Pasang IKLAN BARIS GRATIS! DAFTAR | LOGIN


Mencicip Konsep Industrial Nan Tropis Sepreken Kitchen & Bar

    Sepreken Kitchen & Bar
    Area outdoor samping bernuansa cozy
    Meeting room dengan konsep private & elegan
    Table set minimalis modern menghadirkan kesan mewah
    Aneka Menu Spreken

    Saat ini perkembangan sektor jasa semakin meningkat, kontribusi sektor ini terhadap pertumbuhan ekonomi tidak kalah dibandingkan dengan sektor lainnya. Oleh karena itu tingkat kualitas sistem pelayanan industri jasa harus selalu ditingkatkan. Cara yang dapat ditempuh adalah dengan berusaha mengetahui dan memahami ekspektasi pelanggan terhadap sistem pelayanan yang diberikan. Dengan demikian, pihak penyedia jasa dapat memperbaiki dan mengembangkan sistem pelayanannya menjadi lebih baik. Salah satu industri jasa yang perkembangannya cukup pesat adalah industri restoran. Dalam memilih restoran untuk memenuhi kebutuhan makan, saat ini masyarakat bukan hanya mencari menu makanan saja, akan tetapi tempat yang unik serta cozy menjadi cukup diminati.

    Begitu pula dengan bisnis kuliner di kawasan Jogjakarta semakin semarak dengan hadirnya berbagai macam resto maupun kafe yang menawarkan berbagai variasi konsep bangunan dan menu menarik. Persaingan di dunia kuliner menuntut inovasi para pelakunya untuk menghadirkan konsep yang berbeda, unik, serta segar untuk dapat diterima oleh berbagai kalangan khususnya segmen anak muda yang menjadi salah satu segmentasi pasar paling potensial. Tak hanya menu yang menarik, namun penataan interior yang nyaman untuk bersantap dan berinteraksi saat ini menjadi hal yang dicari oleh penikmat kuliner Jogja. Sepreken Kitchen & Bar merupakan salah satu resto di Jogja yang mengangkat konsep one stop dining experience menawarkan aneka menu makanan dan minuman yang menggoda selera mulai dari dari snack, appetizer, main course, dessert, mocktail & coffee. “Kami sadar bahwa jalan persaingan yang nantinya akan semakin ketat merupakan sebuah tantangan nyata dalam bisnis kuliner, apalagi di Jogja. Menu, cara penyajian, venue, service and after sales service, serta maintenance adalah elemen penting dalam bisnis kuliner masa kini. Bagi Sepreken, segala tantangan akan menjadi motivasi bagi kami untuk senantiasa memperbaiki diri dengan tetap berpijak pada konsep yang kuat,” papar Lucas Adhi Dharmawan selaku Outlet Manager Sepreken Kitchen & Bar.

    Resto yang berlokasi di Jalan Magelang No. 43 KM. 5,8 Kutu Tegal, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta tersebut merupakan bangunan bekas galeri batik Ardiyanto Gallery dengan desain bangunan klasik yang begitu kental. Proses renovasi memakan waktu kurang lebih 8 bulan, namun tetap mempertahankan konstruksi dari bangunan lamanya yang memang memiliki karakter kuat. Terdapat sebuah bentuk bangunan yang cukup menjadi ikon dari resto yang mulai beroperasi sejak 8 Juli 2019 tersebut. Sebuah gapura masuk berbentuk melengkung bergaya unfinished seakan menyambut para tamu yang datang. Pada sisi kanan kiri gapura masuk tersebut terdapat beberapa tanaman hias yang menghadirkan kesan natural pada sisi fasad depan bangunan. Setelah memasuki lorong gapura tersebut, nampak sebuah mini fountain berbentuk sebuah gentong batu berukuran cukup besar dengan suara gemericik air. Area depan di sekeliling mini fountain tertata beberapa table set minimalis yang difungsikan sebagai tempat makan bagi tamu yang menginginkan suasana outdoor. Dengan dikelilingi dinding unfinished pada area makan outdoor depan, menampilkan perpaduan antara gaya bangunan klasik dan industrial dalam balutan nuansa alami nan sejuk.

    Memasuki bangunan utama resto yang buka selama 24 jam non stop tersebut, nampak konsep dekorasi minimalis modern lebih mendominasi ruangan. Pada sisi kanan ruangan utama, terdapat sebuah open bar bergaya industrial menampilkan kesan elegan pada sisi area indoor. Ruangan utama lebih menawarkan suatu kondisi ruang yang santai dan tenang bagi pengunjung yang datang sembari menikmati hidangan. Masih dengan nuansa modern dengan sofa-sofa santai ditambah dengan sentuhan industrial pada sisi table set dan dinding unfinished memberikan kesan unik namun elegan pada dekorasi ruangannya. Ruangan utama tersebut dilengkapi dengan jendela-jendela kaca berukuran besar pada salah satu sisinya sehingga pencahayaan saat siang hari cukup optimal. Sebuah panggung hiburan pada sudut ruangan menjadi area entertainment bagi pengunjung dengan pertunjukan live accoustic setiap hari Senin-Sabtu mulai pukul 21.00 hingga 24.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan live dj mulai pukul 24.00 hingga pukul 03.00 WIB. Berada tidak jauh dari ruang utama, terdapat sebuah ruangan dengan konsep meeting room. Ruangan yang biasanya dipesan khusus untuk birthday party, arisan, maupun rapat tersebut dilengkapi meja memanjang yang berada tepat di tengah dengan beberapa kursi yang berjajar rapi mengelilingi meja. Desain interiornya juga tetap mempertahankan nuansa seperti pada ruangan sebelumnya dengan sentuhan unsur kayu dan cermin yang memberi kesan luas pada meeting room.

    Beralih menuju sisi samping dari bangunan utama Sepreken Kitchen & Bar, terdapat area makan dengan konsep outdoor diantara rimbunnya pepohonan. Area ini diperuntukkan bagi tamu yang ingin bersantai menikmati hidangan dengan sentuhan nuansa alami nan sejuk. Konsep outdoor area dengan kesan santai menjadi spot yang cukup diminati pengunjung untuk menghabiskan waktu bersama kerabat. “Secara garis besar Sepreken terbagi menjadi 4 area utama, yaitu area outdoor depan, area family atau bangunan utama, meeting room, dan area outdoor samping dengan suasananya masing-masing. Hal tersebut untuk mengakomodasi berbagai segmen pengunjung yang datang sehingga mereka akan merasa nyaman,” imbuh Lucas, sapaan akrabnya.

    Dari sisi menu makanan yang disajikan restoran dengan penamaan yang diambil dari bahasa Belanda tersebut merupakan makanan fusion antara Indonesia, western, dan Asia. Untuk menunya sendiri dirancang oleh chef profesional yang dimiliki oleh Sepreken. Beberapa menu western favorit yang wajib dicoba antara lain Barbeque Grill Ribs dan juga Wagyu Meltic Steak. Kemudian untuk menu Asian dengan citarasa nikmat yaitu Salmon Tom Yam dan Blackpepper Rice Bowl. Bagi pecinta hidangan khas nusantara, Sepreken memiliki menu andalan berupa Bakmi Jawa yang cocok dinikmati ketika malam hari.

    Menu minuman yang disediakan oleh Sepreken juga tidak kalah menarik untuk dicoba. Bagi pecinta kopi, resto ini memiliki beberapa menu dengan basic kopi yang dapat dipesan, misalnya Cappucinno dan Vietnam Drip Coffee. Menu minuman lain dengan rasa dan penyajian yang unik yang dapat menjadi pilihan tamu yaitu French Rose Buds, Sunny Petals Garden, maupun Dragon Mojito yang cocok dinikmati saat siang hari sebagai pelepas dahaga. Kemudian Sepreken juga mempunyai menu minuman khas tradisional sebagai penghangat tubuh, yaitu Wedang Jahe Nipis. Dari sisi harga menu di Sepreken juga terbilang cukup terjangkau, sebanding dengan citarasa makanan serta konsep tempat yang begitu cozy. “Selain berbagai menu makanan dan minuman fusion yang ditawarkan, kami juga menyediakan sajian menu minuman beer and cocktail untuk mengakomodasi segmen anak muda yang ingin nongkrong bersama teman-temannya. Karena memang harapan kami semua segmen masyarakat dapat terserap di Sepreken serta mengikuti selera pasar saat ini yang selalu berkembang. Karena kepuasan pengunjung merupakan satu hal yang benar-benar kami utamakan,” pungkas Lukas mengakhiri perbincangan. Farhan-red

    Sepreken Kitchen & Bar
    Jalan Magelang No. 43 KM. 5,8 Kutu Tegal,
    Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta
    Telp : 087870031111
    Instagram : seprekenkitchenbar

    PARTNER
    Amata Desain    ABOV - Architecture.Branding.Visioning    Archira - Architecture & Interior    Yuliana Pertamanan    Lawangarep Studio    Puri Desain