahan dengan lokasi dalam kota menuntut para pelaku bisnis properti untuk mendevelop lokasi baru.

Di Jogja sendiri saat ini arah pertumbuhan properti mulai terasa berkembang di Kabupaten Gunungkidul. Beragam perumahan dengan segmentasi pasar yang beragam pula mulai terparkir di beberapa kawasan kabupaten tersebut. Tak hanya di Jogja pertumbuhan properti juga terasa di Wilayah Klaten. Lokasi baru maupun pengembangan dari kawasan yang sudah ada terus ditunjukkan sebagai pilihan hunian. Kali ini kami suguhkan beberapa pilihan hunian di Jogja Timur, Klaten, dan Gunung Kidul.

Tentang PERTANAHAN Kabupaten Gunungkidul

Tentang PERTANAHAN  Kabupaten Gunungkidul
Tentang PERTANAHAN  Kabupaten Gunungkidul
Tentang PERTANAHAN  Kabupaten Gunungkidul
Tentang PERTANAHAN  Kabupaten Gunungkidul
[block:views=similarterms-block_1]

Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu dari empat kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan potensi pariwisata yang menarik. Dengan pertumbuhan pariwisata di beberapa tahun terakhir yang cukup cepat secara tidak langsung berimbas pada meningkatnya potensi perekonomian daerah. Daya tarik pariwisata Gunungkidul cukup berpengaruh juga pada pertumbuhan di sektor properti. Dikatakan Yohanes Supama SH. M. Hum, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Gunungkidul, “Pertumbuhan pariwisata sedikit banyak berpengaruh pada perkembangan perumahan di Gunungkidul, konsumen yang membeli untuk hari tua atau menikmati masa pensiun, atau mereka yang membeli sebagai rumah transit saat berwisata di Gunungkidul cukup banyak”.

Selain itu, saat ini pertumbuhan pembangunan lokasi perumahan di Gunungkidul semakin terasa kehadirannya. Lokasi-lokasi perumahan baru maupun lama mulai terlihat pembangunan di dalam kawasannya. Ini membuktikan iklim properti di Kabupaten Gunungkidul mulai dilirik konsumen. “Belum seramai di Kabupaten Sleman dan Bantul. Hanya ada sekitar kurang lebih 10 lokasi perumahan”, tuturnya. Dikatakan Supama lebih lanjut, harga dasar tanah yang masih relatif terjangkau membuat pengembang dapat menjual rumah dengan harga yang terjangkau pula.

Hunian Minimalis Elegan Interior Rumah Andi Kurniawan

Hunian Minimalis Elegan
Hunian Minimalis Elegan
Hunian Minimalis Elegan
Hunian Minimalis Elegan
Hunian Minimalis Elegan
[block:views=similarterms-block_1]

Bagaimana rasanya mempunyai rumah dengan konsep glamor yang dipenuhi dengan perabot rumah tangga serba mewah. Tentunya sebagian orang akan merasakan kepuasan tersendiri karena untuk membangunnya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun bagaimana dengan perawatan bangunan serta barang-barang yang ada di dalamnya. Andi Kurniawan, seorang pengusaha sekaligus pendidik di bidang pramugari dan staf airline, punya pendapat khusus tentang hal tersebut. Udara panas musim kemarau menyergap kawasan timur Kota Yogyakarta, tepatnya ketika melintas di Jalan Laksda Adisucipto, siang itu. Padatnya lalu lalang kendaraan di sepanjang perjalanan menambah gerah suasana hati. Namun ketika memasuki kawasan perumahan CitraSun Garden Yogyakarta, yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto KM 7, kepenatan itu pun memudar.

Memasuki komplek perumahan dengan konsep 'Living in green & modern city' tersebut sejumlah petugas security menyambut dengan ramah dan menanyakan keperluan mengunjungi kawasan itu. "Salah satu alasan mengapa saya memilih membeli rumah di sini adalah keamanannya yang terjamin," ujar Andi, sapaan akrab pria berkacamata ini. "Alur keluar masuk ke komplek perumahan ini hanya satu pintu. Sehingga siapa yang masuk atau keluar dapat terus terpantau oleh petugas keamanan yang berjaga," tambah Andi. Memasuki areal perumahan kemudian menuju ke salah satu pojok timur, di situlah letak rumah ayah dari Zalfa dan Alya ini. Konsep bangunan tampak depan rumah tersebut sama seperti bentuk rumah lain di lingkungan tersebut, yaitu bergaya minimalis elegan. Namun Andi mencoba mengonsep interior istananya yang dibangun di lahan seluas 160 m2 tersebut sesuai dengan selera dan kebutuhan keluarganya.

Menikmati Pesona Komplek Candi dari Candi View Hotel

Candi View Hotel
Candi View Hotel
Candi View Hotel
Candi View Hotel
Candi View Hotel
[block:views=similarterms-block_1]

Pesona keindahan Candi Prambanan yang menjadi salah satu ikon kebudayaan Hindu kuno tentunya tidak dapat dipungkiri lagi. Kemilau cahaya matahari terbit saat menerpa Candi Prambanan di pagi hari, berbalut embun putih merupakan pemandangan yang niscaya akan menyejukan mata hati ketika memandangnya.

Cara terbaik untuk menikmati pemandangan tersebut tentunya berada di dekat kawasan candi. Tempat yang dapat disinggahi untuk menikmati keindahan Candi Prambanan setiap saat satu diantaranya adalah Candi View Hotel. Letaknya hanya beberapa meter dari kawasan candi, yaitu di Jalan Candi Sewu, Tlogo, Klurak, Prambanan, Klaten.

Tidak hanya pemandangan Candi Prambanan yang dapat dinikmati dari teras lantai dua penginapan yang sudah beroperasi sejak Januari tahun 2007 tersebut. Sebut saja Candi Sewu, Candi Asu, Candi Plaosan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Candi View Hotel.

Selain keunggulan karena letaknya yang berdekatan dengan candi, Candi View Hotel yang dibangun di atas lahan seluas 1.250 m² tersebut mempunyai daya tarik tersendiri sebagai tempat menginap. Konsep bangunan serta ornamen-ornamen Hindu-Budha yang menghiasi sudut-sudut eksterior Candi View seolah ingin menyatu dengan komplek candi di sekitarnya.

Sisi luar Candi View dihiasi dengan deretan pohon palem yang mengesankan teduhnya areal tersebut. Di sisi Utara bangunan depan terdapat sepetak taman yang dilengkapi dengan meja bundar dan kursi kayu. "Banyak wisatawan manca negara yang menghabiskan waktu dengan duduk-duduk di lokasi itu sambil menikmati hidangan hotel dan suasana malam hari," ujar Manager Hotel, Diki Wahyu Aditya beberapa waktu yang lalu. Cahaya lampu spot bersinar redup yang menghiasi taman tersebut menambah suasana romantis ketika berada di titik tersebut.

Piguno Furniture Simple, Elegan dan Ramah Lingkungan

Piguno Furniture
Piguno Furniture
Piguno Furniture
Piguno Furniture
Piguno Furniture
[block:views=similarterms-block_1]

Kebutuhan furnitur lokal saat ini terus mengalami peningkatan seiring dengan banyaknya dibangun produk-produk perumahan dan jenis properti lainnya. Maraknya importir furnitur-furnitur dari asia yang menyasar pasar lokal, menjadi salah satu alasan PT. Wisanka Indonesia yang telah puluhan tahun berkiprah di dunia ekspor furnitur, untuk melahirkan brand furnitur bagi konsumen lokal. Piguno dipilih sebagai merk dagang furnitur bagi kelas lokal. J. Purnomo Djati, Direktur PT. Wisanka, mengungkapkan pemilihan nama Piguno berdasar dari kata Jawa. “Piguno kami ambil dari bahasa Jawa 'Migunani” yang berarti memberikan manfaat kehidupan. Piguno diharapkan memberikan nilai-nilai dan manfaat dengan produk-produk berkualitas dan berkelanjutan”, ungkap Purnomo.

Dalam rangka usaha migunani bagi kehidupan orang lain, Piguno furnitur menerapkan ekonomi kemitraan. Piguno menggandeng perajin-perajin furnitur kecil untuk memproduksi produk. “Proses kemitraan ini berimbas pada penyerapan tenaga kerja yang cukup banyak. Ada sekitar 300 pengrajin yang kami rangkul, sehingga dapat menyerap kurang lebih 4000 tenaga kerja”, ucapnya tegas.

Untuk kualitas, Piguno furnitur menerapkan pengawasan ketat kepada setiap produksi. Piguno bekerjasama dengan daerah sentral produksi furnitur sehingga sumber daya manusianya akan selalu ada. “Kami bermitra dengan perajin kecil di daerah seperti di Sukoharjo, Klaten, Jepara, dan Cirebon untuk menghasilkan produk sesuai kualitas yang kami standarkan. Finishing langsung dibawah pengawasan perusahaan, sehingga kualitas akan tetap terjamin”. Ujarnya.

Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1993 tersebut melihat sejak tahun 2013 pasar lokal memiliki potensi pasar yang cukup besar untuk digarap. “Sejak tahun 2013 kami melihat pasar lokal berkembang pesat, baik di pasar retail, korporasi maupun pemerintah. Selain itu kami menyiapkan menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) agar produk lokal berani bersaing, karena kualitas berani diadu. Sehingga kami selalu menghadirkan produk-produk inovatif”, terang Purnomo.

Ditambahkan Purnomo, untuk menghasilkan produk-produk inovatif dan berkarakter Piguno furnitur menerapkan sistem Penelitian dan Pengembangan. Menggabungkan desain yang baik, estetika dan ergonomi sempurna, menjadi selling point yang akan selalu ditawarkan Piguno furnitur. “Melalui proses R&D kami menyajikan kualitas produk yang baik dengan desain-desain menarik. Kami mengusung tema furnitur simpel, elegan, minimalis, modern, dan berbahan natural”, tambahnya.

Menyantap Sensasi New Merapi Resto

new merapi resto klaten
new merapi resto klaten
new merapi resto klaten
new merapi resto klaten
new merapi resto klaten
[block:views=similarterms-block_1]

Urusan kuliner di Klaten tak kalah dengan kota-kota lainnya. Letaknya yang berada diantara kota Jogjakarta dan Solo menjadikan kota Kabupaten ini banyak dijadikan tempat singgah. Beragam citarasa kuliner dengan suasana yang berkarakter dapat dijumpai. Salah satu resto yang menyajikan aneka kuliner dengan suasana alam yang apik adalah New Merapi Resto. Terletak di Jalan Merapi, Klaten, Jawa Tengah, membuatnya begitu mudah untuk menjumpainya. Atmosfer New Merapi Resto memadukan gaya bangunan yang nyaman dengan penataan alam yang masih segar dan asri.

Resto yang sudah berumur 11 tahun ini secara jelas dikatakan Retna Biwara, Marketing New Merapi Resto “Kami tak hanya menjual menu kuliner saja, tetapi juga suasana yang alami, natural, dan nyaman. Perkembangan menuju yang lebih baik kami lakukan. Termasuk dalam penataan dan pengembangan berbagai fasilitas yang ada. Jika dulu kami hanya mengarah pada tamu family, kini kami hadirkan berbagai fasilitas seperti ruang meeting yang dapat digunakan untuk tamu dari instansi, atau corporate. Soal area parkir tak perlu khawatir karena area kami dapat menampung sekitar 100 mobil”. Benar adanya, tatkala tamu menyusuri area New Merapi Resto, dapat dipastikan akan mendapat suasana yang berbeda.

Inspirasi Make Over Apartement Lewat Zoning Area

Make Over Apartement
 Make Over Apartement
 Make Over Apartement
 Make Over Apartement
 Make Over Apartement
[block:views=similarterms-block_1]

Apartemen adalah salah satu pilihan tempat tinggal bagi kita yang berada di kota-kota besar. Dengan lahan terbatas, setiap penghuni atau pengguna ruang diharuskan untuk bisa bereksplorasi memanfaatkan celah ruang agar rasa nyaman tetap tercipta. Zoning area dapat menjadi cara bereksplorasi untuk membuat layout dan desain interior yang efektif bagi sebuah Apartemen. Zoning area adalah pengelompokan fungsi ruangan yang saling berkaitan dilihat dari kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi.

Untuk apartemen dengan luasan 60 m2 ini misalnya, ruangan-ruangan dikelompokkan dalam zona public dan zona private. Zona public yang mana digunakan untuk berinteraksi dengan orang luar dapat terdiri dari ruang kerja, living room dan pantry/dapur. Kemudian untuk zona private dapat terdiri dari kamar tidur yang digabung dengan balkon sebagai taman vertikal.

Untuk zoning area lahan terbatas, desain ruangan yang multifungsi adalah suatu keharusan. Living room dan pantry pada Apartemen ini dapat digunakan untuk menerima tamu maupun bersantai. Di dalam zona ini juga diletakkan rak buku yang berfungsi ganda, sebagai perpustakaan mini dan pembatas dengan ruangan lain. Pada pantry, desain interior dibentuk menyerupai bar dengan kursi tinggi sehingga bisa mengakomodasi acara-acara semisal pesta atau nonton bareng di dalam ruangan ini.

Sama hal nya pada zona private yang terdiri dari ruang tidur yang bersebelahan dengan balkon. Penghuni dapat merasakan kenyamanan di area pribadi mereka karena didukung penghawaan yang baik lewat tanaman-tanaman yang diletakkan pada balkon. Tanaman ini dapat menjadi filter udara sehingga udara yang masuk ke dalam kamar adalah udara yang membawa kebaikan bagi penghuninya.

Solusi Alternatif Pembiayaan Pemilikan Rumah

KPR Bank BPD DIY Syariah
KPR Bank BPD DIY Syariah
KPR Bank BPD DIY Syariah
KPR BPD DIY Syariah
[block:views=similarterms-block_1]

Sistem pembiayaan rumah melalui jasa perbankan di semester satu tahun 2015 dirasakan mengalami perlambatan. Hal ini dikarenakan efek dari ketatnya penerapan kebijakan Loan To value (LTV) untuk bank konvensional dan Financing To Value (FTV) untuk bank syariah serta keadaan ekonomi Indonesia yang belum stabil. Meski di Juni 2015 BI, mengeluarkan kelonggaran tentang kebijakan makroprudensial dalam bentuk peningkatan Rasio Loan to Value (LTV) atau Rasio Financing to Value (FTV) mencapai 10% namun belum dapat meningkatkan penyerapan kredit.

Meski pertumbuhan ekonomi secara umum melambat, namun tidak pada penyerapan Pembiayaan Pemilikan Rumah (PPR) Bank BPD Syariah. Dikatakan Pimpinan Cabang Syariah, Bank BPD DIY Syariah Yogyakarta, Supriyanto, “Serapan PPR kami masih sangat bagus, bahkan menjadi produk unggulan. Skema Murabahah (jual beli) yang kami terapkan, dengan sistem angsuran tetap sampai dengan jangka waktu pinjaman, nasabah akan dinyamankan dengan kepastian angsuran yang sama”, katanya. Ditambahkannya saat ditemui di kantornya, Supriyanto mengungkapkan, hampir 50% dari dana yang dikucurkan untuk serapan kredit sudah terserap pasar. “Hingga kini masih on target, saat BI Rate naik turun, skema syariah menjadi salah satu solusinya”, ungkapnya.

PARTNER
Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain